HomeCelotehPemerintah Tak Ingin Covid-19 Berakhir?

Pemerintah Tak Ingin Covid-19 Berakhir?

“Saya kemarin rapat dengan Kemenhub datanya sudah 900 ribu orang sudah mudik. Persoalannya adalah dia bisa jadi orang dalam pemantauan (ODP) bisa saja tersebar virus ke daerah”. – Agus Taufik Mulyono, Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI)


PinterPolitik.com

Jelang masa puasa dan Hari Raya Idul Fitri, angka orang pulang kampung emang selalu meningkat. Pada 2019 lalu, jumlah orang yang mudik diperkirakan mencapai 23 juta orang.

Nah, tahun ini, gara-gara ada Covid-19 yang ngeri-ngeri nggak pakai sedap, angka orang mudik diperkirakan menurun drastis.

Tapi, itu bukan berarti nggak ada yang mudik loh. Padahal kan sebenarnya bahaya banget mudik di tengah kondisi wabah yang parah kayak gini. Soalnya bisa bikin penyebaran virus menjadi semakin nggak terkendali ke wilayah-wilayah pelosok.

Sayangnya, pemerintah nggak secara tegas mengeluarkan aturan larangan mudik. Hingga kini bahasa yang dipakai adalah “menganjurkan” atau “sebaiknya” atau “adalah lebih baik”. Nggak ada produk hukum yang tegas buat ngebatasin mudik.

Untuk orang Indonesia mah bakal nggak diturutin kata-kata yang kayak gitu.

Buktinya, data dari Kementerian Perhubungan aja sudah menunjukkan ada sekitar 900 ribu orang yang nyuri start mudik. Iyess, 900 ratus ribu!

Bayangin tuh, sekitar 2 persen dari mereka aja jadi carrier Covid-19, udah berapa banyak yang bakal tersebar ke penjuru negeri.

- Advertisement -

Emang sih, di daerah-daerah juga ada kebijakan karantina dan penetapa status Orang Dalam Pantauan (ODP) yang diterapkan oleh para pemimpin daerah bagi para pemudik. Tapi ya tetap aja bakal sulit mantau semua orang itu pernah berinteraksi dengan siapa saja di jalan atau sebelum menuju rumah mereka.

Apalagi, diperkirakan masih akan ada 1,3 juta orang lagi yang bakal mudik di Lebaran tahun ini. Jumlah itu sudah dikurangi dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pegawai BUMN yang sudah ada aturan jelas bahwa tahun ini mereka nggak boleh mudik.

Terlepas dari adanya larangan untuk ASN agar nggak mudik, pemerintah emang seharusnya perlu membuat aturan yang lebih tegas buat perkara mudik ini. Misalnya, orang yang nggak perlu mudik dan masih bisa bertahan hidup di Jabodetabek dilarang banget buat mudik.

Sementara yang benar-benar nggak memungkinkan untuk ditunda mudiknya barulah dikasih izin pulang dengan aturan yang ketat juga.

Dengan masih terbukanya semua orang buat mudik kayak sekarang ini, terkesan kayak pemerintah seolah nggak pengen Covid-19 segera berakhir. Lha kalau mobilitas orang ke daerah nggak dibatasi, sampai kapan coba virus ini akan berhenti tersebar? (S13)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

- Advertisement -

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga :  Luhut dan Ekonomi Orang Kaya
spot_img

#Trending Article

Ma’ruf Amin Apes di Pilkada 2020

"Kami menyatakan permohonan maaf kepada masyarakat Tangsel karena belum dapat memenangkan harapan perubahan. Hasil penghitungan suara kami tidak banyak dibandingkan paslon lain". - Siti...

Anies Taklukkan Indonesia Timur?

“Alhamdulillah, tujuh kabupaten (di Maluku) yang sudah terbentuk kepengurusan siap mendeklarasi Anies Presiden” – Sulaiman Wasahua, Ketua Relawan Sobat Anies Maluku PinterPolitik.com Manuver politik Gubernur DKI Jakarta...

Drama Maming Resahkan PDIP-PBNU?

“Kalau saya, koruptor jangan dicekal ke luar negeri tapi dicekik. Harusnya dicekal untuk balik ke Indonesia, biar korupsi di luar negeri,” Cak Lontong, Komedian Indonesia PinterPolitik.com Masyarakat...

Anies-AHY Kawin Paksa?

“Tentu proses membangun chemistry antara satu dan yang lain penting, bukan kawin paksa,” - Willy Aditya, Ketua DPP Partai NasDem PinterPolitik.com Siapa yang tidak kenal dengan Siti...

Misteri Teror Kominfo

“Teror bagaimana? Saya baru tahu teror, Kominfo diteror kali,” – Johnny G. Plate, Menkominfo PinterPolitik.com #BlokirKominfo menjadi trending di Twitter, banyak warganet yang melontarkan kritik terhadap kontroversi kebijakan Penyelenggara Sistem...

Ahok Disenggol Kasus Brigadir J?

“Pertanyaan saya, kapan mereka pacaran, sehingga ketika Ahok di balik jeruji dan di balik tembok mengikat perjanjian kawin dengan ajudan ibu,” – Kamarudin Simanjuntak, Pengacara...

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Janji Surga ala Ma’ruf Amin?

“Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang memeluk Islam terbanyak di dunia. Siapa yang berkata la ilaha illallah dakholal jannah masuk surga. Berarti penduduk surga itu kebanyakan...

More Stories

Luhut dan Ekonomi Orang Kaya

Persoalan ekonomi kini menjadi pekerjaan rumah yang tengah dihadapi oleh banyak negara, termasuk Indonesia. Namun, di tengah ancaman krisis yang mengancam, Menko Marves Luhut...

Anies dan Pemimpin Yang Diciptakan

Jelang Pilpres 2024, banyak pihak yang mulai berlomba-lomba mendorong tokoh-tokoh yang dianggap populer dan mampu menarik hati masyarakat. Sayangnya, Indonesia masih terjebak pada kondisi...

Ekonomi Bisa Bahayakan Jokowi?

Awal Juni 2022 menjadi momentum penting dalam refleksi kondisi ekonomi global. Bank Dunia mengeluarkan laporan yang menyebutkan bahwa resesi ekonomi di tahun ini akan...