HomeCelotehSiapa Pembimbing Sri Mulyani?

Siapa Pembimbing Sri Mulyani?

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meminta International Monetary Fund (IMF) dan Bank Dunia (WB) untuk memberikan bimbingan kepada negara-negara berkembang dan miskin dalam hal pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19, khususnya dalam mengelola beban utang. Mungkinkah IMF dan WB menjadi pembimbing Sri Mulyani?


PinterPolitik.com

Bagi mahasiswa yang telah melalui sidang skripsi – atau yang tengah mengerjakan skripsi, dosen pembimbing (dosbing) adalah sosok yang senantiasa membantu dalam penyusunan tugas yang menentukan kelulusan ini. Biasanya, dosbing akan memberikan pengetahuan dan arahan bagi mahasiswa yang mengerjakan skripsi.

Namun, namanya juga mahasiswa, skripsi kerap menjadi momok yang berat. Bahkan, sering kali, para mahasiswa dan mahasiswi merasa kelelahan dan menunda-nunda pengerjaan skripsi ini.

Meski skripsi kerap menjadi beban yang berat, tidak jarang ada juga lho mahasiswa dan mahasiswi yang tekun dan rajin dalam mengerjakannya. Terkadang, mereka akan “memburu” sang dosbing agar skripsinya segera selesai dan diloloskan untuk diajukan pada sidang.

Tapi nihnggak semua dosbing bisa available lho waktunya buat para mahasiswa dan mahasiswi bimbingannya. Nggak jarang, para dosbing justru memiliki kesibukan sendiri yang akhirnya membuat proses penyusunan skripsi para mahasiswa dan mahasiswi terhambat.

Banyak juga tuh alasannya. Misal, bisa aja sang dosbing malah sibuk mengajar kelas. Bahkan, bisa aja dosbing mereka malah sibuk mengerjakan proyek-proyek penelitian dan jarang hadir di kampus. Beeuuh, kalau udah gitu, pasti bingung tuh para mahasiswa dan mahasiswi ini.

Mungkin, kesulitan mencari pembimbing ini nggak hanya dirasakan oleh para mahasiswa dan mahasiswi tingkat akhir, melainkan juga oleh beberapa pejabat di Indonesia nih. Salah satunya adalah Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati.

Baca juga :  Mimpi Jokowi Bukan Mimpi Mega?
- Advertisement -

Baca Juga: Sri Mulyani dan Jebakan SMS Utang

Ibu Negara Jadi Presiden

Pasalnya nih, sosok yang akrab dipanggil dengan nama Bu Ani ini beberapa waktu lalu mengungkapkan sebuah permintaan nih kepada organisasi-organisasi keuangan internasional, seperti Bank Dunia (WB) dan International Monetary Fund (IMF). Kata Bu Ani sih, IMF dan WB ini perlu nih memberikan bimbingan pada negara-negara berkembang dan less-developed terkait pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19 – khususnya soal pengelolaan beban utang.

Hmm, apa yang diungkapkan oleh Bu Ani bisa jadi benar lhoguys. Soalnya nihnggak semua negara bisa dengan baik mengelola keuangannya agar bisa segera keluar dari jurang ekonomi yang disebabkan oleh si virus Covid-19.

Tapi nihmimin heran juga nih dengan pernyataan Bu Ani. Soalnya, permintaan pada IMF dan WB tersebut diungkapkan ketika beban utang Indonesia meningkat cukup tajam nih kala mengarungi dampak ekonomi Covid-19.

Kalau dilihat data-datanya nih, beban utang Indonesia juga meningkat lho. Pada Februaru 2021 lalu, misalnya, beban utang Indonesia menjadi Rp 6.361,02 triliun lho – meningkat sebesar 28,55 persen dari Februari 2020 yang berada pada kisaran Rp 4.948,18 triliun.

Waduh, mungkin, inilah mengapa Bu Ani juga merasa perlu diberi bimbingan dari para dosbing (baca: IMF dan WB) nih. Apa jangan-jangan Bu Menkeu ini tipe-tipe mahasiswa yang mengerjakan sendiri dan baru mencari bimbingan kalau udah bingung? Hmm.

Ya, terlepas benar atau tidaknya Bu Ani ini meminta bimbingan ke IMF dan WB berkaitan dengan meningkatnya beban utang, semoga saja Bu Menkeu tidak kesulitan lah mencari dosbingnya – apalagi ada banyak tuh “mahasiswa bimbingannya” IMF dan WB. Hehe. (A43)

Baca juga :  Prabowo Tidak Yakin dengan Megawati?

Baca Juga: Sri Mulyani dan Bayang-bayang “Makhluk Halus”


- Advertisement -

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_img

#Trending Article

Jokowi Isyaratkan Lawan Megawati?

Tangkapan kamera formasi iringan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama tujuh ketua umum partai politik dianggap merepresentasi terbentuknya poros koalisi menghadapi kontestasi politik 2024. Lantas,...

Surya Paloh Cuma Coba-coba?

Meskipun Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem telah menghasilkan nama-nama hasil voting Dewan Pimpinan Daerah (DPW), Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyebut Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo yang...

Cak Imin Jago Gocek?

Lagi lagi Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar yang akrab disapa Cak Imin tampil dan menarik atensi publik melalui gocekan-gocekan politiknya...

NasDem-Demokrat Bentuk Koalisi?

Surya Paloh merupakan elite politik pertama yang ditemui secara terbuka oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Apakah Partai NasDem dan Partai Demokrat akan membentuk koalisi? PinterPolitik.com Sambutan...

Prabowo Tidak Yakin dengan Megawati?

Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) dibentuk oleh Partai Gerindra bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Apakah ini dapat dimaknai sebagai kekhawatiran Prabowo Subianto terhadap Megawati? PinterPolitik.com Partai Gerindra...

Kok Jokowi Marah-Marah?

Lagi-lagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegur pejabat  kementerian dan pemerintahan daerah soal prioritas belanja. Jokowi menilai belanja produk luar masih lebih tinggi dibandingkan produk...

Permainan Surya Paloh Belum Usai?

Meski Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem telah usai, tapi tanya tentang hasil Rakernas masih membayangi pikiran publik. Apa sebenarnya strategi Ketua Umum Surya Paloh di balik...

Jokowi Gak Butuh Ma’ruf Amin?

Tidak terlihatnya Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada reshuffle kabinet mengundang tanda tanya sebagian orang. Apakah ini bermakna bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah tidak butuh Ma’ruf? PinterPolitik.com Sebagian orang...

More Stories

Bukan Jokowi, Tapi Gibran?

Putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, yang kini jabat Wali Kota Solo tarik perhatian para elite politik, seperti Prabowo dan Megawati.

Biden Paksa Jokowi Beli Senjata?

Presiden AS Joe Biden sebut siap bela Taiwan bila diserang Tiongkok. Apakah ini bisa jadi cara Biden "paksa" Jokowi beli senjata?

Muslihat Jokowi Manfaatkan Putin?

Presiden Jokowi dikabarkan akan bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow. Apa ini muslihat Jokowi manfaatkan sosok Putin?