HomeCelotehMa’ruf Amin: Khilafah Itu Tertolak!

Ma’ruf Amin: Khilafah Itu Tertolak!

“Barangkali kau yang tak pernah mau belajar, dan enggan mengakui bahwa sikapmu memang salah.” ~Boy Chandra


PinterPolitik.com

[dropcap]S[/dropcap]istem pemerintahan khilafah nampaknya makin bising saja di telinga. Yang menginginkan Indonesia ganti sistem makin terang-terangan gitu. Hmmm, masalahnya apakah sistem khilafah gitu cocok dengan negara kita yang heterogen? Dengan sistem republik yang kita tegakkan sekarang aja masih suka muncul diskriminasi. Hiya, hiya, hiya

Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma’ruf Amin juga tergelitik mengomentari keinginan sebagian masyarakat tersebut. Tapi menurutnya, sistem pemerintahan yang islami nggak cuma khilafah. Menurutnya, republik yang diterapkan Indonesia juga tergolong islami.

Nggak cuma Indonesia, Ma’ruf juga menyebut Mesir, Republik Islam Pakistan, dan Turki juga tetap Islami meski menegakkan sistem republik.

Tak dipungkiri, Ma’ruf Amin mengamini kalau sistem khilafah memang Islami. Macam Dinasti Abassiyah dan Ustmaniyah gitu. Tapi, menurutnya sistem tersebut nggak bisa diterapkan di Indonesia. Nggak bisa gaes! Kenapa? Karena para pendiri bangsa termasuk ulama di masa silam telah sepakat dengan sistem republik.

Tuh, sosok yang katanya ulama aja udah bilang kalau Republik Indonesia itu harga mati.

Menurut Ma’ruf, kesepakatan yang telah terbangun tersebut nggak bisa diganggu gugat. Nggak cuma khilafah, Ma’ruf juga mengatakan kalau pemerintahan ala kerajaan sekalipun nggak bisa diterapkan di Indonesia, semata-mata karena nggak sesuai dengan kesepakatan para ulama dan pendiri bangsa Indonesia.

Jadi sistem khilafah itu bukan ditolak. Kalau kata Ma’ruf itu tertolak karena menyalahi kesepakatan. Ehhmm, tapi apa iya alasannya hanya karena itu?

Emang yakin sistem khilafah benar-benar bisa membuat Indonesia lebih adil, makmur, damai, dan sejahtera? Click To Tweet
- Advertisement -

Kalau menurut eik ya, nggak bisa dipungkiri kalau negara kita itu berdiri di atas perbedaan. Yang berjuang bukan cuma dari satu golongan aja, jadi kenapa setelah merdeka lantas ingin dijadikan homogen?

Baca juga :  Yenny Wahid Runtuhkan Khilafatul Muhaimin?

Negara kita bisa berdiri dengan segala perbedaannya yang melimpah ruah itu sudah menjadi sebuah keajaiban dan anugerah loh. Nggak usah diobrak-abrik lagi dengan ganti sistem pemerintahan.

Dengar kata Kiai Ma’ruf deh. Indonesia jangan sampai seperti Afghanistan, yang sangat kaya dengan emas dan minyak tapi jadi negara termiskin hanya karena konflik di masyarakatnya yang tak berkesudahan. Mereka muslim semua, mazhabnya Hanafi semua, tapi karena egonya, fanatik kelompoknya, mereka nggak bisa bersatu.

Ihhh, apa kata nenek moyang kita, yang sudah susah payah berjuang kalau pada akhirnya negara ini terpecah belah? Sudahlah, cukup cintai Indonesia apa adanya, dan perjuangkan dengan sekuat-kuatnya. Nggak usah neko-neko. (E36)

spot_img

#Trending Article

Ma’ruf Amin Apes di Pilkada 2020

"Kami menyatakan permohonan maaf kepada masyarakat Tangsel karena belum dapat memenangkan harapan perubahan. Hasil penghitungan suara kami tidak banyak dibandingkan paslon lain". - Siti...

Anies Taklukkan Indonesia Timur?

“Alhamdulillah, tujuh kabupaten (di Maluku) yang sudah terbentuk kepengurusan siap mendeklarasi Anies Presiden” – Sulaiman Wasahua, Ketua Relawan Sobat Anies Maluku PinterPolitik.com Manuver politik Gubernur DKI Jakarta...

Drama Maming Resahkan PDIP-PBNU?

“Kalau saya, koruptor jangan dicekal ke luar negeri tapi dicekik. Harusnya dicekal untuk balik ke Indonesia, biar korupsi di luar negeri,” Cak Lontong, Komedian Indonesia PinterPolitik.com Masyarakat...

Anies-AHY Kawin Paksa?

“Tentu proses membangun chemistry antara satu dan yang lain penting, bukan kawin paksa,” - Willy Aditya, Ketua DPP Partai NasDem PinterPolitik.com Siapa yang tidak kenal dengan Siti...

Misteri Teror Kominfo

“Teror bagaimana? Saya baru tahu teror, Kominfo diteror kali,” – Johnny G. Plate, Menkominfo PinterPolitik.com #BlokirKominfo menjadi trending di Twitter, banyak warganet yang melontarkan kritik terhadap kontroversi kebijakan Penyelenggara Sistem...

Ahok Disenggol Kasus Brigadir J?

“Pertanyaan saya, kapan mereka pacaran, sehingga ketika Ahok di balik jeruji dan di balik tembok mengikat perjanjian kawin dengan ajudan ibu,” – Kamarudin Simanjuntak, Pengacara...

Janji Surga ala Ma’ruf Amin?

“Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang memeluk Islam terbanyak di dunia. Siapa yang berkata la ilaha illallah dakholal jannah masuk surga. Berarti penduduk surga itu kebanyakan...

Hadi dan Seragam “Militer” ATR/BPN

Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto buat seragam baru bagi ASN dan PNS Kementerian ATR/BPN. Mengapa pergantian seragam ini jadi penting?

More Stories

Abdi Negara Terbelenggu Kemiskinan?

"Oemar Bakri, Oemar Bakri, pegawai negeri…” ~Lirik Lagu Oemar Bakri -  Iwan Fals PinterPolitik.com Jadi pegawai negeri itu merupakan impian banyak orang. Pokoknya jadi PNS itu...

Luhut Panjaitan Memeluk Orba

"Luka tidak memiliki suara, sebab itu air mata jatuh tanpa bicara." ~Dilan 1990 PinterPolitik.com Orde Baru masih menjadi sejarah yang amat menakutkan dari sebagian besar masyarakat....

Ma’ruf Amin yang Terbuang?

"Sebagai kekasih, yang tak dianggap aku hanya bisa mencoba mengalah. Menahan setiap amarah…” ~Lirik Lagu Kekasih yang Tak Dianggap – Kertas Band PinterPolitik.com Jika di dunia...