HomeCelotehPemerintah 'Paksa' Minum Air Kotor?

Pemerintah ‘Paksa’ Minum Air Kotor?

“Air berkata kepada yang kotor, ‘Kemarilah.’ Maka yang kotor akan berkata, ‘Aku sungguh malu.’  Air berkata, ‘Bagaimana malumu akan dapat dibersihkan tanpa aku?” ~ Jalaluddin Rumi


PinterPolitik.com

[dropcap]A[/dropcap]ir adalah sumber kehidupan. Maka,  jangan sia-siakan air sesuai dengan apa yang kita mau, tapi gunakan air sesuai yang kita butuhkan.

Indonesia sebagai salah satu negara agraris tentu harus ditopang oleh pasokan air yang cukup. Seperti halnya air irigasi yang bersumber dari Sungai Citarum dan mampu mengaliri 420.000 hektar sawah.

Tapi, gimana ya kalau airnya itu ternyata kotor banget. Emangnya masih layak bagi area pesawahan? Apalagi limbah pabrik yang semakin menggila. Waduh.

Emang pabrik itu ga pake analisa dampak lingkungan ya? Weleeeeh weleeeh, mungkin lebih baik mengeruk untung yang besar, daripada ngurusin limbah. Ah, buat apa, nanti juga warga lupa sendiri, weleeeh weleeeh.

Kabarnya, Sungai Citarum merupakan sungai terkotor bahkan terhitam dibanding yang lainnya. Lah kalau begitu, kok masih mau dijadikan sumber air minum dan irigasi pesawahan? Nanti sawahnya bukannya jadi subur tapi malah gagal panen lho, kalau begitu. Huffftt.

Kemaren sih, Presiden Jokowi udah menginstruksikan untuk revitalisasi sungai tersebut ke seluruh jajarannya. Sebab Sungai Citarum kan berpengaruh bagi hajat hidup orang banyak. Hmmm, terpikir juga toh ternyata, weleeeh weleeeh.

Nah loh, kan udah diinstruksikan oleh Presiden, gimana reaksi jajarannya? Mau serius revitalisasi ga ya?

- Advertisement -

Etttt, dagelan muncul lagi dengan adanya sesumbar dari salah satu Menteri Kabinet Kerja. Katanya dalam kurun waktu 5 – 10 tahun ke depan, air di Sungai Citarum sudah bisa diminum.

Weleeeeh weleeeh, ah itu kalimat retoris doang kali, biar menebarkan harapan. Hati-hati harapannya palsu ya.

Baca juga :  Eks-Gerindra Pakai Siasat Mourinho?

Tapi secara logika aja, sekarang warna airnya hitam pekat, masa iya nanti bisa diminum? Hmmm, aneh banget ga sih?

Salah satu faktornya kan akibat limbah pabrik. Nah kalau air itu mau bisa diminum, berani ga pemerintah menutup pabriknya?

Faktanya kan gara-gara limbah pabrik tuh, hayooo berani ga ya?

Terus kalau udah lewat dari 5-10 tahun, air Sungai Citarum tetap kotor gimana? Buat irigasi sawah aja ga layak, apalagi untuk diminum.

Pemerintah masih mau ‘maksa’ masyarakat minum air kotor itu? weleeeeh weleeeeh. (Z19)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

#Trending Article

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Ronaldo-Messi Belajar ke Jokowi-Prabowo?

Dua pemain sepak bola rival, Ronaldo dan Messi, berpelukan di pertandingan PSG vs Riyadh All Stars. Apakah mereka tiru Jokowi dan Prabowo?

Ganjar Pranowo Curhat Lagi Stres?

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebut bahwa kepala daerah dibayar rakyat untuk stres. Apakah Ganjar curhat bahwa dirinya stres?

Imperialisme ala The Last of Us?

Jakarta, Indonesia, ditampilkan serba 'kuning' di serial The Last of Us. Apakah ini semacam "imperialisme budaya" ala Hollywood?

Giring Ingin Balik Nyanyi Lagi?

Video Ketum PSI Giring Ganesha nyanyikan lagu Nidji tersebar di media sosial. Apakah Giring ingin balik nyanyi lagi dan lupakan politik?

Prabowo dan Kucing-kucing Politik

Ketum Gerindra Prabowo Subianto menyapa followers-nya dengan foto kucing di Twitter. Inikah kucing-kucing politik ala Prabowo Subianto?

Siapa Cocok Jadi Cawapres Ganjar?

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebut eksistensi calon pengantin adalah syarat pertama nikah. Bagaimana dengan cawapres buat Ganjar?

Kaesang, Milenial-Gen Z Tipikal?

Putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, dikabarkan tertarik untuk masuk politik. Apakah Kaesang ini Milenial-Gen Z tipikal?

More Stories

Wali Kota Depok ‘Biduan Lampu Merah’

"Kualitas humor tertinggi itu kalau mampu mengejek diri sendiri. Cocok juga ditonton politisi. Belajar becermin untuk melihat diri sendiri yang asli, " - Butet...

DPR Terpilih ‘Puasa Bicara’

“Uang tidak pernah bisa bicara; tapi uang bisa bersumpah,” – Bob Dylan PinterPolitik.com Wakil rakyat, pemegang amanah rakyat, ehmmm, identitas yang disematkan begitu mulia karena menjadi...

Ridwan Kamil Jiplak Jurus Jokowi

“Untuk melakukan hal yang buruk, Anda harus menjadi politisi yang baik,” – Karl Kraus PinterPolitik.com Pemindahan Ibukota masih tergolong diskursus yang mentah karena masih banyak faktor...