HomeCelotehRevolusi Mental vs Revolusi Moral

Revolusi Mental vs Revolusi Moral

“Moral dan agama selalu harus dijaga, tapi tidak dengan pukul rata.” ~Najwa Shihab


PinterPolitik.com

[dropcap]A[/dropcap]mien Rais baru saja menerbitkan buku berjudul ‘Hijrah: Selamat Tinggal Revolusi Mental, Selamat Datang Revolusi Moral’, sudah ada yang punya bukunya? Minat beli? Edededehhh, minat baca aja susah ya, apalagi beli. Wkwkwk.

Ya, jadi tujuan Amien Rais merilis bukunya tersebut dimaksudkan untuk mengakhiri revolusi mental Presiden Joko Widodo. Lah, emang kenapa harus diakhiri ya?

Ternyata, berdasarkan pemikiran Amien Rais, rezim Jokowi ini tidak punya moral kompas. Nggak punya kompas paradigma atau petunjuk moral, sehingga sangat lemah. Sedangkan revolusi moral yang ia perkenalkan, merupakan gambaran soal keimanan manusia.

Mengutip dari John Buchan, Amien Rais juga mencatat dalam bukunya, kalau revolusi moral atau persenjataan moral itu lebih dibutuhkan daripada persenjataan militer dan lain-lain. Hal tersebut dirasa cocok dengan Islam, di mana akhlak merupakan hal penting dalam Islam. Akhlak adalah mahkota umat Islam.

Hmm, kalau gitu sikap nyinyir Pak Amien selama ini bagian dari revolusi moral nggak? Hehehe.

Nyinyir itu tanda tak sayang... Click To Tweet

Cawapres 01 Ma’ruf Amin menjawab pernyataan Amien Rais yang mengatakan revolusi mental Jokowi nggak jelas dengan senyuman, sambil berkata kalau revolusi mental Jokowi nggak jelas hanya untuk Amien Rais aja.

Wadaaww, kalau gitu jelaskan dong Pak, biar doi nggak suuzon terus bawaanya. Hihihihi.

- Advertisement -

Jadi gini loh Pak Amien, biar eike… ehhh ane bantu jelaskan. Kalau kata Kiai Ma’ruf, revolusi mental itu adalah bagaimana mengubah mentalitas, mengubah persepsi hidup. Jadi yang selama ini berpikir urakan, jadi berpikir lurus. Yang tadinya nggak jujur jadi jujur. Begitu. Ehhh tunggu dulu, terus apa bedanya sama revolusi moral dong? Hmmm.

Ma’ruf Amin bilang, revolusi mental yang digaungkan Jokowi itu membutuhkan proses. Karena yang dibangun mental manusia, nggak semudah membalikkan telapak tangan.

Baca juga :  Kenapa Ateisme Semakin Populer?

Iya sih, kali ini eik setuju banget sama Kiai Ma’ruf. Mental atau moral itu emang susah banget diubah. Butuh waktu. Jadi pernyataan Amien Rais yang mengatakan revolusi mental Jokowi sangat lemah patut dipertanyakan. Lah, emang doi dengan istilah baru ‘revolusi moral’ lantas bisa dengan mudah mengubah karakter bangsa ini? Tidak semudah itu Esmeralda!

Nah, terlepas dari itu semua kamu sendiri lebih setuju yang mana revolusi mental atau revolusi moral? (E36)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

#Trending Article

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Ganjar Perlu Kalkulasi Lagi di 2024?

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkunjung ke Rawon Kalkulator di Surabaya. Apa Ganjar perlu belajar 'kalkulasi' 2024 ke mereka?

Janji Anies untuk Prabowo Palsu?

Sandiaga Uno menyebutkan bahwa Anies Baswedan punya sebuah perjanjian dengan Prabowo Subianto. Apakah janji itu hanya janji palsu?

Di Balik ‘Panggil-panggil’ ala Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) panggil banyak figur, mulai dari menteri, pimpinan partai, pimpinan ormas, hingga akademisi. Ada apa di balik ini?

AHY Bukan Jodoh Anies di 2024?

Partai Demokrat telah umumkan dukung Anies Baswedan sebagai capres 2024 tetapi serahkan cawapres ke Anies. Apakah AHY bukan jodoh Anies?

Jabatan Kades Mirip One Piece?

Demonstrasi kepala desa (kades) tuntut perpanjangan masa jabatan hingga 9 tahun. Apakah para kades ingin bisa seperti anime One Piece?

Kapal Anies ‘Diserang’ Ular?

Mantan Gubernur Banten Wahidin Halim dikirimi ular ketika akan bertemu Anies Baswedan. Apakah kapal Anies tengah 'diserang' ular?

Kaesang, Milenial-Gen Z Tipikal?

Putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, dikabarkan tertarik untuk masuk politik. Apakah Kaesang ini Milenial-Gen Z tipikal?

More Stories

Abdi Negara Terbelenggu Kemiskinan?

"Oemar Bakri, Oemar Bakri, pegawai negeri…” ~Lirik Lagu Oemar Bakri -  Iwan Fals PinterPolitik.com Jadi pegawai negeri itu merupakan impian banyak orang. Pokoknya jadi PNS itu...

Luhut Panjaitan Memeluk Orba

"Luka tidak memiliki suara, sebab itu air mata jatuh tanpa bicara." ~Dilan 1990 PinterPolitik.com Orde Baru masih menjadi sejarah yang amat menakutkan dari sebagian besar masyarakat....

Ma’ruf Amin yang Terbuang?

"Sebagai kekasih, yang tak dianggap aku hanya bisa mencoba mengalah. Menahan setiap amarah…” ~Lirik Lagu Kekasih yang Tak Dianggap – Kertas Band PinterPolitik.com Jika di dunia...