HomeCelotehAmien Rais Mau “Pensiun”?

Amien Rais Mau “Pensiun”?

“The war is just beginning and I will not be the last Jedi” – Luke Skywalker, Star Wars: Episode VIII – The Last Jedi (2017)


PinterPolitik.com

Hari Jumat lalu disebut-sebut bakal menjadi peristiwa ketika sejarah terulang lagi. Gimana nggak? Aksi 1812 kemarin sempat disebut-sebut bakal jadi peristiwa politik penting lagi bagi Front Pembela Islam (FPI) dan Persaudaraan Alumni (PA) 212 setelah sebelumnya pernah mengadakan aksi protes besar-besaran pada tahun 2016 silam – dikenal sebagai Aksi 212.

Bila diingat kembali, banyak lho tokoh yang akhirnya menghadiri berbagai kegiatan dan aksi yang dijalankan oleh kelompok-kelompok seperti FPI-PA 212. Bahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri dulu juga sempat menghadiri salah satu aksi mereka.

FPI-PA 212 juga udah melaksanakan kegiatan sebelum Aksi 1812 kemarin lho, yakni Reuni 212 yang diadakan pada 2 Desember 2020. Berbeda dengan aksi biasanya, kelompok-kelompok yang dipimpin oleh Habib Rizieq Shihab (HRS) ini menggelar acara itu secara online.

Tokoh-tokoh nasional pun hadir secara virtual – mulai dari pendiri Partai Ummat Amien Rais, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, hingga Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon. Wahemang banyak teman ya HRS ini.

Tapi nih, uniknya, setelah HRS ditangkap, Pak Amien Rais malah nggak mau lho ikutan Aksi 1812 yang bertujuan untuk menuntut pembebasan HRS dan keadilan bagi enam anggota Laskar FPI yang tewas tertembak. Katanya sih, Pak Amien merasa dirinya udah sepuh.

Baca Juga: Amien Rais Tiru Ambisi Mahathir?

Aksi Amien Rais untuk Rizieq

Waduh, apakah Pak Amien udah mau pensiun nih dari dunia aksi dan demonstrasi? Kan, Pak Amien dulu dikenal sebagai salah satu tokoh Reformasi dan ikut aksi-aksi pada tahun 1998 yang menuntut agar Presiden Soeharto lengser lho.

Tapi, tenang dulu. Pendiri Partai Ummat tersebut bilang kalau beliau tetap berjuang kok. Kabarnya sih, beliau ingin berjuang dengan mencari waktu untuk bertemu dengan Pak Jokowi untuk membicarakan persoalan-persoalan yang dituntut oleh para pendemo.

Hmm, sebenarnya keputusannya Pak Amien bisa jadi benar sih. Kan, untuk benar-benar menerapkan protokol kesehatan di demonstrasi pasti susah. Apalagi, Pak Amien Rais kan usianya udah cukup banyak.

Mungkin nih, Pak Amien ingin niru Luke Skywalker di film Star Wars: Episode VIII – The Last Jedi (2017) yang sebelumnya berjuang dari belakang nihTapi sih, Luke sendiri tetap terjun ke lapangan lho dan menghadapi Kylo Ren meski usianya sudah lanjut.

Ya, terlepas dari itu semua, Pak Amien nggak salah juga kokgengs. Mungkin, seperti rekan perjuangan reformasinya dulu – yakni Bu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Pak Amien juga diminta oleh anaknya untuk tidak keluar-keluar dulu di tengah pandemi. Stay healthy ya, gengs. (A43)

Baca Juga: Menguak Logo Ummat ala Amien Rais

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

#Trending Article

More Stories

Simpati, ‘Kartu’ Rahasia Prabowo?

Prabowo meminta relawan dan pendukungnya untuk tidak berdemo agar jaga perdamaian dan tensi politik. Apakah ini politik simpati ala Prabowo?

Puan Maharani ‘Reborn’?

Puan Maharani dinilai tetap mampu pertahankan posisinya sebagai ketua DPR meski sempat bergulir wacana revisi UU MD3. Inikah Puan 'reborn'?

Kenapa PDIP PDKT ke Khofifah?

PDIP berusaha merayu dan mendekat ke Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Mengapa PDIP memutuskan untuk PDKT ke Khofifah?