HomeNalar PolitikIndonesia Perlu Bela Palestina?

Indonesia Perlu Bela Palestina?

Kata Pak Anies, Indonesia perlu membela Palestina karena Indonesia ‘berutang’ kepada negara tersebut. Benarkah begitu?


PinterPolitik.com

[dropcap]S[/dropcap]emenjak Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengeluarkan klaim bahwa Yerusalem adalah ibukota Israel. Hampir seluruh belahan dunia mendadak kebakaran jenggot. Indonesia termasuk salah satu negara yang mengecam kebijakan Trump tersebut.

Bahkan ada aksi yang bertajuk ‘Bela Palestina’ di Monumen Nasional (Monas), Minggu (17/12). Pelataran Monas menjadi padat karena disesaki oleh lautan manusia. Turut hadir Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam acara tersebut.

Ia menganggap aksi Trump itu sangat fatal, bahkan menjadi salah satu bentuk penjajahan. Ia bilang sudah seharusnya Yerusalem menjadi ibukota Palestina. Kok semudah itu membuat klaim ya Pak? Mau saingan sama Donald Trump juga?

Ia juga menambahkan bahwa ‘aksi 1712’ ini sebagai bentuk dukungan Indonesia kepada Palestina, karena Indonesia memiliki ‘utang’ terhadap negara tersebut. Wah, utang apa ya, Pak?

Konon katanya, Palestina termasuk salah satu negara yang paling awal mengakui kemerdekaan Indonesia. Masa sih Pak? Bukankah Palestina baru merdeka tahun 1988 ini?

Pernyataan Pak Anies banyak mengundang kritikan dari netizen. Salah satunya terlihat dari cuitan pemilik akun yang bernama @IAMbibwoon. Ia mengatakan bahwa mantan Menteri Pendidikan dan kebudayaan tersebut dinilai kurang paham dengan maksud Trump sehingga dengan mudah memberi klaim tersebut.

Sebenarnya sah-sah aja sih, kalo Indonesia ikut terlibat dalam aksi bela Palestina. Sebagai sesama negara Islam itu adalah sebuah kewajaran. Yang penting dijalankan tanpa kekerasan dan tetap mengutamakan kebaikan bersama. Tapi, jangan sampai kehilangan fokus dengan sejumlah pe-er yang masih menumpuk di dalam negeri ini.

Baca juga :  Anies, Petarung Pilihan Mega Lawan Jokowi? 

Jangan lupa, korupsi dan kemiskinan di negeri ini masih tinggi. Selain itu, perlu ada kepedulian yang lebih terhadap saudara-saudara yang menjadi korban bencana alam. Misalkan, menggalang bantuan terhadap korban gempa bumi di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Kalau yang berdomisilih di Jakarta, mari yok kita bareng-bareng nyari solusi untuk atasi banjir di Jakarta. Bukankah itu lebih baik? Atau gimana menurutmu, bro-sist? (K-32)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutna
spot_imgspot_img

#Trending Article

Krisis Kader, Megawati Harus Waspada?

Pilgub 2024 dipenuhi calon-calon kuat yang sebagian besar tidak berasal dari ‘rahim’ PDIP. Hal ini berbeda jauh dari penyelenggaraan Pilgub-pilgub tahun-tahun sebelumnya. Mengapa demikian? 

Prabowo Cari Pengganti Erick Thohir?

Posisi Menteri BUMN adalah salah satu jabatan krusial dalam pemerintahan, termasuk bagi kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming nanti.

Mengapa Kaesang Ngebet ke Anies?

Meski Anies Baswedan tampak menghindar dari wacana dipasangkan dengan Kaesang, putra bungsu Jokowi itu tampak tetap tertarik. Mengapa?

Mengapa Islamophobia Tinggi di Eropa?

Islamophobia menjadi horor yang terus menghantui Benua Eropa. Mengapa kebencian ini bisa terus ada?

Mungkinkah PDIP Jerumuskan Anies di Jakarta?

Sinyal dukungan PDIP kepada Anies Baswedan untuk berlaga di Pilkada Jakarta 2024 terus menguat. Namun, selain dinilai karena kepentingan pragmatis dan irisan kepentingan sementara belaka, terdapat interpretasi lain yang kiranya wajib diwaspadai oleh Anies dan entitas yang benar-benar mendukungnya.

Anies, Petarung Pilihan Mega Lawan Jokowi? 

Anies Baswedan sepertinya jatuh dalam bidikan PDIP untuk menjadi Cagub dalam Pilgub Jakarta. Mungkinkah Anies jadi pilihan yang tepat? 

Ahmad Luthfi, Perang Psikologis PDIP di Jateng?

Meski masih aktif, relevansi Kapolda Jateng Irjen Pol. Ahmad Luthfi untuk menjadi calon gubernur Jawa Tengah terus meningkat setelah PAN sepakat mengusungnya. Aktor politik alternatif tampaknya memang sedang mendapat angin untuk merebut Jawa Tengah di ajang non-legislatif dari PDIP dengan operasi politik tertentu. Benarkah demikian?

Bahaya IKN Mengintai Prabowo?

Realisasi investasi di proyek IKN hanya menyentuh angka Rp47,5 triliun dari target Rp100 triliun yang ditetapkan pemerintah.

More Stories

PDIP dan Gerindra Ngos-ngosan

PDI Perjuangan dan Gerindra diprediksi bakal ngos-ngosan dalam Pilgub Jabar nanti. Ada apa ya? PinterPolitik.com Pilgub Jabar kian dekat. Beberapa Partai Politik (Parpol) pun mulai berlomba-lomba...

Arumi, ‘Srikandi Baru’ Puan

Arumi resmi menjadi “srikandi baru” PUAN. Maksudnya gimana? PinterPolitik.com Fenomena artis berpolitik udah bukan hal baru dalam dunia politik tanah air. Partai Amanat Nasional (PAN) termasuk...

Megawati ‘Biro Jodoh’ Jokowi

Megawati tengah mencari calon pendamping Jokowi. Alih profesi jadi ‘biro jodoh’ ya, Bu? PinterPolitik.com Kasih sayang dan pengorbanan seorang ibu laksana lilin yang bernyala. Lilin...