HomeCelotehIndonesiasisasi Prabowo vs Asingnisasi Jokowi

Indonesiasisasi Prabowo vs Asingnisasi Jokowi

“Harapan ibarat satu lebah yang membuat madu tanpa bunga.” ~Robert Green Ingersoll


PinterPolitik.com

[dropcap]K[/dropcap]emunculan paket Kebijakan Ekonomi XVI dari Presiden Joko Widodo menuai kritikan tajam dari Gerindra karena dianggap pro asing. Menurut Gerindra, kebijakan tersebut merupakan bentuk asingnisasi dari pemerintah.

Hadeehh, asingnisasi. Rada maksa tapi menggelitik sih, mirip-mirip gitu sama bahasa Vikinisasi. Ehhh… Wkwkwk.

Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi Gerindra, Kardaya Warnika menilai, kebijakan pemerintah lewat pake ekonomi XVI terutama soal relaksasi Daftar Negatif Investasi (DNI) berbenturan dengan Pasal 33 konstitusi. Kenapa?

Karena melalui DNI itu, pemerintah mengizinkan pihak asing masuk di 54 sektor usaha, 25 sektor usaha di antaranya diizinkan dikuasai oleh asing hingga 100 persen. Nah, kalau begitu, cita-cita asas perekonomian nasional dan penguasaan terhadap cabang produksi yang penting bagi negara akan sulit tercapai. Jadi orang asing yang datang bukan nyari investasi, tapi nyari kerja. Terus orang kita gimana?

Atas kegelisahan tersebut, calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan menerapkan kebijakan ‘Indonesiasisasi’ untuk melawan ‘Asingnisasi’ Jokowi jika terpilih di Pilpres 2019.

Memang ada di antara kedua pasang kandidat yang sepenuhnya tidak pro asing? Ada? Click To Tweet

Kardaya menjelaskan kebijakan ini akan merekrut pekerja dari Indonesia untuk sektor usaha migas dan pertambangan. Jadi celah-celah untuk tenaga asing akan disumpal. Tapi masalahnya, manusia di negeri ini punya kemampuan untuk itu nggak? Keahliannya ada?

Hoo, ternyata dari kebijakan Indonesiasisasi ini pekerja Indonesia dapat mengikuti magang dengan pekerja asing baik yang ada di Indonesia atau di luar negeri. Setelah dianggap mampu memegang jabatan, pekerja magang itu akan diberi posisi yang sesuai dengan kemampuan dan keterampilan selama magang.

Baca juga :  PBESI "Turtle Steal" MPL Indonesia?
- Advertisement -

Hmm, terus pekerja asingnya diapain? Jadiin bintang iklan atau artis sinetron? Biasanya yang bule-bule gitu kan laris banget. Wkwkwk.

Kardaya berharap, dengan kebijakan tersebut, jabatan setingkat direktur, manajer dan jabatan tinggi lainnya di perusahaan tak akan lagi diduduki oleh pekerja dari luar.

Wahh, ini beneran? Bisa ngasih garansi apa nih?  Terus, kira-kira butuh berapa lama tenaga kerja kita bisa belajar? (E36)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

#Trending Article

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

AHY Bukan Jodoh Anies di 2024?

Partai Demokrat telah umumkan dukung Anies Baswedan sebagai capres 2024 tetapi serahkan cawapres ke Anies. Apakah AHY bukan jodoh Anies?

Janji Anies untuk Prabowo Palsu?

Sandiaga Uno menyebutkan bahwa Anies Baswedan punya sebuah perjanjian dengan Prabowo Subianto. Apakah janji itu hanya janji palsu?

Jabatan Kades Mirip One Piece?

Demonstrasi kepala desa (kades) tuntut perpanjangan masa jabatan hingga 9 tahun. Apakah para kades ingin bisa seperti anime One Piece?

Kapal Anies ‘Diserang’ Ular?

Mantan Gubernur Banten Wahidin Halim dikirimi ular ketika akan bertemu Anies Baswedan. Apakah kapal Anies tengah 'diserang' ular?

Sudah Saatnya Prabowo Contoh Megawati?

Partai Gerindra tetap kukuh usung Prabowo Subianto sebagai capres. Apakah seharusnya ini saatnya Prabowo contoh cara Megawati?

Di Balik Usul Imin Hapus Gubernur

Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) usul hapuskan jabatan gubernur karena melelahkan dan hanya jadi penghubung pusat-daerah. Mengapa?

Mungkinkah “The Last of Us” di Dunia Nyata?

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin angkat bicara soal The Last of Us (2023). Apakah Menkes ikut cemas soal wabah zombie?

More Stories

Abdi Negara Terbelenggu Kemiskinan?

"Oemar Bakri, Oemar Bakri, pegawai negeri…” ~Lirik Lagu Oemar Bakri -  Iwan Fals PinterPolitik.com Jadi pegawai negeri itu merupakan impian banyak orang. Pokoknya jadi PNS itu...

Luhut Panjaitan Memeluk Orba

"Luka tidak memiliki suara, sebab itu air mata jatuh tanpa bicara." ~Dilan 1990 PinterPolitik.com Orde Baru masih menjadi sejarah yang amat menakutkan dari sebagian besar masyarakat....

Ma’ruf Amin yang Terbuang?

"Sebagai kekasih, yang tak dianggap aku hanya bisa mencoba mengalah. Menahan setiap amarah…” ~Lirik Lagu Kekasih yang Tak Dianggap – Kertas Band PinterPolitik.com Jika di dunia...