HomeCelotehSiapa Bilang Harga Telur Mahal?

Siapa Bilang Harga Telur Mahal?

“Harga adalah apa yang kamu bayar. Nilai adalah apa yang kamu dapat.” ~Warren Buffet


PinterPolitik.com

[dropcap]P[/dropcap]engumuman gaes! Tim pemenangan kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Mardani Ali Sera mengatakan harga telur saat ini murah, hanya sekitar Rp 12 ribu per kilogram. Wadawww, fakta atau hoaks nih? Perasaan baru belanja kemarin harganya Rp25 ribu. Pak Mardani emang belanja di mana sih? Kasih tahu aku dongss

Hmmm, ternyata harga segitu konon doi dapat di Malaysia. Jauh banget yak. Mesti naik pesawat dulu. Belum bikin paspornya yang 48 halaman Rp300 ribu. Kalau beli yang 24 halaman, nanti dikira pekerja illegal lagi. Edededehhh, ujung-ujungnya mahal juga ya. Mau beli telur sekilo aja kudu bikin paspor.

Ehh, tapi btw, emang beneran harga telur di Malaysia semurah itu? Telur ayam atau telur kutu rambut? Hiya, hiya, hiya.

Nah, daripada penasaran, mari kita kepoin situs resmi Jabatan Perkhidmatan Veterinar Kementerian Pertanian dan Industri Asas Tani Malaysia. Hmmm, panjang kali ya nama kementriannya. Nyampe keram otot aku ngetiknya. Wkwkwk.

Harga telur naik turun, tapi cinta mu padaku jangan ya... Uwuwuwuw~ Click To Tweet

Oke coba kita lihat-lihat. Ternyata harga telur di sana berbeda-beda gaes, sesuai dengan kulitasnya. Kalau kita kan kualitas telurnya hampir semuanya dipukul rata, kalau di sana telur dibagi menjadi lima kualitas, dari level AA sampai E.

Per tanggal 23 Oktober 2018, untuk telur kualitas AA harganya 0,39 Ringgit Malaysia per butir. Kalau asumsi kurs Rp3.472 per ringgit, berarti harganya sekitar Rp1.354 per butir. Kalau begitu, harga kulitas teratas per kilogram yang rata-rata jumlahnya ada 16 butir, di Malaysia sekitar 6,24 ringgit atau Rp21.661. Ya, nggak beda jauh ya ternyata. Coba kita hitung kualitas termurahnya.

Baca juga :  Anies-Ganjar Hanya Sebuah Permainan?

Ternyata gaes, pun, telur level E kalau dilihat-lihat harganya 0.32 Ringgit per butir. Berarti kalau dikonversi ke rupiah harga telur per kilogramnya sekitar Rp 17.773. Terus mana telur yang katanya Rp12 ribu per kilogram Ferguso?

- Advertisement -

Ya, walaupun harga yang disebutkan Mardani rada melenceng. Melenceng banget sih, bedanya hampir Rp 6 ribu, tapi kita patut merenungkan pertanyaan doi, kok Malaysia punya harga telur yang lebih murah?

Mardani mengatakan, rantai distribusi pangan di Indonesia itu terlalu panjang. Pantes aja harganya melambung tinggi. Selain itu, menurut Mardani, di Malaysia lebih murah karena nggak ada sistem monopoli harga.

Sistem Malaysia dalam menjaga harga pangan menurut Mardani patut dicontoh. Pemerintah harus menindak tegas oknum yang menjual sembako di atas rata-rata. (E36)

 

spot_img

#Trending Article

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Polemik Kuntadhi, Ganjar Cuci Tangan?

“Saya kenal Pak Ganjar. Tapi kayaknya Pak Ganjar, ya nggak kenal saya secara pribadi,” – Eko Kuntadhi, Pegiat media sosial PinterPolitik.com Eko Kuntadhi – pegiat media...

Mahfud MD Permainkan Bjorka?

“Satgas itu dibentuk bukan untuk memburu Bjorka, sebab yang dari Bjorka itu tak satupun yang membobol rahasia negara. Itu hanya sensasi,” – Mahfud MD,...

Airlangga ”Dijepit” JK dan PKS?

“Pak JK selalu dikaitkan, endorse Anies, kenapa nggak berat ke AH. Kalau kemudian Pak JK dikaitkan dengan endorse AH itu tidak lepas dari upaya upaya mencarikan...

Misteri Nomor Urut Tiga PDIP

“Jadi dari pihak PDIP, mengusulkan yang namanya tanda gambar itu, nomor itu sebenarnya saya katakan kepada Bapak Presiden dan Ketua KPU dan Bawaslu bahwa...

Dewan Kolonel, Gimmick Duet Puan-Prabowo?

“Pokoknya, Dewan Kolonel ini adalah satu-satunya dengan tujuan mendukung Mbak Puan di 2024. Itu sekali lagi, tentu kami masih menunggu keputusan Bu Megawati siapa...

Di-Back Up SBY-JK-Paloh, Anies Pede?

“Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selaku ayah biologis dan ideologis AHY, Jusuf Kalla sebagai mentor politik Anies, dan Surya Paloh sebagai king maker,” – Ahmad...

Ketika Anies Jadi Cover Boy

Baru-baru ini, warga Kota Malang, Jawa Timur, diramaikan oleh kemunculan tabloid-tabloid bergambarkan muka Anies. Anies sukses jadi cover boy?

More Stories

Abdi Negara Terbelenggu Kemiskinan?

"Oemar Bakri, Oemar Bakri, pegawai negeri…” ~Lirik Lagu Oemar Bakri -  Iwan Fals PinterPolitik.com Jadi pegawai negeri itu merupakan impian banyak orang. Pokoknya jadi PNS itu...

Luhut Panjaitan Memeluk Orba

"Luka tidak memiliki suara, sebab itu air mata jatuh tanpa bicara." ~Dilan 1990 PinterPolitik.com Orde Baru masih menjadi sejarah yang amat menakutkan dari sebagian besar masyarakat....

Ma’ruf Amin yang Terbuang?

"Sebagai kekasih, yang tak dianggap aku hanya bisa mencoba mengalah. Menahan setiap amarah…” ~Lirik Lagu Kekasih yang Tak Dianggap – Kertas Band PinterPolitik.com Jika di dunia...