Support Us

Available for Everyone, funded by readers

Contribute
E-Book
Home > Celoteh > The Amazing Celeng-Man

The Amazing Celeng-Man


A43 - Friday, October 22, 2021 7:00
Logo Barisan Celeng Berjuang yang dibuat oleh Eko Lephex – salah satu anggota Seknas Ganjar Indonesia (SGI) Purworejo. (Foto: Dok. Eko Lephex)

0 min read

Polemik binatang politik di tubuh internal PDIP semakin ramai diperbincangkan oleh publik dan media. Apakah ini akan menjadi sebuah pertarungan antara kubu Banteng dan kubu Celeng?


PinterPolitik.com

Setiap pahlawan memiliki backstory mereka masing-masing, termasuk para pahlawan super (superhero). Lagipula, kisah masa lampau mereka menjadi bagian hidup yang turut membentuk mereka menjadi heroes – menjadikannya sebagai kekuatan tersembunyi yang suatu saat bisa meledak.

Naruto Uzumaki, misalnya, kerap menjadi sangat kuat ketika dirinya harus menghadapi persoalan-persoalan yang berkaitan dengan sahabatnya, Sasuke Uchiha. Bahkan, backstory seperti inilah yang membuat Naruto belajar Rasengan hingga Sage Mode.

Namun, bila kita bicara soal Naruto, ada satu hal lain yang menjadi kekuatan tersembunyi mereka, yakni Kyubi (rubah berekor sembilan). Mungkin, Naruto hanyalah salah satu contoh di mana hewan menjadi sumber kekuatan.

Di komik-komik lain, seperti Marvel dan DC Comics, banyak juga pahlawan super yang memiliki kekuatan yang bersumber atau dikaitkan dengan hewan. Berikut tokoh-tokoh super yang menjadikan hewan sebagai simbol kekuatan mereka:

1. Black Panther

Black Panther merupakan salah satu tokoh pahlawan super buatan Marvel. Tokoh ini juga sempat nge-hype setelah masuk dalam rangkaian cinematic universe Marvel (MCU).

Meski kekuatannya tidak benar-benar bersumber dari kekuatan hewan, seperti namanya, Black Panther didesain berdasarkan kucing besar hitam tersebut, yakni black panther (macan kumbang).

Warna dan bentuk kostumnya, misalnya, menyerupai macan kumbang. Selain itu, sejumlah senjata yang dimilikinya – seperti cakar – juga didasarkan pada hewan tersebut.

2. Batman

Siapa yang tidak tahu Batman? Hampir semua orang pasti pernah mendengar nama pahlawan super besutan DC ini. 

Banyak elemen dari tokoh ini sangat berkaitan dengan konsep hewan kelelawar. Aksinya yang dilakukan pada malam hari, misalnya, meminjam konsep kelelawar yang merupakan hewan nocturnal – mengingat Batman memiliki backstory di mana ia kehilangan kedua orang tuanya di gang-gang gelap Gotham.

Selain itu, banyak juga elemen tokoh ini yang diberi nama “bat” – misal Batcave, Batmobile, Batarang, dan sebagainya. Lambang yang ada di kostum Batman juga selalu menyerupai bayangan kelelawar.

Baca Juga: PDIP PDIP dan Kenangan Ganjar

Tarung Celeng vs Banteng di PDIP

3. Spider-Man

Berbeda dengan Black Panther dan Batman, Spider-Man justru mendapatkan kekuatannya dari gigitan seekor laba-laba yang memiliki genetik modifikasi laboratorium. Alhasil, Spider-Man dapat memiliki kekuatan menyerupai laba-laba – seperti indera ala laba-laba (spider sense), memanjat dinding, serta kelincahan.

Spider-Man juga menjadi salah satu tokoh paling populer dari komik-komik Marvel dan MCU. Layaknya Batman, banyak juga film yang telah dibuat untuk menceritakan backstory dari tokoh ini – seperti kematian pamannya yang bernama Ben Parker.

Di sisi lain, Spider-Man juga dikenal sebagai salah satu pahlawan super yang dekat dengan masyarakat di sekitarnya, yakni di Kota New York, Amerika Serikat (AS). Mungkin, inilah mengapa Spider-Man juga identik dengan frasa “Your Friendly Neighbourhood”.

4. Celeng-Man

Celeng-Man merupakan salah satu tokoh pahlawan super yang baru. Superhero ini dikisahkan berasal dari Negara Indonesia di alternate universe Bumi-45. 

Meski tidak benar-benar memiliki kekuatan yang bersumber dari hewan celeng, Celeng-Man menggambarkan sebuah perjuangan yang unik. Pasalnya, hewan celeng sendiri memiliki banyak stereotip negatif – meski sebenarnya hewan tersebut merupakan hewan yang tangguh dan setia kawan, apalagi soal dukung-mendukung.

Banyak juga nilai positif yang diturunkan dari simbol celeng. Celengan, misalnya, merupakan kata yang digunakan sebagai sinonim dari tabungan – mengingat dalam sejarahnya banyak wadah tabungan berbentuk celeng. Mungkin, ini salah satu fortune yang dimiliki Celeng-Man dalam berjuang di tengah dunia yang penuh dengan obsesi atas Banteng-Man.

Dari empat tokoh pahlawan super di atas, adakah yang menjadi tokoh favorit kalian? Tentunya, sudah pasti setiap tokoh pahlawan super di atas memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing. 

Lagipula, dalam banyak kisah mereka, kita belajar bahwa dukungan orang-orang tersayang adalah kekuatan utama yang dimiliki setiap orang dalam menjalani kehidupan. Kira-kira, siapa nih yang bisa membuat kamu relate? (A43)

Baca Juga: Sebuah Kisah Celeng dan Banteng


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Berita Terkait