HomeCelotehSiapa Menparekraf Pengganti Sandi?

Siapa Menparekraf Pengganti Sandi?

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno telah resmi pamit dari Partai Gerindra. Dengan Menparekraf merupakan “jatah” Gerindra, apakah akan ada reshuffle dalam waktu dekat?


PinterPolitik.com

Di momen Hari Raya Idul Fitri, Sandiaga Uno mengunjungi kediaman Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad untuk secara resmi pamit dari Partai Gerindra. Berita ini menjadi afirmasi atas isu kuat belakangan ini bahwa Sandi akan bergabung ke PPP agar mendapat dukungan maju di Pilpres 2024.

“Saya sampaikan beberapa pemikiran sekaligus juga kalau ada kesalahan selama ini, mudah-mudahan di momen lebaran terus mempererat silaturahim. Intinya mohon pamit,” ungkap Sandi pada 23 April 2023.

Menariknya, belakangan bukan hanya PPP yang dikaitkan dengan Sandi, melainkan juga PKS. Bahkan terdapat isu yang menyebut PPP dan PKS tengah memperebutkan Sandi. Isu itu semakin kuat setelah Plt Ketua Umum PPP Mardiono memberikan bantahan terbuka.

“Ini kayak tarik tambang ya. Yang di sana narik, di sini narik. Tapi sebenernya yang ditarik-tarik bukan Pak Sandi, tapi pilihan politik,” ungkap Mardiono pada 19 April 2023.

Terlepas dari isu tarik menarik antara PPP dan PKS, terdapat satu isu penting yang sampai saat ini luput diperhatikan. Dengan Sandi keluar dari Gerindra, bukankah kursi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) akan segera berganti?

Sebagaimana dijelaskan Djayadi Hanan dalam bukunya Presidensialisme Multipartai di Indonesia: Upaya Mencari Format Demokrasi yang Stabil dan Dinamis dalam Konteks Indonesia, bagi-bagi kursi merupakan semacam garansi untuk loyalitas partai koalisi.

Seperti diketahui, kursi Menparekraf merupakan “jatah” Gerindra. Ketika memutuskan gabung koalisi Jokowi, Gerindra mendapatkan dua kursi menteri, yakni Menteri Pertahanan (Menhan) dan Menteri Perikanan dan Kelautan (MenKP).

Namun, kasus korupsi yang menjerat Edhy Prabowo membuat kursi Gerindra diganti, dari MenKP menjadi Menparekraf. Sandi menggantikan Wishnutama Kusubandio yang sebelumnya menjabat Menparekraf.

Well, terlepas dari siapa yang nantinya ditunjuk oleh Gerindra, sejak akhir tahun lalu isu reshuffle memang sudah menguat, khususnya setelah deklarasi Partai NasDem terhadap Anies Baswedan. Momen pergantian Sandi mungkin akan berbarengan dengan reshuffle yang disebut terjadi dalam waktu dekat.

Namun, ada pula kemungkinan kalau Sandi tidak terkena reshuffle. Pasalnya, Sufmi Dasco pernah menyebutkan bahwa Sandi bukanlah menteri Gerindra, melainkan dari kalangan profesional.

“Loh itu kan bukan dari Gerindra, itu kan dia diambil dari profesional itu. Yang dari Gerindra itu kan cuma pertahanan dan KKP,” ungkap Dasco pada 29 Desember 2022.

Well, kita lihat saja kelanjutannya. (R53)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

#Trending Article

More Stories

Ganjar Kena Karma Kritik Jokowi?

Dalam survei terbaru Indonesia Political Opinion, elektabilitas Ganjar-Mahfud justru menempati posisi ketiga. Apakah itu karma Ganjar karena mengkritik Jokowi? PinterPolitik.com Pada awalnya Ganjar Pranowo digadang-gadang sebagai...

Anies-Muhaimin Terjebak Ilusi Kampanye?

Di hampir semua rilis survei, duet Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar selalu menempati posisi ketiga. Menanggapi survei yang ada, Anies dan Muhaimin merespons optimis...

Kenapa Jokowi Belum Copot Budi Gunawan?

Hubungan dekat Budi Gunawan (BG) dengan Megawati Soekarnoputri disinyalir menjadi alasan kuatnya isu pencopotan BG sebagai Kepala BIN. Lantas, kenapa sampai sekarang Presiden Jokowi...