Support Us

Available for Everyone, funded by readers

Contribute
E-Book
Home > Celoteh > Susi, Si Ratu Hemat Anggaran

Susi, Si Ratu Hemat Anggaran


Z19 - Friday, December 8, 2017 17:00
Susi Pudjiastuti

0 min read

“Mendapatkan uang seperti menggali dengan jarum. Menghabiskan uang seperti air meresap ke pasir.”






PinterPolitik.com

[dropcap]B[/dropcap]u Susi kayaknya sukses ngambil gelar ‘Pahlawan Terbaik’ untuk keuangan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI. Emang apa prestasinya?

Hmmm, karena punya kekuatan mengelola keuangan rumah tangga, Bu Susi ga cuma jago dikandang, tapi dia membuktikan saat jadi Menteri KKP pun berhasil menghemat anggaran sampai Rp 8,28 triliun. Weeleeeh weleeeeh banyakkkk juga itu.

Patut diacungi jempollllll.

Karena belum tentu kementerian yang lain punya karakter yang sama kaya Bu Susi. Mungkin kalau yang lain ajukan sebesar-besarnya, masukin anggaran yang tidak perlu dan akhirnya hanya mubazir. Weleeeh weleeeh.

Membuang uang untuk sesuatu yang tidak perlu. Harusnya kementerian lain belajar sama Kementeriannya Bu Susi karena hemat anggaran dan merancang sesuatu yang sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan. Hmmm.

Kalau perlu nanti Bu Susi mengisi jadi pembicara workshop yang judulnya ‘Ayo Hemat Anggaran, Kalau Tidak? Tenggelamkan!’.

Nah pesertanya seluruh menteri di Kabinet Kerja. Weleeeeh weleeeh paling pada gengsi nanti ga pada dateng lagi. Hadeuhhhh.

Padahal kan tujuannya bagus biar menteri yang lain sadar bahwa uang itu harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Nah manfaatinnya itu bukan karena banyak dihambur-hamburkan, tapi sesuai dengan kebutuhan yang paling fundamental.

Tapi biasanya kalau orang kaya Bu Susi begini malah dimusuhin. Lah sama siapa?

Sama orang-orang yang biasa ngambil ‘proyek’ jadinya lahan basahnya ditenggelamkan Bu Susi. Tapi apa kiat-kiatnya Bu Susi bisa hemat begitu?

Menteri yang lain bolehlah nyontek dikit, lagian ga akan dihukum juga kan? Meniru kebaikan itu bagus kali ah wkwkwk

Bu Susi punya tips dan trik hemat anggaran yaitu pemimpinnya harus mengetahui secara detail harga barang tentang segala sesuatu yang ingin dibelanjakan.

Jadi kalau ada mark up anggaran di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Bu Susi pasti keluarkan jurus langsung sikat, potong, dan tenggelamkan. Hehehe (Z19)

Berita Terkait