HomeCelotehPasangan Anies-AHY Cocok di 2024

Pasangan Anies-AHY Cocok di 2024

“Bisa jadi Anies-AHY dianggap duet mengerikan, sehingga Anies di-bully, juga AHY mau digoyang di partainya”. – Muslim Arbi, Pengamat Politik


PinterPolitik.com

Tak ada musuh yang abadi dalam politik. Kawan bisa jadi lawan, lawan bisa jadi kawan. Itu adalah salah satu adagium paling umum. Selama disatukan oleh kepentingan yang sama, maka kubu-kubu yang saling berseberangan pun bisa menjadi teman.

Nah, hal inilah yang wacananya tengah dibicarakan oleh beberapa pihak. Ini terkait kemungkinan memasangkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada Pilpres 2024 mendatang.

Iyess, jadi pasangan pada Pilpres mendatang cuy. Bahkan duet ini bisa menjadi duet yang paling mengerikan pada Pilpres 2024 nanti. Beh, udah pakai kata mengerikan nih yang susah. Buat yang udah lupa, Anies dan AHY dulunya jadi musuh dalam persaingan memperebutkan kursi kekuasaan di Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu.

Baca Juga: Mudah Membaca Logika Kekuasaan Jokowi

Tapi, pendapat memasangkan Anies dan AHY ini sebetulnya merujuk pada hasil survei yang dikeluarkan oleh Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA). Hmm, lembaga apa pula ini. Uppps.

Nah, survei CISA menempatkan AHY di posisi kedua dengan elektabilitas 16,9 persen loh. AHY unggul atas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (16,5 persen) dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (12,9 persen).

Namanya hanya kalah dibanding Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang berada di puncak dengan 20,7 persen.Wih, jadi kalau memasangkan Anies dan AHY artinya memasangkan sosok terkuat dengan yang kedua terkuat. Versi survei CISA tentunya. Uppps. Hehehe.

Konteksnya juga akan tambah menarik karena partai yang dipimpin oleh AHY – Partai Demokrat – sempat mengalami gejolak beberapa waktu terakhir setelah ramai beredar tuduhan kudeta yang melibatkan sosok Kepala Staf Presiden, Moeldoko.

Baca juga :  Mengurangi Polarisasi Agama, Berkaca dari Pemilu 2024

Sementara Anies udah jadi rahasia umum kalau doi kerap mengambil kebijakan yang sering bertolak belakang dengan pemerintah pusat.

Jadi bisa dibilang, Anies-AHY akan jadi pasangan kontra pemerintah pusat gitu ya? Uppps. Well, kalau “musuhnya” sama, maka jadi mudah untuk dieksekusi langkah-langkah strategisnya kali ya. Hehehe.

Menarik untuk ditunggu, apakah pasangan ini beneran bisa terwujud. (S13)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

#Trending Article

More Stories

Misteri Post Power Jokowi

Setelah dua periode memimpin Indonesia, masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berakhir.

Menkominfo dan Kegagalan Menteri “Giveaway” Jokowi?

Menkominfo Budi Arie tengah mendapatkan sorotan dari banyak pihak. Ini pasca kasus peretasan yang terjadi pada Pusat Data Nasional oleh peretas Brain Chiper.

Royal Rumble Pilkada: Jokowi vs Mega vs Prabowo

Pilkada 2024 akan makin menarik karena melibatkan pertarungan perebutan pengaruh para elite. Ini penting karena kekuasaan di level daerah nyatanya bisa menentukan siapa yang paling berpengaruh di level elite.