HomeCelotehSoeharto Guru Korupsi, PDIP Muridnya?

Soeharto Guru Korupsi, PDIP Muridnya?

“Uang hanyalah lembaran kertas, tetapi banyak manusia hilang akal karenanya.” ~Anonim


PinterPolitik.com

[dropcap]W[/dropcap]asekjen PDIP Ahmad Basarah baru-baru ini melontarkan pernyataan yang menyudutkan keluarga Cendana. Apa tuh? Doi mengatakan kalau Presiden ke-2 Soeharto adalah guru korupsi di Indonesia.

Wah, wah, wah, kalau begitu, apakah kader-kader PDIP merupakan murid-murid beliau? Secara kan PDIP jadi partai yang paling banyak ditangkap KPK. Edededeh

Sebelumnya Basarah mengatakan negara telah menetapkan pencanangan program pemberantasan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) dan disebutkan dalam TAP MPR Nomor 11 Tahun 1998 untuk melakukan penegakan hukum terhadap terduga pidana korupsi, salah satunya Soeharto, yang disebut sebagai guru korupsi dan mantan mertuanya Prabowo. Hiya, hiya, hiya, sungguh pernyataan yang sangat menonjok sodara-sodara.

Mendengar celotehan Basarah, tentu Partai Berkarya nggak bisa tinggal diam dong. Wong, eksistensi partainya saat ini salah satunya untuk membersihkan nama Soeharto, eh, malah digoyang lagi dengan isu korupsi.

Korupsi itu perbuatan sesat. Yang ngajarin pasti golongan setan. Click To Tweet

Menurut Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso, pernyataan yang dikatakan Basarah adalah tuduhan yang keji. Dirinya mengaku kaget kalau tokoh sekaliber Basarah, Wakil Ketua MPR RI, mengatakan hal seperti itu.

Selama ini Priyo menilai bahwa Soeharto dikenal menjalani hidup yang cukup sederhana untuk ukuran presiden yang berkuasa selama 32 tahun. Selain itu, Priyo menyatakan bahwa Soeharto belum terbukti secara hukum melakukan tindak pidana korupsi.

Doi pun mengenang ketika Soeharto wafat dengan keadaan terhormat, negara mengibarkan bendera setengah tiang selama tujuh hari. Soeharto juga mendapatkan penghormatan pemakaman yang layak sebagai mantan pemimpin negara. Priyo menyaksikan sendiri, kala itu rakyat membanjiri jalan menuju Astana Giribangun di Karanganyar.

Baca juga :  Ideologi Negara Berasal dari Nilai Kekeluargaan?
- Advertisement -

Meski begitu, Priyo enggan menyerang balik pernyataan Basarah dengan membuka aib Soekarno, Megawati Soekarnoputri, hingga Joko Widodo. Menurutnya, cara demikian tidaklah etis.

Ya pada akhirnya mungkin semua harus berkaca. PDIP harus sadar diri sebelum menuding orang, lihat ke dalam dirinya. Lihat data-data KPK dan ICW, partai mana yang paling banyak kadernya di KPK? Ya Partai Berkarya juga. Sudah banyak loh, laporan internasional yang bilang Soeharto presiden paling korup sedunia. (E36)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

#Trending Article

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Prabowo dan Kucing-kucing Politik

Ketum Gerindra Prabowo Subianto menyapa followers-nya dengan foto kucing di Twitter. Inikah kucing-kucing politik ala Prabowo Subianto?

Siapa Cocok Jadi Cawapres Ganjar?

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebut eksistensi calon pengantin adalah syarat pertama nikah. Bagaimana dengan cawapres buat Ganjar?

Kaesang, Milenial-Gen Z Tipikal?

Putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, dikabarkan tertarik untuk masuk politik. Apakah Kaesang ini Milenial-Gen Z tipikal?

Di Balik ‘Panggil-panggil’ ala Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) panggil banyak figur, mulai dari menteri, pimpinan partai, pimpinan ormas, hingga akademisi. Ada apa di balik ini?

Ganjar Perlu Kalkulasi Lagi di 2024?

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkunjung ke Rawon Kalkulator di Surabaya. Apa Ganjar perlu belajar 'kalkulasi' 2024 ke mereka?

Janji Anies untuk Prabowo Palsu?

Sandiaga Uno menyebutkan bahwa Anies Baswedan punya sebuah perjanjian dengan Prabowo Subianto. Apakah janji itu hanya janji palsu?

AHY Bukan Jodoh Anies di 2024?

Partai Demokrat telah umumkan dukung Anies Baswedan sebagai capres 2024 tetapi serahkan cawapres ke Anies. Apakah AHY bukan jodoh Anies?

More Stories

Abdi Negara Terbelenggu Kemiskinan?

"Oemar Bakri, Oemar Bakri, pegawai negeri…” ~Lirik Lagu Oemar Bakri -  Iwan Fals PinterPolitik.com Jadi pegawai negeri itu merupakan impian banyak orang. Pokoknya jadi PNS itu...

Luhut Panjaitan Memeluk Orba

"Luka tidak memiliki suara, sebab itu air mata jatuh tanpa bicara." ~Dilan 1990 PinterPolitik.com Orde Baru masih menjadi sejarah yang amat menakutkan dari sebagian besar masyarakat....

Ma’ruf Amin yang Terbuang?

"Sebagai kekasih, yang tak dianggap aku hanya bisa mencoba mengalah. Menahan setiap amarah…” ~Lirik Lagu Kekasih yang Tak Dianggap – Kertas Band PinterPolitik.com Jika di dunia...