HomeCelotehTiket Pesawat Turun, Harga Avtur?

Tiket Pesawat Turun, Harga Avtur?

“Pesawatku… terbang ke bulan…”


PinterPolitik.com

[dropcap]T[/dropcap]ak kusangka mencintai keindahan alam Indonesia bisa semenyakitkan ini. Transportasinya itu loh, mahal banget. Kasihan dompetku jadi kembang kempis macam paru-paru penderita asma.

Indonesia itu kan terdiri dari hamparan pulau-pulau yang cantik dan menawan ya. Letaknya pun jauh-jauh. Jadi paling nyaman traveling itu naik pesawat. Hemat waktu dan tenaga. Tapi apa yang terjadi sekarang, kenapa harga tiket pesawat jadi melambung tinggi sekali?

Ah ya, katanya maskapai penerbangan kita banyak yang tekor karena telah menerapkan tarif bawah selama ini. Bertambahnya jumlah wisatawan ternyata nggak bisa membuat mereka untung, malah jadi buntung. Hmmm, kasihan… Tapi ku lebih sayang isi dompetku. Gimana dong?

Konon, salah satu penyebab mahalnya tiket pesawat di Indonesia itu karena monopoli bahan bakar oleh Pertamina dengan harga yang terlampu tinggi. Wah, kok Pertamina tega sih? Mungkinkah ini juga ada hubungannya dengan kebijakan pemerintah?

Ya, tahu sendiri, pemerintah sekarang punya kebijakan untuk menyamaratakan harga BBM di seluruh Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke harganya sama. Tapi kebayang nggak berapa ongkos distribusi yang harus ditanggung Pertamina? Apalagi buat ngirim BBMnya ke Papua. Hmmm… pasti tekorlah.

Rasa-rasanya, kebijakan BBM ini kok jadi kayak buah simalakama ya. Maunya BBM jadi satu harga, tapi ada banyak hal yang harus dikorbankan. Belum lagi pemerintah suka banget mensubsidi BBM. Iya, aku tahu itu demi rakyat, tapi jangan lupa juga kalau kebijakan tersebut bisa membuat ekonomi jadi nggak sehat.

Ehhh, barusan ku lihat di berita, harga tiket pesawat turun sebesar 20% mulai hari ini. Tapi itu baru Garuda Indonesia Group aja, dan harganya pun masih tetap mencekik. Aku tetap harus ke Kuala Lumpur dulu, biar bisa ke Bali lebih hemat. Hufftt

Baca juga :  Luhut seperti Julius Caesar?
Kan nggak lucu, mau liburan di dalam negeri, tapi mesti punya paspor dulu biar dapat harga murah. Zzzzz Click To Tweet
- Advertisement -

Ahhh, sekarang mau minta harganya lebih turun lagi juga nggak tega. Wong harga avturnya juga tak kunjung turun. Bisa-bisa maskapai Indonesia jadi makin berdarah. Kalau bangkrut gimana?

Sementara itu, di belahan bumi ibu pertiwi lainnya, ada banyak warga yang menjerit karena kehilangan wisatawan. Tempat-tempat wisata sepi, keadaan ekonomi pun makin mengerikan. Dan mamakku terus-terusan ngomel, “Jangan sibuk jalan-jalan terus! Kapan bawa calonnnya?”

Eh, tapi sepertinya belakangan pemerintah justru meminta harga Avtur turun. Oke, mungkin ini bisa menyelesaikan masalah para pengusaha penerbangan. Tapi, gimana dengan nasib Pertamina ya? Sudah diminta BBM satu harga, avtur murah, nanti mereka ambil untung dari mana?

Ku harap pemerintah bisa lebih bijak lagi dalam mengambil keputusan. Dan harus buka mata juga, dilihat lagi, kalau faktanya, dunia penerbangan di banyak negara sedang terpuruk. Jangan sampai kita ikutan begitu. Dipikirkan juga solusi buat Pertamina-nya. Pokoknya, harus dibantu yaa… (F41)

spot_img

#Trending Article

Jokowi Isyaratkan Lawan Megawati?

Tangkapan kamera formasi iringan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama tujuh ketua umum partai politik dianggap merepresentasi terbentuknya poros koalisi menghadapi kontestasi politik 2024. Lantas,...

Surya Paloh Cuma Coba-coba?

Meskipun Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem telah menghasilkan nama-nama hasil voting Dewan Pimpinan Daerah (DPW), Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyebut Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo yang...

Cak Imin Jago Gocek?

Lagi lagi Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar yang akrab disapa Cak Imin tampil dan menarik atensi publik melalui gocekan-gocekan politiknya...

NasDem-Demokrat Bentuk Koalisi?

Surya Paloh merupakan elite politik pertama yang ditemui secara terbuka oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Apakah Partai NasDem dan Partai Demokrat akan membentuk koalisi? PinterPolitik.com Sambutan...

Permainan Surya Paloh Belum Usai?

Meski Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem telah usai, tapi tanya tentang hasil Rakernas masih membayangi pikiran publik. Apa sebenarnya strategi Ketua Umum Surya Paloh di balik...

Prabowo Tidak Yakin dengan Megawati?

Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) dibentuk oleh Partai Gerindra bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Apakah ini dapat dimaknai sebagai kekhawatiran Prabowo Subianto terhadap Megawati? PinterPolitik.com Partai Gerindra...

Kok Jokowi Marah-Marah?

Lagi-lagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegur pejabat  kementerian dan pemerintahan daerah soal prioritas belanja. Jokowi menilai belanja produk luar masih lebih tinggi dibandingkan produk...

Jokowi Gak Butuh Ma’ruf Amin?

Tidak terlihatnya Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada reshuffle kabinet mengundang tanda tanya sebagian orang. Apakah ini bermakna bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah tidak butuh Ma’ruf? PinterPolitik.com Sebagian orang...

More Stories

Abdi Negara Terbelenggu Kemiskinan?

"Oemar Bakri, Oemar Bakri, pegawai negeri…” ~Lirik Lagu Oemar Bakri -  Iwan Fals PinterPolitik.com Jadi pegawai negeri itu merupakan impian banyak orang. Pokoknya jadi PNS itu...

Luhut Panjaitan Memeluk Orba

"Luka tidak memiliki suara, sebab itu air mata jatuh tanpa bicara." ~Dilan 1990 PinterPolitik.com Orde Baru masih menjadi sejarah yang amat menakutkan dari sebagian besar masyarakat....

Ma’ruf Amin yang Terbuang?

"Sebagai kekasih, yang tak dianggap aku hanya bisa mencoba mengalah. Menahan setiap amarah…” ~Lirik Lagu Kekasih yang Tak Dianggap – Kertas Band PinterPolitik.com Jika di dunia...