HomeCelotehKPK: Hapus Kampanye!

KPK: Hapus Kampanye!

“Kalau otak dan hati tidak mau nyopet, pejabat tak bakal pusing pikir balik modal kampanye.” ~ Ganjar Pranowo


PinterPolitik.com

[dropcap]C[/dropcap]alon Kepala Daerah kerap dihantui rasa khawatir dengan biaya politik yang membebaninya. Padahal, keinginan untuk memimpin demi kemajuan suatu daerah merupakan niat yang mulia. Tapi apalah daya, segalanya serba uang dan uang.

Karena hal ini juga banyak calon kepala daerah yang mengubur niatnya untuk menjadi Bupati, Walikota, Gubernur, bahkan Presiden. Makanya butuh solusi yang tepat sasaran dalam menyelesaikan persoalan biaya politik.

Bila dibiarkan terus, ya jangan salahin siapa – siapa loh kalau pemimpinnya korupsi gara – gara harus balikin modal kampanye, weleeeh weleeeeh, klasik banget.

Ya mungkin salah satu solusi dari tingginya biaya politik ini harus ada kampanye dengan bentuk dan medium yang lain. Ahhh syudahhhlah, biaya politik itu harus ekonomis, jangan justru jadi beban.

Emang kampanye yang kayak gimana sih yang bisa ngabisin duit yang banyak? Pertama sih adanya mahar dari partai politik, hmmm itu sih beban, pasti.

Terus di sisi lain,  yang jadi beban juga adanya praktik kecurangan supaya si calon dapat menggalang dukungan dengan cara yang instan, kayak money politic dan lainnya.

Hmmm, udah ngabisin duit, cara yang dipakai terlarang lagi, hadeuuuuhhh. Kan udah tau nih begini kondisinya, permasalahannya kan di setiap Pemilu juga ini – ini aja, tapi kok ga kelar – kelar ya.

- Advertisement -

Harus solutif dong ah, gimana sih? Nih KPK punya usulan supaya biaya politik serba irit. Wedeeww, gimana tuh caranya?

Lebih baik para calon pemimpin itu kampanye lewat digital, misalkan Facebook, Twitter atau apalah, kan cuma keluar uang buat beli kuota doang, jadi irit deh.

Baca juga :  Ekonomi, Alasan Prabowo Gabung Jokowi?

Ah yang bener begitu, emangnya kampanye digital murah? Engga kali ah. Kalau misalkan kampanye digital gitu kan harus rame, otomatis nyewa buzzer dong. Misalkan nyewa 500 orang buzzer, bangkrut juga itu calon wkwkwk.

Woailaaah, ujung – ujungnya sama aja dong, mahal – mahal juga. Hadeuh, ga ada solusi yang lebih irit nih? (Z19)

spot_img

#Trending Article

Ma’ruf Amin Apes di Pilkada 2020

"Kami menyatakan permohonan maaf kepada masyarakat Tangsel karena belum dapat memenangkan harapan perubahan. Hasil penghitungan suara kami tidak banyak dibandingkan paslon lain". - Siti...

Anies Taklukkan Indonesia Timur?

“Alhamdulillah, tujuh kabupaten (di Maluku) yang sudah terbentuk kepengurusan siap mendeklarasi Anies Presiden” – Sulaiman Wasahua, Ketua Relawan Sobat Anies Maluku PinterPolitik.com Manuver politik Gubernur DKI Jakarta...

Drama Maming Resahkan PDIP-PBNU?

“Kalau saya, koruptor jangan dicekal ke luar negeri tapi dicekik. Harusnya dicekal untuk balik ke Indonesia, biar korupsi di luar negeri,” Cak Lontong, Komedian Indonesia PinterPolitik.com Masyarakat...

Anies-AHY Kawin Paksa?

“Tentu proses membangun chemistry antara satu dan yang lain penting, bukan kawin paksa,” - Willy Aditya, Ketua DPP Partai NasDem PinterPolitik.com Siapa yang tidak kenal dengan Siti...

Misteri Teror Kominfo

“Teror bagaimana? Saya baru tahu teror, Kominfo diteror kali,” – Johnny G. Plate, Menkominfo PinterPolitik.com #BlokirKominfo menjadi trending di Twitter, banyak warganet yang melontarkan kritik terhadap kontroversi kebijakan Penyelenggara Sistem...

Ahok Disenggol Kasus Brigadir J?

“Pertanyaan saya, kapan mereka pacaran, sehingga ketika Ahok di balik jeruji dan di balik tembok mengikat perjanjian kawin dengan ajudan ibu,” – Kamarudin Simanjuntak, Pengacara...

Janji Surga ala Ma’ruf Amin?

“Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang memeluk Islam terbanyak di dunia. Siapa yang berkata la ilaha illallah dakholal jannah masuk surga. Berarti penduduk surga itu kebanyakan...

Hadi dan Seragam “Militer” ATR/BPN

Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto buat seragam baru bagi ASN dan PNS Kementerian ATR/BPN. Mengapa pergantian seragam ini jadi penting?

More Stories

Wali Kota Depok ‘Biduan Lampu Merah’

"Kualitas humor tertinggi itu kalau mampu mengejek diri sendiri. Cocok juga ditonton politisi. Belajar becermin untuk melihat diri sendiri yang asli, " - Butet...

DPR Terpilih ‘Puasa Bicara’

“Uang tidak pernah bisa bicara; tapi uang bisa bersumpah,” – Bob Dylan PinterPolitik.com Wakil rakyat, pemegang amanah rakyat, ehmmm, identitas yang disematkan begitu mulia karena menjadi...

Ridwan Kamil Jiplak Jurus Jokowi

“Untuk melakukan hal yang buruk, Anda harus menjadi politisi yang baik,” – Karl Kraus PinterPolitik.com Pemindahan Ibukota masih tergolong diskursus yang mentah karena masih banyak faktor...