HomeBelajar PolitikTiongkok Terbang ke Bulan

Tiongkok Terbang ke Bulan

Tiongkok menjadi negara ketiga setelah Amerika Serikat (AS) dan Rusia, yang berhasil mendarat di bulan.


PinterPolitik.com

HAINAN – Tiongkok dikabarkan menyiapkan rencana lanjutan proyek ambisius pendaratan di Bulan. Di satelit bumi tersebut, misi tanpa awak Tiongkok itu akan mengambil sampel material bulan. Pendaratan ke Bulan direncanakan berlangsung pada November 2017.

Laporan China Aerospace Sains and Technology Corporation (CASC), yang dikeluarkan pada Senin lalu, mengungkapkan bahwa misi bertajuk Chang’e-5 akan dilaksanakan di Pusat Peluncuran Wenchang, Provinsi Hainan, Tiongkok, dengan menggunakan roket pendorong Long March-5.

“Tiongkok telah menetapkan tahap pengembangan program eksplorasi ruang angkasa hingga 2020, termasuk misi pendaratan di permukaan bulan,” kata Direktur Badan Antariksa Tiongkok, Wang Zhaoyao.

Sebelumnya, Tiongkok telah meluncurkan misi ulang-alik pertama ke bulan dengan pesawat ruang angkasa robotik pada 2014. Sempat mengalami gangguan, robot itu mampu beroperasi hingga 2016. Misi itu membuka jalan bagi rencana program negara itu membawa kembali sampel bulan.

Misi tersebut dirancang guna mengumpulkan data eksperimental dan mengkonfirmasi teknologi masuk kembali ke bumi, seperti panduan, navigasi dan kontrol, perisai panas, serta desain lintasan.

Ye Peijian, konsultan misi tersebut mengatakan bahwa Tiongkok berencana memenuhi tiga langkah strategis dalam misi Chang’e-5, yakni “mengorbit, mendarat dan kembali.” Ia menuturkan misi Chang’e-5 adalah tahapan ketiga misi ke bulan yang ditetapkan Cina.

“Setelah kesuksesan misi Chang’e 3, eksplorasi Bulan akan memasuki fase ketiga, dengan tujuan koleksi material bulan secara otomatis tanpa awak dan membawanya ke bumi,” katanya.

- Advertisement -

Misi Chang’e-5 yang tidak hanya mendarat tetapi juga membawa sampel material bulan ke bumi, seperti misi Apollo pada era 1970-an.

Tiongkok menjadi negara ketiga setelah Amerika Serikat (AS) dan Rusia, yang berhasil mendarat di bulan. Apa yang akan didapat dari misi ini? Menarik untuk menantikannya pada November 2017 nanti. (Tmp/S13)

Baca juga :  Perang! IMF Lebih Kejam Dari Tiongkok?

#Trending Article

Thomas Lembong, ‘Tangan Kanan’ Anies?

Sosok mantan Menteri Perdagangan Thomas Lembong tampak selalu dampingi Anies Baswedan di Eropa. Apa Thomas kini 'tangan kanan' Anies?

SIN Pajak Lunasi Semua Utang Negara?

Menurut mantan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Dr. Hadi Poernomo, Single Identity Number (SIN) Pajak dapat melunasi semua utang negara. Bagaimana mungkin itu bisa...

Lin Che Wei, The Unknown Strongman?

Lin Che Wei menjadi nama menarik yang muncul dalam pusaran korupsi ekspor CPO dan produk turunannya termasuk minyak goreng. Dia dianggap memegang peran penting...

Erdoğan, Kuda Troya Penghancur NATO?

Penolakan Turki terhadap wacana keanggotan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) Finlandia dan Swedia menjadi kejutan bagi publik. Mengapa Presiden Recep Tayyip Erdoğan berani bertindak demikian? 

Kok BNPT Bersyukur UAS Dicekal?

Ustaz Abdul Somad (UAS) dilarang masuk ke Singapura lantaran dianggap sering menyebar ajaran ekstremis. Melalui pernyataannya, Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) terlihat mengapresiasi hal itu. Lantas, mengapa BNPT mengeluarkan pernyataan demikian? 

Airin-Sahroni Hadang Gibran di Jakarta?

Nama mantan Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany kembali dipromosikan untuk bertarung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta mendatang. Namun, apakah...

“Permainan Bahasa” Anies Ganggu PDIP?

PDIP dan PSI persoalkan penamaan Jakarta International Stadium (JIS) yang gunakan Bahasa Inggris. Apakah ini permainan bahasa Anies vs PDIP?

Tiongkok, Senjata Marcos Jr. Tekan AS?

Terpilihnya Ferdinand Marcos Jr. alias Bongbong diprediksi akan bawa Filipina lebih dekat ke Tiongkok daripada AS. Apa kira-kira alasan Bongbong?

More Stories

Ini Alasan Anies Kalahkan Prabowo

Sekitar 23 ribu jemaat menghadiri Sholat Idul Fitri di Kawasan Jakarta International Stadium (JIS) sepekan yang lalu. Sebagai stadion yang dibangun di era kekuasaan...

Jokowi, Luhut dan Political Amnesia

Kunjungan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan ke pabrik perakitan kendaraan listrik Tesla mencuri perhatian banyak pihak. Selain karena pertemuannya dengan orang terkaya di dunia...

Jokowi dan The Blood Oil of Russia

Di tengah perang yang terjadi antara Ukraina dan Rusia, isu energi menjadi salah satu konsen utama. Ini karena Rusia jadi produsen minyak terbesar ketiga...