HomeCelotehAnies Irit, DPRD Ngambek

Anies Irit, DPRD Ngambek

“Pikiran tanpa isi adalah kosong, intuisi tanpa konsep adalah buta.” ~Immanuel Kant


PinterPolitik.com

[dropcap]G[/dropcap]imana menurut kalian soal Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa) Pemprov DKI yang mencapai Rp13 triliun? Jumlah itu lebih tinggi hampir dua kali lipat dari tahun sebelumnya yang hanya Rp 6,6 Triliun, lho? Kabarnya DPRD sampe ngomel-ngomel, tuh. Masa ngabisin duit aja nggak bisa, huh?

Ya, sebenernya ini bukan soal keahlian menghabiskan uang, sih, tapi lebih tepatnya itu soal kemampuan pemerintah menyerap anggaran. Besarnya Silpa itu bukan suatu hal yang membanggakan, tapi bikin kesel iya. Hehe, sabar dulu, ya. Lebih baik kita telaah dulu pembelaan dari kubu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Menurut Anies, besarnya jumlah Silpa merupakan hasil dari penghematan yang dilakukan pemerintahannya. Sementara itu, Sekretaris Daerah Saefullah pun menuturkan kalau jumlah Rp 13,1triliun itu sudah termasuk dari dana transfer Pemerintah Pusat sebagai dana bagi hasil di akhir tahun sebesar Rp 4,29 triliun dan dana pelampauan target pajak sebesar Rp 2,2 triliun.

Hm, mungkin anggota dewan bisa maklum kalau alasannya karena over target pendapatan. Namun nyatanya, ada beberapa rencana kebijakan yang tidak terealisasi, dan itu sungguh mengecewakan anggota DPRD sodara-sodara.

Dengan sisa dana sebesar itu, ternyata ada sekolah yang tidak jadi dieksekusi, dan beberapa puskesmas yang dikembalikan dananya karena kondisi lapangan berbeda. Nah, itu berarti tingginya jumlah Silpa dikarenakan realisasi penyerapan anggaran belanja daerahnya kurang maksimal. Ckckck. Wajar gak sih kalau eike curiga ada yang janggal?

Kalau menurut pribadi eike sendiri, yaa.. membesar-besarkan Silpa itu agak kurang berfaedah, ya. Wajar kalo DPRD kesel, waktu pengajuan anggaran minta ini-itu, pas sudah dikasih dana besar malah tidak digunakan dengan maksimal. Ingat loh, Pak, buat pembangunan kota jangan irit-iritlah. Apalagi Jakarta itu kan ibukota negara. Ini serius cuma ngingetin lho yaaa..

Baca juga :  Kapal Anies 'Diserang' Ular?

Hayolooo, saking keselnya, Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi sampai menolak menandatangani laporan pertanggungjawaban APBD 2017. Jadi, mau dibawa kemana si Silpa itu pada akhirnya? Jeng.. jeng!!! (E36)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

#Trending Article

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Prabowo dan Kucing-kucing Politik

Ketum Gerindra Prabowo Subianto menyapa followers-nya dengan foto kucing di Twitter. Inikah kucing-kucing politik ala Prabowo Subianto?

Siapa Cocok Jadi Cawapres Ganjar?

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebut eksistensi calon pengantin adalah syarat pertama nikah. Bagaimana dengan cawapres buat Ganjar?

Kaesang, Milenial-Gen Z Tipikal?

Putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, dikabarkan tertarik untuk masuk politik. Apakah Kaesang ini Milenial-Gen Z tipikal?

Di Balik ‘Panggil-panggil’ ala Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) panggil banyak figur, mulai dari menteri, pimpinan partai, pimpinan ormas, hingga akademisi. Ada apa di balik ini?

Ganjar Perlu Kalkulasi Lagi di 2024?

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkunjung ke Rawon Kalkulator di Surabaya. Apa Ganjar perlu belajar 'kalkulasi' 2024 ke mereka?

Janji Anies untuk Prabowo Palsu?

Sandiaga Uno menyebutkan bahwa Anies Baswedan punya sebuah perjanjian dengan Prabowo Subianto. Apakah janji itu hanya janji palsu?

AHY Bukan Jodoh Anies di 2024?

Partai Demokrat telah umumkan dukung Anies Baswedan sebagai capres 2024 tetapi serahkan cawapres ke Anies. Apakah AHY bukan jodoh Anies?

More Stories

Abdi Negara Terbelenggu Kemiskinan?

"Oemar Bakri, Oemar Bakri, pegawai negeri…” ~Lirik Lagu Oemar Bakri -  Iwan Fals PinterPolitik.com Jadi pegawai negeri itu merupakan impian banyak orang. Pokoknya jadi PNS itu...

Luhut Panjaitan Memeluk Orba

"Luka tidak memiliki suara, sebab itu air mata jatuh tanpa bicara." ~Dilan 1990 PinterPolitik.com Orde Baru masih menjadi sejarah yang amat menakutkan dari sebagian besar masyarakat....

Ma’ruf Amin yang Terbuang?

"Sebagai kekasih, yang tak dianggap aku hanya bisa mencoba mengalah. Menahan setiap amarah…” ~Lirik Lagu Kekasih yang Tak Dianggap – Kertas Band PinterPolitik.com Jika di dunia...