HomeFokus BUMNJamkrindo Kampayekan Anti Sampah Plastik di Geopark Ciletuh

Jamkrindo Kampayekan Anti Sampah Plastik di Geopark Ciletuh

Dalam rangka rangkaian HUT ke-50 pada 1 Juli 2020 mendatang, Perum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) menggelar kegiatan anti sampah plastik dan pemberdayaan masyarakat dalam penataan kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.


PinterPolitk.com

Kegiatan anti sampah plastik dilaksanakan di Pantai Palangpang, Puncak Darma, Curug Sodong, dan Curug Cimarinjung yang berada di kawasan Geopark Ciletuh.

Direktur Utama Perum Jamkrindo, Randi Anto mengatakan pengembangan ekosistem di kawasan geopark tidak bisa mengesampingkan peran masyarakat. Maka dari itu, Jamkrindo senantiasa melibatkan masyarakat dalam setiap program yang dilakukan.

“Tahun 2020 ini merupakan milestone baru kami untuk pengembangan ke depannya, maka dari itu kami kembali melakukan FGD dengan tokoh-tokoh kunci masyarakat dan seluruh elemen di Geopark Ciletuh untuk mengevaluasi dan merencanakan program pemberdayaan strategis yang akan dilakukan ke depannya,” ujar Randi.

Menurutnya hal ini selaras dengan tema HUT ke-50 tahun Jamkrindo yakni peningkatan kualitas SDM Indonesia. Pada tahun 2020 berbagai kegiatan akan dilakukan mulai dari pembentukan bank sampah, pembenahan pasar ikan, pembuatan Jamkrindo Center yang merupakan pusat belajar masyarakat, dan UMKM center.

Selain itu ada juga kegiatan pendataan wisatawan, penyediaan sarana air bersih, dan pembenahan landscape guna mendukung kegiatan pariwisata.

Sebelumnya juga digelar Focus Group Discussion yang melibatkan jajaran Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan masyarakat pada Kamis (23/1) malam lalu di Sukabumi.

Jamkrindo juga memberikan beasiswa kepada siswa-siswa berprestasi yang ada di kawasan Geopark Ciletuh. Bantuan ini diberikan sebagai wujud dukungan Perum Jamkrindo peduli dengan pendidikan masyarakat.

- Advertisement -

Sejak melaksanakan kesepakatan bersama dengan Pemerintah Kabupaten Sukabumi pada bulan November tahun 2019 silam, berbagai kegiatan positif telah dilakukan antara lain, gerakan kampanye anti sampah, penghijauan kawasan wisata, penyediaan tempat sampah, pemberdayaan UMKM dan juga kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang melibatkan masyarakat.

Baca juga :  BUMN Gak Dukung Formula E?

Ketua Asosiasi Homestay Ciletuh, Yudi Mulyadi menyambut baik kegiatan yang dilakukan Jamkrindo di kawasan Geopark Ciletuh ini. Menurutnya  sejak kampanye anti sampah plastik gencar dilaksanakan di Pantai Palangpang, Puncak Darma, Curug Sodong, dan Curug Cimarinjung, kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga lingkungan dari sampah plastik terus meningkat.

Para pemilik homestay juga mendapatkan dampak positif karena kawasan Geopark Ciletuh makin dilirik oleh wisatawan sehingga potensi hunian homestay juga meningkat. ”Kami yakin bahwa dengan lingkungan yang bersih, wisatawan akan makin betah menghabiskan waktu di kawasan Geopark Ciletuh,” tandas Yudi.

Kawasan Geopark Ciletuh-Pelabuhanratu, merupakan obyek wisata yang ditetapkan sebagai bagian United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) Global Geoparks (UGG) pada 2018 lalu. (R58)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

#Trending Article

Kunci Wamendagri, Megawati Khawatirkan Tito?

Dalam reshuffle kabinet pada 15 Juni 2022, politisi PDIP John Wempi Wetipo digeser dari Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Wamen PUPR) menjadi...

Bukan UI, Kenapa Presiden dari UGM?

Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani berharap ke depannya Presiden Indonesia tidak lagi dari alumni Universitas Gadjah Mada (UGM), melainkan dari alumni Universitas Indonesia...

Jenderal Dudung Panglima Selanjutnya?

Sinyal agaknya kian menguat bagi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono untuk menjadi Panglima TNI selanjutnya. Namun, jalan terjal masih ada di...

Prabowo dan Megawati Pasti Kandas?

PKB bersama Gerindra yang membentuk koalisi di pemilihan umum (Pemilu) 2024 seolah menyalip PDIP sebagai parpol yang selama ini tampak dekat dengan sang Ketua...

Biden Paksa Jokowi Beli Senjata?

Presiden AS Joe Biden sebut siap bela Taiwan bila diserang Tiongkok. Apakah ini bisa jadi cara Biden "paksa" Jokowi beli senjata?

Muslihat Jokowi Manfaatkan Putin?

Presiden Jokowi dikabarkan akan bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow. Apa ini muslihat Jokowi manfaatkan sosok Putin?

Indonesia Terpandang Jika Prabowo Presiden?

Menhan Prabowo Subianto anggap AS-Tiongkok sebagai good friends. Apakah Prabowo ingin Indonesia bisa terpandang di antara dua great powers?

Kaesang Mulus Jadi Ketum PSSI?

Beberapa hari lalu, Indonesia menorehkan prestasi dengan lolos ke putaran final Piala Asia untuk pertama kalinya sejak 15 tahun lalu. Ini bisa dibilang menjadi...

More Stories

Erick Thohir Pastikan 4,7 Juta Masker Telah Didistribusikan

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan 4,7 juta masker yang diproduksi oleh perusahaan pelat merah, PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) telah...

BUMN akan Bangun RS Darurat Corona di Daerah

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memerintahkan jajarannya untuk membangun Rumah Sakit Darurat Corona di sejumlah daerah di Indonesia. Hal itu untuk mengantisipasi lonjakan...

BUMN Back Up Sepenuhnya RS Darurat Covid-19

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN),  Erick Thohir  menjamin RS Darurat Penangan Covid-19 siap beroperasi  pada Senin (23/3). BUMN sepenuhnya siap back up kebutuhan...