HomeCelotehSandiaga vs Ma’ruf Jilid II?

Sandiaga vs Ma’ruf Jilid II?

“Man is still good. We break things, tear them down, but we can rebuild. We can be better, we have to be” – Bruce Wayne, Batman v Superman: Dawn of Justice (2016)


PinterPolitik.com

Nggak bisa dipungkiri kalau sebagian besar dari kita pasti suka dengan hal-hal yang bersifat baru. Ketika Apple meluncurkan ponsel flagship terbarunya, misalnya, khalayak umum pasti langsung ramai membicarakan produk mereka.

Tidak hanya ketika iPhone terbaru dirilis, publik bahkan sempat ramai ketika pemerintah menerbitkan uang kertas baru bernilai Rp75.000 pada Agustus 2020 guna memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-75.

Hmm, dasar ya warganet. Apapun yang baru pasti langsung jadi perhatian, apalagi kalau hal yang baru itu adalah sesuatu yang kontroversial. Hehe.

Kini, hal yang baru itu datang dari pemerintahan Joko Widodo (Jokowi). Mantan Wali Kota Solo itu beberapa waktu lalu udah ngumumin dan ngelantik menteri-menteri baru lho. Beberapa di antaranya ada Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (Risma) dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Tentunya, para menteri baru ini langsung semangat bekerja dong buat ngemulai hari baru. Bu Risma, misalnya, langsung blusukan ke sungai di belakang kantor barunya. Sementara, Bang Sandi langsung pergi ke Bali bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan guna melihat langsung keadaan pariwisata Pulau Dewata.

Nggak hanya pergi ke Bali, Bang Sandi pun menyebutkan bahwa dirinya diberikan tugas oleh Pak Jokowi dan Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin buat ngembangin wisata halal. Kebetulan sih. Bang Sandi kan dulu juga jadi salah satu calon wakil presiden (cawapres) 2019 yang ngusung konsep wisata halal.

Baca Juga: Nasdem Terancam Sandiaga Uno?

Beli 1 Dapat 2 Prabowo Sandiaga

Eh, belum-belum, apa yang diungkapkan sama Bang Sandi ini dipersoalkan oleh para warganet. Ada yang bilang kalau wisata halal tidak diperlukan oleh daerah-daerah wisata seperti Bali, Nusa Tenggara Timur, Toraja, dan sebagainya karena sudah memiliki daya tarik kebudayaan sendiri. Di sisi lain, ada juga yang bilang kalau wisata halal bisa nge-bangkit-in gairah pariwisata Indonesia di panggung dunia.

Hmm, mendengar perdebatan ini, Bang Sandi malah bilang kalau tidak perlu tuh perdebatan soal wisata halal. Bahkan, Menparekraf tersebut menyatakan akan mendukung seratus persen pariwisata berbasis budaya seperti Bali.

Waduh, kalau gitu, tugas dari Pak Wapres nggak jalan dong. Bang Sandi bakal berani nggak ya ngelawan Kiai Ma’ruf? Hmm, apakah ini bakal jadi laga antara Bang Sandi dan Kiai Ma’ruf yang kedua?

Mungkin nih, laga antara Bang Sandi dan Kiai Ma’ruf ini mirip-mirip lah ya dengan laga antara Batman dan Superman. Kedua pahlawan super itu – meski berada dalam satu tim di Justice League – juga kerap berbeda pandangan politik lho. Bahkan, mereka juga pernah berantem satu sama lain.

Ya, terlepas dari itu semua, semoga aja Bang Sandi dan Kiai Ma’ruf bisa senantiasa berdamai ya. Lagipula, ada yang bilang kalau ini saatnya kita semua bersatu demi bangsa dan negara – entah dulu berada di kubu politik mana kala Pilpres 2019. Hehe. (A43)

Baca Juga: Sandiaga Uno, Juru Selamat Gerindra?

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

#Trending Article

More Stories

Mengapa Kaesang Ngebet ke Anies?

Meski Anies Baswedan tampak menghindar dari wacana dipasangkan dengan Kaesang, putra bungsu Jokowi itu tampak tetap tertarik. Mengapa?

Saatnya Sandiaga Comeback ke DKI?

Nama Sandiaga Uno kembali muncul dalam bursa Pilkada DKI Jakarta 2024. Diusulkan oleh PAN, apakah ini saatnya Sandiaga comeback ke DKI?

Israel, “Kiamat” bagi Amerika?

Israel diecam dunia atas serangan udara yang telan banyak korban sipil di Rafah, Gaza. Mengapa ini bisa jadi “kiamat” bagi Amerika Serikat (AS)?