HomeCelotehMengintip Ruang Kerja Nadiem

Mengintip Ruang Kerja Nadiem

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim disebut akan memiliki ruang kerja baru dengan rencana renovasi yang bakal dilakukan terhadap sejumlah ruangan di kantor Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).


PinterPolitik.com

Untuk Jo Ko-wi,

Aku mengirim surat ini hendak mengabarkan soal bagaimana suasana kerjaku selama menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) – dan sekarang sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek). Mungkin, aku ingin sedikit menjelaskan suka dan dukaku – seperti yang biasa orang lakukan ketika bertemu Jo Ko-wi kala blusukan.

Ketika kubangun setiap paginya, aku bersemangat untuk menciptakan inspirasi dan kebijakan untuk siswa-siswi hingga mahasiswa/i Indonesia tercinta. Mimpiku sama seperti Ko-wi, yakni untuk menciptakan sumber daya yang mumpuni agar terwujud sebuah linkandmatch – bukan hanya match lantas berujung ghosting.

Namun, semua itu ternyata tidak mudah untuk diwujudkan. Mimpiku untuk menjadi seperti Han Ji-pyeong yang bisa mencetak start-up baru dengan Sandbox, misalnya, harus menemui banyak hambatan ketika Kemdikbudristek mengadakan sejumlah mata kuliah start-up di sejumlah kampus – salah satunya adalah karena pandemi.

Belum lagi, aku harus menghadapi suasana kerja yang tidak nyaman. Betapa tidak, kerap kebijakan-kebijakan yang disusun olehku harus bocor ke luar – entah siapa yang membocorkan.

Baca Juga: Mas Nadiem Kuat Bekingan?

Nadiem Nginap di Rumah Guru
- Advertisement -

Draf susunan kurikulum hingga draf peraturan pemerintah (PP) adalah beberapa rencana kebijakan yang sempat leaked ke publik. Bahkan, ada juga sejumlah kebocoran yang harus menyeret drama dengan sejumlah organisasi besar, seperti Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah.

Ya, seandainya saja ruang kerja Kemdikbudristek bisa secanggih ruang-ruang kerja bak milik Tony Stark yang dilengkapi kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI) yang bernama Jarvis – atau juga seperti tempat tinggal Ji-pyeong yang pun disertai AI, pasti kebocoran informasi seperti ini bisa dicegah dan dilacak.

Baca juga :  Prabowo Bermain Clickbait?

Maka dari itu, menjadi masuk akal kalau misalnya Kemdikbudristek dapat merombak dan merenovasi total ruang-ruang kerjanya – ya setidaknya ruangan-ruangan yang berada di lantai 2 Gedung A, di mana bakal menjadi ruang kerja Mendikbudristek dan sejumlah petinggi lainnya. Paling tidak, biayanya bakal memakan sekitar Rp 5 miliar.

Aku tahu kalau masih banyak siswa-siswi di luar sana kesulitan untuk mendapatkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang laik. Namun, aku sadar kalau workplace-ku yang toxic bisa juga memengaruhi kinerjaku.

Kuharap, Pak Ko-wi bisa mendengarkanku. Demikian maksud suratku untuk Ko-wi. Terima kasih atas sejuta kesempatan yang kau berikan.

Dari Na Diem-san.

(A43)


Baca Juga: Mas Nadiem Close The Door

- Advertisement -

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_img
Previous articleBerapa Sih Gaji DPR?
Next articleSuperMenteri

#Trending Article

Jokowi Isyaratkan Lawan Megawati?

Tangkapan kamera formasi iringan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama tujuh ketua umum partai politik dianggap merepresentasi terbentuknya poros koalisi menghadapi kontestasi politik 2024. Lantas,...

Surya Paloh Cuma Coba-coba?

Meskipun Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem telah menghasilkan nama-nama hasil voting Dewan Pimpinan Daerah (DPW), Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyebut Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo yang...

Cak Imin Jago Gocek?

Lagi lagi Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar yang akrab disapa Cak Imin tampil dan menarik atensi publik melalui gocekan-gocekan politiknya...

NasDem-Demokrat Bentuk Koalisi?

Surya Paloh merupakan elite politik pertama yang ditemui secara terbuka oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Apakah Partai NasDem dan Partai Demokrat akan membentuk koalisi? PinterPolitik.com Sambutan...

Prabowo Tidak Yakin dengan Megawati?

Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) dibentuk oleh Partai Gerindra bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Apakah ini dapat dimaknai sebagai kekhawatiran Prabowo Subianto terhadap Megawati? PinterPolitik.com Partai Gerindra...

Kok Jokowi Marah-Marah?

Lagi-lagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegur pejabat  kementerian dan pemerintahan daerah soal prioritas belanja. Jokowi menilai belanja produk luar masih lebih tinggi dibandingkan produk...

Permainan Surya Paloh Belum Usai?

Meski Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem telah usai, tapi tanya tentang hasil Rakernas masih membayangi pikiran publik. Apa sebenarnya strategi Ketua Umum Surya Paloh di balik...

Jokowi Gak Butuh Ma’ruf Amin?

Tidak terlihatnya Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada reshuffle kabinet mengundang tanda tanya sebagian orang. Apakah ini bermakna bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah tidak butuh Ma’ruf? PinterPolitik.com Sebagian orang...

More Stories

Bukan Jokowi, Tapi Gibran?

Putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, yang kini jabat Wali Kota Solo tarik perhatian para elite politik, seperti Prabowo dan Megawati.

Biden Paksa Jokowi Beli Senjata?

Presiden AS Joe Biden sebut siap bela Taiwan bila diserang Tiongkok. Apakah ini bisa jadi cara Biden "paksa" Jokowi beli senjata?

Muslihat Jokowi Manfaatkan Putin?

Presiden Jokowi dikabarkan akan bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow. Apa ini muslihat Jokowi manfaatkan sosok Putin?