HomeCelotehAbdi Negara Terbelenggu Kemiskinan?

Abdi Negara Terbelenggu Kemiskinan?

“Oemar Bakri, Oemar Bakri, pegawai negeri…” ~Lirik Lagu Oemar Bakri –  Iwan Fals


PinterPolitik.com

[dropcap]J[/dropcap]adi pegawai negeri itu merupakan impian banyak orang. Pokoknya jadi PNS itu udah keren banget deh. Dipikiran kebanyakan orang, gajinya juga di atas rata-rata.

Tapi kalian pernah kepikiran nggak sih kenapa capres nomor 02 Prabowo Subianto ngoyo banget untuk menaikkan gaji PNS? Sekilas, ide ini terdengar menyebalkan ya. Gaji PNS apanya lagi yang kurang sih? Segala jenis fasilitas sudah dikasih, tunjangan banyak, ongkos dinas melimpah. Kalau gajinya kecil, PNS nggak akan mungkin jadi menantu idaman para mertua, dong? Hehehe.

Ternyata, gaji pokok PNS itu memang masih di bawah UMR. Menurut PP Nomor 30 Tahun 2015, PNS tanpa pengalaman kerja (sebagai PNS) gajinya cuma Rp 1,4 juta sampai dengan Rp3,1 juta. Pegawai swasta gajinya per tahun bisa naik sebesar 10% mengikuti inflasi. Tapi PNS? Jangan ngarep deh.

Kalau belum cukup, coba tengok seberapa besar gaji TNI dan Polri di negeri ini. Berdasarkan PP Nomor 31 Tahun 2015, gaji terendah untuk TNI/Polri golongan tamtama berpangkat kopral kepala/ajun brigadir itu Rp 1.825.600. Lalu, gaji tertinggi untuk TNI/Polri golongan tamtama ada di angka Rp 2.819.500.

PNS yang katanya jadi menantu idaman, ternyata punya gaji pokok yang aduhai menyedihkannya. Hikss Click To Tweet

Nah, perkara gaji ini yang disebut-sebut sebagai sumber pungutan liar dari para PNS, TNI, dan Polri. Kalau dilihat sekilas, gaji pokok para pelayan masyarakat ini memang tergolong menyedihkan sih. Apalagi, kalau ingat mereka juga ada yang punya keluarga yang harus dinafkahi atau beban-beban hidup lainnya.

Masalahnya adalah, untuk para perusahaan swasta, pemerintah seperti menerapkan standar yang amat tinggi untuk mereka. Memang, ada yang UMP-nya rendah seperti di Yogyakarta. Tetapi, untuk daerah yang banyak pekerjanya seperti DKI, UMP-nya mencapai Rp3,9 juta! Wow, jauh juga ya dengan gaji pokok beberapa abdi negara kita. Artinya, ada para abdi negara kita yang gaji pokoknya di bawah UMP.

Baca juga :  Anies Taklukkan Indonesia Timur?

Hal itu masih belum ditambah fakta bahwa UMP itu selalu naik setiap tahun. Sementara itu, gaji para abdi negara itu tidak mengalami hal serupa. Waduh, kok bisa standar gini sih?

- Advertisement -

Jadi gimana nih pemerintah? Perusahaan swasta selalu dituntut untuk menggaji karyawannya sesuai UMR, tapi pegawainya sendiri gaji pokoknya di bawah UMR. Duh, egois ihhh… (F41)

spot_img

#Trending Article

Ceker Ayam, Rahasia Kemajuan Tiongkok?

“Kami berusaha menyerap kenaikan harga komoditas ini, dengan memanfaatkan seluruh bagian ayam. Itu berarti menggunakan setiap bagian ayam, kecuali bulunya, kurasa.” – Joey Wat, CEO...

Surya Paloh Siap Relakan Megawati?

Intrik antara partai yang dipimpin Surya Paloh (Nasdem) dan PDIP yang dipimpin Megawati semakin tajam. Siapkah Paloh relakan Megawati?

Melacak Arah Petir Brigadir J?

“CCTV harus diuji. Kenapa harus diuji? Pertama CCTV sudah disambar petir. Maka kalau tiba-tiba CCTV ketemu kembali, harus dibikin acara dengan petir, kapan petir...

Anies Ikuti Jejak Soekarno?

“Perubahan nama Rumah Sakit menjadi Rumah Sehat, dilakukan agar Rumah Sakit ikut ambil peran dalam pencegahan penyakit, sekaligus mempromosikan hidup sehat.” – Anies Baswedan,...

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Jokowi Kameo Pilpres 2024?

“Yang paling sering kalau ke kondangan. Bahkan saat nyumbang ke Surabaya, ada yang bilang kalau ada tamu Pak Presiden lagi blusukan. Bahkan ada yang rebutan...

Sambo Tidak Selincah Ninja Hatori?

“Kalau naik gunung itu, pijakan kakinya harus kuat. Jangan mengandalkan tarikan orang di atas. Kekuatan diri sendiri yang membawa kita ke atas.” – Brigjen...

Tiket Pesawat Naik, Tiket PDIP Naik?

“Kasus mahalnya tiket pesawat ini lebih ke soal politis, mau siapapun menteri atau presidennya enggak akan mampu memaksa perusahaan menjual rugi tiket pesawatnya. Kecuali...

More Stories

Luhut Panjaitan Memeluk Orba

"Luka tidak memiliki suara, sebab itu air mata jatuh tanpa bicara." ~Dilan 1990 PinterPolitik.com Orde Baru masih menjadi sejarah yang amat menakutkan dari sebagian besar masyarakat....

Ma’ruf Amin yang Terbuang?

"Sebagai kekasih, yang tak dianggap aku hanya bisa mencoba mengalah. Menahan setiap amarah…” ~Lirik Lagu Kekasih yang Tak Dianggap – Kertas Band PinterPolitik.com Jika di dunia...

Hasrat Terpendam Partai Islam

"Politik adalah seni dan layanan, bukan eksploitasi." ~Charles de Gaulle PinterPolitik.com Sudah baca hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA belum? Kenapa itu ya? Kok...