HomeCelotehTagar Bengis Pengikis Humanis

Tagar Bengis Pengikis Humanis

“Kami selalu turun (ke acara) tertib, tidak pernah ada yang namanya gesekan dengan siapa pun karena kami menjaga akhlakul karimah. Jadi kemungkinan ada oknum yang ingin merusak,” ~ Gerakan Pemuda Jakarta (GPJ), Ade Selon.


PinterPolitik.com

[dropcap]G[/dropcap]uys, apa agenda kalian Minggu kemarin? Bagi kalian yang ada di Jakarta, pasti banyak lah ya yang mencoba aktivitas olahraga pagi di Car Free Day (CFD) di Kawasan Thamrin, Jakarta Pusat. Nah, ada insiden yang gak banget nih di CFD tanggl 29 April kemarin. Aktivitas olahraga mingguan itu dikotori oleh insiden intimidasi antar sesama pengguna CFD.

Kebetulan sih, saat itu memang ada agenda jalan pagi dari massa dengan atribut kaus #DiaSibukKerja. Belakangan ternyata massa beratribut kaus #2019GantiPresiden juga menyelenggarakan acar yang sama. Waduh, kok bisa barengan gini. Kalau kedua massa ketemuan kan mereka bisa tauran rame-rame tuh.

Denger-denger sih, sebenernya penyelenggaraan jalan sehat #2019GantiPresiden yang dipelopori oleh Gerakan Pemuda Jakarta tidak mendapatkan izin dari kepolisian karena sudah ada acara sejenis terlebih dahulu yang masuk dalam agenda CFD. Tapi ya nyatanya gak diindahkan tuh, mereka tetep maksa.

Masalahnya pertemuan dua kubu berlawanan pandangan politiknya ini di lapangan ternyata menimbulkan pergesekan horizontal. Dalam video yang beredar di media sosial, tampak terlihat ada beberapa peserta lomba jalan dengan atribut kaus #DiaSibukKerja yang terpisah dari rombongannya.

Tagar Bengis Pengikis Humanis

Ya bak kerumunan anjing herder yang melihat seekor anjing chihuahua yang sedang terpisah dari koloninya, sekerumunan peserta lomba jalan dengan atribut kaus #2019GantiPresiden tampak mengintimidasi individu berkaus #DiaSibukKerja. Lah emangnya mereka secara personal bermusuhan ya?

Begini nih efek konsekuensi logis dari ekses negatif politik praktis yang ditunjukan para elit politik negeri ini dalam memperebutkan kekuasaan. Alih-alih demokratis dan sportif, keberadaan tagar ini justru mencederai sisi humanis dari masyarakat sebagai pemilik suara yang sah. Aduh, ancur minah!

- Advertisement -

 

Baca juga :  Demokrat Dijauhi, PDIP Introvert?

Tagar Bengis Pengikis Humanis

Adanya intimidasi seperti ini bisa aja diakibatkan pendidikan politik masyarakat kita yang tidak merata. Mereka belum cukup dewasa dalam menyikapi perbedaan di tataran kehidupan sosial. Gak peduli itu wanita ataupun anak-anak, kalau berbeda pandangan politik, ya persekusi ditempat. Hadeuh.

Mereka-mereka yang rakyat kecil gak mengerti batasan perilaku yang mesti mereka tunjukan pada orang lain yang memiliki perbedaan pandangan politik. Intimidasi yang dilakukan massa berkaus #2019GantiPresiden terhadap individu yang mengenakan kaus #DiaSibukKerja yang terjadi di CFD ini mengingatkan kita pada maraknya peristiwa persekusi saat Pilkada DKI Jakarta tempo lalu. (K16)

spot_img

#Trending Article

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Membaca Pengaruh Jokowi di 2024

Lontaran ciri-ciri pemimpin yang pikirkan rakyat seperti kerutan dan rambut putih dari Jokowi jadi perbincangan. Inikah cara Jokowi relevan di 2024?

Zulhas dan Bisnis Jastip Menjanjikan

Nama Mendag Zulkifli Hasan (Zulhas) disebutkan Prof. Karomani soal kasus penitipan mahasiswa baru di Universitas Lampung (Unila).

PDIP Bakal Gabung KIB?

“Jadi warnanya tidak jauh dari yang ada di bola ini (Al Rihla)” – Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Golkar PinterPolitik.com Demam Piala Dunia 2022 Qatar rupanya...

Saatnya Jokowi Tinggalkan Relawan “Toxic”?

“Kita gemes, Pak, ingin melawan mereka. Kalau mau tempur lapangan, kita lebih banyak” –  Benny Rhamdani, Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI)  PinterPolitik.com Si vis...

Saatnya Ganjar Balas Jasa Puan?

“Ganjar itu jadi Gubernur (Jateng) jangan lupa, baik yang pertama dan kedua itu, justru panglima perangnya Puan Maharani,” –   Said Abdullah, Ketua DPP...

PDIP vs Relawan Jokowi, Rebutan GBK?

Usai acara Gerakan Nusantara Bersatu di GBK, PDIP tampak tidak terima relawan Jokowi bisa pakai GBK. Mengapa GBK jadi semacam rebutan?

PDIP Takut Jokowi “Dijilat”?

“PDI Perjuangan mengimbau kepada ring satu Presiden Jokowi agar tidak bersikap asal bapak senang (ABS) dan benar-benar berjuang keras bahwa kepemimpinan Pak Jokowi yang kaya...

More Stories

Data IDI Dengan Pemerintah Berbeda?

IDI dilaporkan data kematian Covid-19 yang berbeda dengan pemerintah. Sebut kematian telah sentuh angka 1000 sedangkan data pemerintah belum sentuh angka 600. Dinilai tidak...

MK Kebiri Arogansi DPR

"(Perubahan pasal UU MD3) sudah diputuskan hukum, iya kita sebagai negara hukum, ikut dan taat apa yang telah diputuskan MK yang final dan mengikat,"...

Gerindra ‘Ngemis’ Cari Teman

"Prioritas Gerindra tetap dengan PKS, PAN. Mungkin juga dengan Demokrat yang belum nyatakan sikap. Kita lihat PKB juga.Jadi kita akan merajut koalisi lebih intensif,...