HomeCelotehMenangkan Ganjar, Puan Alami Dejavu?

Menangkan Ganjar, Puan Alami Dejavu?

Setelah Ganjar Pranowo secara resmi diumumkan sebagai capres PDIP, Puan Maharani mengaku siap untuk memenangkan Gubernur Jawa Tengah tersebut. Fenomena ini seolah menjadi dejavu karena Puan juga merupakan ketua pemenangan Ganjar di Pilgub Jawa Tengah.


PinterPolitik.com

Sangat mengejutkan. Kalau kata orang, ini di luar prediksi BMKG. Megawati Soekarnoputri tiba-tiba mengumumkan capres PDIP pada 21 April 2023, setelah Shalat Jum’at, satu hari sebelum Lebaran yang ditetapkan pemerintah.

Disebut mengejutkan karena banyak pihak meyakini Mega akan mengumumkannya di penghujung waktu. Ini bertolak pada Pilpres 2014 lalu ketika Mega menunjuk Joko Widodo (Jokowi) sebagai capres PDIP.

Coba bayangkan, Jokowi ditunjuk pada 14 Maret 2014, kurang dari satu bulan sebelum Pileg 2014 pada 9 April, dan kurang dari tiga bulan sebelum Pilpres 2014 pada 9 Juli. Kendati pengumuman Ganjar jauh lebih cepat dari Jokowi, ada satu kesamaan menarik. Pengumumannya sama-sama dilakukan pada hari Jum’at.

Well, tidak hanya soal waktu pengumuman yang mengejutkan banyak pihak, melainkan karena tersingkirnya putri mahkota, Puan Maharani.

Sebelumnya, seperti yang terlihat, terdapat ketegangan antara pendukung Ganjar dan pendukung Puan. Berbagai pihak juga menilai Puan yang pada akhirnya dipilih oleh Mega. Namun, semua dugaan itu sirna. Pilihan Mega jatuh pada Ganjar.

Yang menarik adalah, tidak berselang lama, Puan menegaskan kesiapannya melaksanakan tugas dari Mega untuk memenangkan Ganjar di Pilpres 2024. “Satu lagi amanah dan kepercayaan dari Ketua Umum yang saya terima. Sebagai petugas partai, saya selalu siap menerima penugasan Ibu Ketum Umum,” ungkapnya pada 22 April 2023.

Jika melihat ke belakang, Puan seolah mengalami dejavu. Pasalnya, ketika PDIP mengusung Ganjar di Pilgub Jawa Tengah (Jateng) 2013, Puan juga merupakan ketua tim sukses Ganjar. Berbagai usaha Puan dalam memenangkan Ganjar dapat kita baca dalam buku Rahmat Sahid yang berjudul Puan Maharani Matang dalam Kerja Keras Politik.

Konteks itu juga disebutkan secara khusus oleh Ganjar. “Terima kasih secara khusus kepada Mbak Puan yang dalam penugasan politik pernah menjadi panglima tempur di Jawa Tengah sampai dengan dua periode,” ungkap Ganjar pada 21 April 2023.

Baca juga :  Di Balik Tearful Speech Puan dan Arah Politik PDIP

Sekarang mungkin pertanyaannya adalah, apakah Puan akan hattrick sebagai komandan tempur Ganjar? Apakah Puan kembali membawa Ganjar menjadi pemenang di Pilpres 2024? Kita lihat saja. (R53)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

#Trending Article

More Stories

Ganjar Kena Karma Kritik Jokowi?

Dalam survei terbaru Indonesia Political Opinion, elektabilitas Ganjar-Mahfud justru menempati posisi ketiga. Apakah itu karma Ganjar karena mengkritik Jokowi? PinterPolitik.com Pada awalnya Ganjar Pranowo digadang-gadang sebagai...

Anies-Muhaimin Terjebak Ilusi Kampanye?

Di hampir semua rilis survei, duet Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar selalu menempati posisi ketiga. Menanggapi survei yang ada, Anies dan Muhaimin merespons optimis...

Kenapa Jokowi Belum Copot Budi Gunawan?

Hubungan dekat Budi Gunawan (BG) dengan Megawati Soekarnoputri disinyalir menjadi alasan kuatnya isu pencopotan BG sebagai Kepala BIN. Lantas, kenapa sampai sekarang Presiden Jokowi...