HomeCelotehKetika Sri Mulyani ‘Kebanjiran’ Utang

Ketika Sri Mulyani ‘Kebanjiran’ Utang

“The debt I owe, gotta sell my soul” – Billie Eilish, penyanyi asal Amerika Serikat (AS)


PinterPolitik.com

Di tengah sorotan media dan publik yang sedang mengarah banyak pada para menteri baru seperti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (Risma), tampaknya ada satu menteri yang sedang gundah nih hatinya, yakni Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati (Ani).

Gimana nggak? Bu Menkeu kayak-nya sedang mendapatkan tugas yang berat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kali ini, Bu Ani harus memutar otak nih agar keputusan Pak Jokowi untuk menggratiskan vaksinasi Covid-19 dapat bebas dari biaya bagi masyarakat.

Belum lagi nih, Bu Ani ini terus-terusan menghadapi berbagai cecaran kritik dari banyak pihak. Mantan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK), misalnya, sempat bilang kalau utang luar negeri Indonesia sudah sangat besar. Bahkan, bisa-bisa anggaran hanya mampu membayar bunganya saja lho.

Selain Pak JK, kritik soal utang luar negeri ini juga sering lho diungkapkan oleh mantan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Rizal Ramli (RR). Dulu, kan, pernah tuh Pak RR sampai menyematkan julukan “Ratu Utang” pada Bu Ani. Hmm.

Nggak hanya Pak JK dan Pak RR, sorotan soal utang luar negeri ini juga sempat jadi perhatian bagi warganet Indonesia lho. Sampai-sampai, ada yang mengusulkan agar pemerintahan Jokowi bisa memanfaatkan pendapat AdSense YouTube milik Pak Jokowi. Lumayan tuh banyak yang nonton. Hehe.

Baca Juga: Vaksin Gratis Bikin Sri Mulyani Pusing?

2021 Lebih Baik dari 2020

Alhasil, Bu Ani ini kemarin mencurahkan isi hatinya (curhat) lho. Kata Bu Menkeu, mengurus negara ini bak menjadi seorang ibu rumah tangga.

Baca juga :  Pilpres Studios

Kata beliau, ibu rumah tangga akan selalu memikirkan nasib keluarganya. Ketika ada yang sakit, seorang ibu rumah tangga bakal sibuk merawat mereka. Bahkan nih, tidak jarang ibu rumah tangga juga mengurusi keuangan keluarganya lho – apalagi urusan belanja. Hehe.

Wah, kalau berperan layaknya ibu rumah tangga negara Indonesia ini, Bu Ani ini bisa-bisa makin banyak “sakit”-nya nihGimana nggakMikirin janji-janji Pak Jokowi kepada masyarakat aja Bu Ani bilang bisa sakit perut.

Kalau sekarang ditambah berbagai kritik dan cecaran gini, bisa-bisa Bu Ani sekarang pakai koyo di mana-mana nih saking capek-nya. Apalagi nih, dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19 belum sepenuhnya terselesaikan tuh.

Hmm, kasihan uga sih kalau Bu Ani harus makin pusing, sakit perut, bahkan sampai pegal-pegal karena perannya sebagai ibu rumah tangga. Ya, semoga aja utangnya nggak sia-sia jadi ladang korupsi lagi aja sihHehe. (A43)

Baca Juga: Sri Mulyani dan Perangkap Tsunami Finansial

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutna
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

#Trending Article

More Stories

Simpati, ‘Kartu’ Rahasia Prabowo?

Prabowo meminta relawan dan pendukungnya untuk tidak berdemo agar jaga perdamaian dan tensi politik. Apakah ini politik simpati ala Prabowo?

Puan Maharani ‘Reborn’?

Puan Maharani dinilai tetap mampu pertahankan posisinya sebagai ketua DPR meski sempat bergulir wacana revisi UU MD3. Inikah Puan 'reborn'?

Kenapa PDIP PDKT ke Khofifah?

PDIP berusaha merayu dan mendekat ke Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Mengapa PDIP memutuskan untuk PDKT ke Khofifah?