HomeCelotehDiblokir, Kok Netflix Mau Dipajaki?

Diblokir, Kok Netflix Mau Dipajaki?

“Aduh emak asyiknya, nonton dua-duaan. Kayak nyonya dan tuan di gedongan,” – Bing Slamet, Nonton Bioskop


Pinterpolitik.com

Netflix and chill.  Itu tuh kata-kata yang sering digunakan orang-orang untuk mengajak pihak lain ke rumahnya. Sepertinya, menonton layanan dari Netflix itu memang sudah sangat mempengaruhi banyak orang sehingga mereka jadi mengaitkan berbagai sendi kehidupan dengan layanan streaming itu.

Sepertinya, pengaruh Netflix yang begitu kuat ini mulai dirasakan juga oleh pemerintah di negeri ini. Berbagai regulasi akan disiapkan untuk mengatur layanan streaming berbayar itu agar sesuai dengan kondisi yang dihadapi oleh pemerintah.

Salah satu wacana teranyar dari pemerintah untuk Netflix adalah rencana Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk mengejar pajak dari perusahaan itu. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu sempat curhat kalau dirinya masih belum bisa menarik pajak dari perusahaan digital internasional termasuk Netflix.

Padahal, perusahaan seperti Netflix itu kan mendapatkan keuntungan dari aktivitasnya di negeri ini. Oleh karena itu, pemerintah tengah menyusun peraturan perundang-undangan mengenai aturan perpajakan yang salah satu isinya akan membahas pajak bagi perusahaan seperti Netflix.

Netfilx diblokir, Netflix dipajaki Click To Tweet

Hmmm, mungkin ada benarnya juga ya wacana seperti ini, masa berbisnis dan dapat untuk di Indonesia, kok gak ada kontribusi khusus dari keuntungan itu buat negeri ini? Mungkin memang peraturan perundang-undangan di negeri ini perlu disesuaikan seiring dengan kemajuan teknologi seperti berkaca pada kasus Netflix dan perusahaan digital lain.

Meski di atas kertas wacana itu bisa memberi manfaat buat negara, rencana itu sebenarnya punya fakta yang cukup menggelitik. Netflix ini kan sebenarnya layanannya diblokir oleh perusahaan-perusahaan pemberi layanan internet pelat merah seperti Telkomsel dan Indihome. Nah, masa pemerintah mau memajaki Netflix sementara oleh perusahaan milik negara sendiri masih diblokir?

Baca juga :  Sri Mulyani dan Dilema "Ibu Negara"

Wah, pemerintah ini cuma mau uangnya aja dari Netflix atau gimana ya?

- Advertisement -

Kayaknya, pemerintah harus agak berhati-hati nih untuk urusan bisnis yang menyangkut perusahaan luar negeri. Kebanyakan regulasi mungkin bisa bikin mereka alergi terus lama-lama angkat kaki. Ya kayak Netflix sekarang ini, udah mah layanannya diblokir, eh malah mau dipajaki. Mana ada wacana mau disensor KPI juga lagi, weleh weleh.

Mungkin aja pemerintah perlu lebih mematangkan lagi rencana semacam ini. Kan kasihan juga masyarakat yang butuh hiburan gak bisa Netflix and chill lagi kalau Netflix ngambek karena terlalu banyak diregulasi. (H33)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_img

#Trending Article

Mempersoalkan Checks & Balances Indonesia

Dalam sebuah demokrasi, lembaga-lembaga pemerintahan di Indonesia sudah seharusnya menjalankan fungsi checks & balances. Namun, fungsi tersebut tak dapat jalan bila ada yang mendominasi....

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Jokowi Buat “Taj Mahal” di Solo?

“Masjid Raya Sheikh Zayed Solo akan menjadi tempat salat, pusat dakwah, dan pendidikan Islam, sekaligus pusat destinasi wisata religi baru di Solo” –  Joko Widodo...

Drama Xi vs Trudeau Bakal Berlanjut?

Sebuah video yang mana Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping di dalamnya tampak memarahi Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau viral di media...

Mantra “Yakusa” Mahfud Buat Anies?

“Siap hadir ke arena Munas Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI). Yakin usaha sampai (Yakusa) untuk membangun insan cita HMI” –   Mahfud MD,...

PDIP Takut Jokowi “Dijilat”?

“PDI Perjuangan mengimbau kepada ring satu Presiden Jokowi agar tidak bersikap asal bapak senang (ABS) dan benar-benar berjuang keras bahwa kepemimpinan Pak Jokowi yang kaya...

Jokowi dan Misteri Rambut Putih

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebut pemimpin yang pikirkan rakyat punya rambut warna putih. Siapa yang dimaksud oleh Jokowi?

Biden Bikin Circle Sendiri?

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menggelar rapat darurat dengan pemimpin-pemimpin negara anggota G7 – seperti Kanada, Italia, Jerman, Prancis, Britania (Inggris) Raya, dan...

More Stories

Membaca Siapa “Musuh” Jokowi

Dari radikalisme hingga anarko sindikalisme, terlihat bahwa ada banyak paham yang dianggap masyarakat sebagai ancaman bagi pemerintah. Bagi sejumlah pihak, label itu bisa saja...

Untuk Apa Civil Society Watch?

Ade Armando dan kawan-kawan mengumumkan berdirinya kelompok bertajuk Civil Society Watch. Munculnya kelompok ini jadi bahan pembicaraan netizen karena berpotensi jadi ancaman demokrasi. Pinterpolitik Masyarakat sipil...

Tanda Tanya Sikap Gerindra Soal Perkosaan

Kasus perkosaan yang melibatkan anak anggota DPRD Bekasi asal Gerindra membuat geram masyarakat. Gerindra, yang namanya belakangan diseret netizen seharusnya bisa bersikap lebih baik...