HomeCelotehHadapi Corona, Terawan Perlu TikTok?

Hadapi Corona, Terawan Perlu TikTok?

“Cùng rửa tay xoa đều. Đừng cho tay lên mắt mũi miệng. Và hạn chế đi ra nơi đông người. Đẩy lùi virus Corona” – ERIK & MIN, Ghen Cô Vy (2020)


PinterPolitik.com

Setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan adanya warga-warga negara Indonesia (WNI) yang positif mengidap virus Corona (Covid-19), Indonesia sudah dapat dipastikan menjadi semakin rawan terinfeksi. Bukan tidak mungkin kabar ini akan membawa kekhawatiran di masyarakat.

Kekhawatiran ini bisa jadi wajar. Pasalnya, penyakit satu ini telah menjangkit puluhan ribu orang di seluruh dunia. Lebih dari 3.000 orang juga dilaporkan meninggal karena virus satu ini.

Meski virus ini kini menyebabkan kepanikan di masyarakat, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menanggapi wabah ini dengan santai. Kata beliau sih, penggunaan masker tidak terlalu penting. Justru, panik dan kecemasan lah yang membuat imunitas menurun.

Ya, seenggaknya, Pak Terawan bisa membantu masyarakat agar tidak panik dong. Hal ini kan bisa dilakukan dengan sosialisasi dan penyebaran informasi mengenai virus Corona.

Pak Terawan bisa lho pakai media yang menarik buat menyebarkan informasi penting soal pencegahan virus Corona. Salah satunya dengan aplikasi TikTok yang lagi ngetren tuh. Hmm, kenapa pakai TikTok ya tapi?

Kabarnya, beberapa negara dan organisasi internasional sudah mengandalkan media sosial yang dikenal dengan joget-joget uniknya. Salah satu negara yang main TikTok untuk mencegah Corona adalah Vietnam.

- Advertisement -

Institut Kesehatan Vietnam (NIOEH) menggandeng musisi Khắc Hưng untuk membuat lagu yang berjudul Ghen Cô Vy untuk memasyarakatkan cara-cara pencegahan virus ini. Lagu ini juga ramai lho tersebar di TikTok.

Selain Vietnam, World Health Organization (WHO) sendiri juga udah ngebikin akun TikTok yang berisikan informasi soal virus Corona. Dalam video-video yang dibuat oleh WHO, disebutkan juga lho tips-tips agar dapat senantiasa terhindar dari penyakit ini.

Di Indonesia sendiri, linimasa medsos juga mulai ada tuh yang bikin video-video TikTok. Salah satu startup kesehatan di Indonesia diketahui membuat dua video TikTok yang isinya menjelaskan soal bagaimana cara mencuci tangan dengan benar serta bagaimana menjalankan etika batuk dan bersin.

Tuh, boleh jadi, Pak Terawan bisa mulai menggunakan joget atau video yang menarik tuh buat menjelaskan kepada masyarakat. Mungkin, sudah saatnya medsos yang sebelumnya dihujat dan diblokir ini dipakai oleh pemerintah – daripada hanya bercanda-canda kan. (A43)

View this post on Instagram

Angka kekerasan terhadap perempuan terus meningkat setiap tahun, baik itu kekerasan fisik maupun kekerasan seksual. Saat ini Indonesia bahkan telah ada dalam kondisi darurat kekerasan seksual menurut laporan dari Komnas Perempuan. Nyatanya, ada persoalan ketidakseimbangan relasi kuasa antara prempuan dan laki-laki di Indonesia yang menjadi salah satu akar persoalan ini. Ini juga terjadi akibat budaya dominasi laki-laki yang sangat kuat. ⠀ ⠀ Temukan selengkapnya di Talk Show: “Dominasi dan Legacy Male Power terhadap Wanita Indonesia, Kenapa? Dari Mana? Masih Perlu?”⠀ ⠀ Tiket dapat dibeli di: https://www.loket.com/event/dialectic_xFg⠀ ⠀ #infografik #infografis #politik #politikindonesia #pinterpolitik #event #talkshow

A post shared by PinterPolitik.com (@pinterpolitik) on

► Ingin lihat video-video menarik? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga :  Kaesang Mulus Jadi Ketum PSSI?
spot_img

#Trending Article

Surya Paloh Cuma Coba-coba?

Meskipun Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem telah menghasilkan nama-nama hasil voting Dewan Pimpinan Daerah (DPW), Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyebut Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo yang...

Permainan Surya Paloh Belum Usai?

Meski Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem telah usai, tapi tanya tentang hasil Rakernas masih membayangi pikiran publik. Apa sebenarnya strategi Ketua Umum Surya Paloh di balik...

Prabowo Tidak Yakin dengan Megawati?

Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) dibentuk oleh Partai Gerindra bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Apakah ini dapat dimaknai sebagai kekhawatiran Prabowo Subianto terhadap Megawati? PinterPolitik.com Partai Gerindra...

Ganjar, Mbappe-nya PDIP?

Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dilirik partai lain untuk dijadikan Capres 2024. Apakah Ganjar semacam "Mbappe"-nya PDIP?

Jokowi Gak Butuh Ma’ruf Amin?

Tidak terlihatnya Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada reshuffle kabinet mengundang tanda tanya sebagian orang. Apakah ini bermakna bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah tidak butuh Ma’ruf? PinterPolitik.com Sebagian orang...

Cak Imin Jago Gocek?

Lagi lagi Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar yang akrab disapa Cak Imin tampil dan menarik atensi publik melalui gocekan-gocekan politiknya...

Zulhas Gak Nyambung?

Baru saja dilantik menjadi Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas) langsung sidak ke pasar dan tiba-tiba berikan hadiah umrah kepada pedagang. Kenapa Zulhas melakukan...

NasDem-Demokrat Bentuk Koalisi?

Surya Paloh merupakan elite politik pertama yang ditemui secara terbuka oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Apakah Partai NasDem dan Partai Demokrat akan membentuk koalisi? PinterPolitik.com Sambutan...

More Stories

Mahathir Bisa Buat Jokowi Terganggu?

Eks-PM Malaysia Mahathir Mohamad sebut Kepulauan Riau harusnya diminta oleh Malaysia. Apa Mahathir ingin ganggu pemerintahan Jokowi?

Bukan Jokowi, Tapi Gibran?

Putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, yang kini jabat Wali Kota Solo tarik perhatian para elite politik, seperti Prabowo dan Megawati.

Biden Paksa Jokowi Beli Senjata?

Presiden AS Joe Biden sebut siap bela Taiwan bila diserang Tiongkok. Apakah ini bisa jadi cara Biden "paksa" Jokowi beli senjata?