Support Us

Available for Everyone, funded by readers

Contribute
E-Book
Home > Celoteh > Mengapa Luhut ‘Sayang’ Tiongkok?

Mengapa Luhut ‘Sayang’ Tiongkok?


A43 - Friday, June 18, 2021 20:00
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan (kanan) berpose bersama Menteri Luar Negeri Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Wang Yi ketika bertemu di Parapat, Sumatera Utara, pada Januari 2021 lalu. (Foto: Kemenko Marves)

0 min read

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta masyarakat untuk tidak terus-meneruh marah kepada Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Mengapa Luhut tampak seperti begitu ‘sayang’ kepada Tiongkok?


PinterPolitik.com

Siapa sih di antara kalian yang dulu nggak nonton seri-seri anime dan kartun seperti Naruto (2002-2007), Dragon Ball Z (1989-1996), dan Avatar: The Last Airbender (2005-2008)? Sebagian besar dari kalian yang masuk dalam generasi milenial dan generasi Z pasti pernah lah ya nonton seri-seri tersebut.

Jujur aja, mimin suka banget nonton seri-seri kartun dan anime tersebut. Setiap akhir pekan, mimin yang dulu masih kecil pasti udah mantengin televisi (TV) untuk menonton berbagai seri kartun dan anime kesayangan mimin.

Meski masing-masing seri tersebut memiliki jalan cerita yang berbeda, ada satu hal yang menurut mimin bisa ditemukan di setiap seri kartun dan anime itu. Hal itu adalah kehadiran karakter utama yang memiliki kekuatan dahsyat.

Nggak percaya? Coba aja lihat Naruto. Dia ternyata memiliki sumber chakra yang sangat besar dengan kehadiran Kyuubi di dalam tubuhnya. Selain Naruto, ada juga Aang yang bisa mengendalikan banyak elemen sebagai seorang avatar.

Mimin sih langsung senang kalau Aang dan Naruto datang menyelamatkan teman-temannya. Rasanya, kalau si lakon udah datang, berbagai persoalan akan berujung menjadi baik.

Baca Juga: Bila Luhut Bermimpi Punya Nuklir

Pujian Luhut untuk Tiongkok

Nah, mungkin nih, persepsi dan perasaan seperti ini juga muncul di Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan ketika memandang Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Gimana nggak? Dari kemarin, Pak Luhut ini memuji Tiongkok terus.

Sampai-sampai nih, Pak Luhut bilang ke masyarakat Indonesia agar tidak terus-menerus marah kepada Tiongkok. Menurut Pak Menko Marves, Tiongkok adalah negara high-end yang mampu memberikan manfaat kepada Indonesia lho.

Hmm, apa mungkin, di mata Pak Luhut, Tiongkok ini merupakan karakter utama yang serba bisa dan serba dahsyat ya? Soalnya, Pak Menko Marves ini sepertinya suka banyak sisi si Tiongkok sih – mulai dari penanganan pandemi Covid-19 sampai produksi bahan obat kelas dunia.

Tapi, hati-hati nih, Pak Luhut. Aang dan Naruto kalau meski kuat banget bisa nyakitin teman-temannya sendiri lho. Beeuh, kalau Aang udah avatar mode, bisa berabe deh semuanya.

Kalau Tiongkok, bisa juga nggak ya nyakitin teman-temannya sendiri? Soalnya nih, dengar-dengar, Tiongkok belum bisa diredam nih soal klaimnya di Laut China Selatan (LCS). Hmm, Laut Natuna Utara gimana ya kabarnya, Pak Luhut? (A43)

Baca Juga: Siasat Luhut ‘Lenyapkan’ Batu Bara


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Berita Terkait