HomeCelotehTitah dr. Tirta Soal Covid-19

Titah dr. Tirta Soal Covid-19

“Only the doctors got this” – JAY Z, penyanyi rap asal Amerika Serikat


PinterPolitik.com

Ada yang melambung tinggi tapi bukan tendangan pada pertandingan bola. Coba tebak hayo. apa itu? Apa lagi kalau bukan angka kematian di Indonesia akibat si biang kerok virus Covid-19 ini?

Analisis tentang problem angka ini sudah banyak mengarah ke anggapan, “ya mungkin karena Indonesia fasilitas kesehatannya kurang memadai.” Tapi, ternyata persoalan fasilitas kesehatan ini gak sendirian loh. Banyak sangkutannya. Kalian tahu dr. Tirta kan, gengs? Yoi, dokter muda berambut unik dengan gaya bicara losss dan gak rewel tanpa teding aling-aling itu membagikan banyak hal.

Bagi dokter yang juga pebisnis itu, biang kerok utama justru disebabkan karena bandelnya warga +62, terutama pemerintahnya. Nah, lho kok bisa? Mari kita simak.

Kata dr. Tirta di twitter nih, “Pejabat-pejabat yang ga berani karantina wilayah, ayo temenin tenaga medis + relawan berjuang dengan APD seadanya. Pake jas ujan. Ayo sini.”

Biuh, gue suka gaya funky doi, cuy. Ceplas-ceplos tapi ada benarnya juga. Emang susah kalau gak ngegas di Indonesia kan ya.

Coba kita dalami perkataannya. Begini, kalau di lihat dari pengalaman secara genealogis, Indonesia disapa Covid-19 setelah Singapura mengalaminya. Tetapi ternyata larinya Covid-19 di Indonesia ini kenceng amat. Serius.

Sedihnya lagi, kalau kita simak executive summary di situs KawalCOVID-19, jelas sudah hutan belantara menyeramkan akan kita hadapi. Kalau kata anak muda sekarang nih “what a nightmare this is.

- Advertisement -

Prediksinya nih, andai wabah ini gak segera dijinakkan, sekitar 60-70% warga akan terinfeksi dengan tingkat kematian 1-4% atau 7,5 juta orang. Duh serem amat ya, cuy. Itu nyawa loh. Makanya deh, sekarang serius dengerin.

Kembali ke omongannya om Tirta, ada tiga hal yang harus dijalankan secara cerdas, tepat, dan kompak, yakni pemerintah yang peka, tenaga medis yang ekstra, dan warga yang gak ngeyelan. Tiga hal ini sangat penting mewarisi spirit tersebut.

Kalian bisa bayangin deh, gengs. Andai ketiganya gak kompak: si dokter pada semangat, sebab pemerintah ngasih perintah, tapi giliran dokter minta alat-alat medis, pemerintah gak punya. Hadeehh, ini negara apa dagelan srimulat ya.

Bapak pejabat yang terhormat, tuh uang buat kesehatan rakyat mau di-ke-manain? Heran. Harusnya kan bisa, misal soal APD, pemerintah mbayarin para warga yang bisa jahit guna memproduksi APD yang banyak. Kan bisa manfaat buat ekonomi warga juga.

Nah, juga bagi warga nih, kalau sudah tahu para tenaga medis nih kewalahan menangani pasien, dan alatnya juga terbatas, bisa kali kita sebagai warga nih taat sama anjuran medis dan pemerintah. Jangan ngebandel.

Kita harus ingat nasihat salah satu meme Humas Polda Jabar dalam bahasa Sunda begini, “Jaman ayeuna ngan aya  pilihan: 1. Cicing di imah nurutkeun papatah pamarentah, 2. Asup ka IGD, 3. Poto maneh napel dina Yasin.” Nah, sekarang tinggal pilih mau yang mana.

Jadi, sekarang jelas toh kenapa angka kematian kita tinggi dibanding negara lain di Asia Tenggara – bahkan menjadi tertinggi nomor dua di dunia? Baiknya kita contoh kepatuhan negara lain terhadap protokol medis sembari kita berdoa agar tenaga medis diberi kesehatan dan kekuatan.

- Advertisement -

Repot kan kayak sekarang bahkan tenaga medis ada yang meninggal. Kalau soal pemerintah, tidak ada doa yang lebih indah daripada semoga lebih peka saja. (F46)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga :  JK Comblangin Puan-Anies?
spot_img

#Trending Article

Jokowi Isyaratkan Lawan Megawati?

Tangkapan kamera formasi iringan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama tujuh ketua umum partai politik dianggap merepresentasi terbentuknya poros koalisi menghadapi kontestasi politik 2024. Lantas,...

Surya Paloh Cuma Coba-coba?

Meskipun Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem telah menghasilkan nama-nama hasil voting Dewan Pimpinan Daerah (DPW), Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyebut Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo yang...

Cak Imin Jago Gocek?

Lagi lagi Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar yang akrab disapa Cak Imin tampil dan menarik atensi publik melalui gocekan-gocekan politiknya...

NasDem-Demokrat Bentuk Koalisi?

Surya Paloh merupakan elite politik pertama yang ditemui secara terbuka oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Apakah Partai NasDem dan Partai Demokrat akan membentuk koalisi? PinterPolitik.com Sambutan...

Prabowo Tidak Yakin dengan Megawati?

Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) dibentuk oleh Partai Gerindra bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Apakah ini dapat dimaknai sebagai kekhawatiran Prabowo Subianto terhadap Megawati? PinterPolitik.com Partai Gerindra...

Permainan Surya Paloh Belum Usai?

Meski Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem telah usai, tapi tanya tentang hasil Rakernas masih membayangi pikiran publik. Apa sebenarnya strategi Ketua Umum Surya Paloh di balik...

Jokowi Gak Butuh Ma’ruf Amin?

Tidak terlihatnya Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada reshuffle kabinet mengundang tanda tanya sebagian orang. Apakah ini bermakna bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah tidak butuh Ma’ruf? PinterPolitik.com Sebagian orang...

Kok Jokowi Marah-Marah?

Lagi-lagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegur pejabat  kementerian dan pemerintahan daerah soal prioritas belanja. Jokowi menilai belanja produk luar masih lebih tinggi dibandingkan produk...

More Stories

Megawati Sukses “Kontrol” Jokowi?

“Extraordinary claims require extraordinary evidence” – Carl Edward Sagan, astronom asal Amerika Serikat (AS) PinterPolitik.com Gengs, mimin mau berlagak bijak sebentar boleh, ya? Hehe. Kali ini, mimin mau berbagi pencerahan tentang...

Arief Poyuono ‘Tantang’ Erick Thohir?

“Orang hebat tidak dihasilkan dari kemudahan, kesenangan, dan kenyamanan. Mereka dibentuk melalui kesulitan, tantangan, dan air mata” – Dahlan Iskan, mantan Menteri BUMN PinterPolitik.com Gengs, kalian...

Sri Mulyani ‘Tiru’ Soekarno?

“Tulislah tentang aku dengan tinta hitam atau tinta putihmu. Biarlah sejarah membaca dan menjawabnya” – Soekarno, Proklamator Indonesia PinterPolitik.com Tahukah kalian, apa yang menyebabkan Indonesia selalu...