HomeCelotehSaat Sri Mulyani Ingatkan Prabowo

Saat Sri Mulyani Ingatkan Prabowo

“Ingatkan ku semua, wahai sahabat,” – Peterpan, Sahabat


PinterPolitik.com

Sepertinya, kalau soal anggaran jangan main-main dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Sebagai sosok pengawal bujet negara, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tampak lumayan ketat dalam menjaga APBN. Tak jarang, sosok yang kerap disapa Ani itu harus mengingatkan pejabat soal penggunaan anggaran di institusinya.

Baru-baru ini, Bu Ani tampak kembali mengingatkan soal tata kelola anggaran di suatu institusi. Kali ini, instansi yang dipimpin oleh Prabowo Subianto yaitu Kementerian Pertahanan. Kira-kira, sang Menkeu ini menyoroti soal apa ya?

Jadi, Bu Ani ini sempat mengingatkan Kemenhan soal penyerapan anggaran di lingkaran institusi mereka. Bukannya apa-apa, Kemenhan ini kan pemilik anggaran terbesar dan baru-baru ini – kalau kata Bu Ani – sempat meminta kenaikan anggaran.

Sosok yang pernah jadi Kepala Bappenas itu kemudian menyebut soal penyerapan anggaran Kemenhan di tahun 2019. Di tahun tersebut, total anggaran Kemenhan itu mencapai Rp 119 triliun. Sayangnya, anggaran yang terserap baru Rp 100 triliun, sedangkan Rp 19 triliun sisanya tak terhabiskan.

Waduh, gimana nih Bu Ani udah menyoroti soal anggaran Kemenhan? Apa bisa dibilang kalau Bu Ani ini lagi bersikap galak ke kementerian yang dipimpin Pak Prabowo?

Hmmm, ya mungkin itu udah jadi keharusan bagi seseorang yang ada di posisi seperti Bu Ani. Menyoroti anggaran tak terserap ini kan penting agar perencanaan anggaran bisa maksimal dan juga eksekusinya jadi lebih optimal.

Di luar itu, mungkin aja Pak Prabowo sendiri udah cukup menyadari kalau Bu Ani ini adalah orang yang perlu diperhatikan. Dulu, waktu awal berjumpa di rapat kabinet terbatas, Pak Prabowo ini sempat bilang kalau dirinya pasti datang kalau dipanggil Bu Menkeu. Selain itu, Pak Prabowo juga bilang kalau dirinya harus akrab dengan sang bendahara negara.

Baca juga :  Jebakan di Balik Upaya Prabowo Tambah Kursi Menteri Jadi 40

Mungkin, momen Bu Ani menggambarkan penyerapan anggaran Kemenhan ini jadi ilustrasi kenapa sang Menkeu harus diakrabi. Gimana misalnya kalau Bu Ani gak menuruti permintaan dari Kemenhan gara-gara catatannya soal penyerapan anggaran gak diperhatikan?

Ya, semoga aja Bu Ani konsisten ya menjaga anggaran di negeri ini. Di luar anggaran kementerian, nitip juga Bu pengelolaan anggaran yang lain, seperti penerimaan pajak misalnya. Kan APBN gak cuma soal anggaran kementerian, hehe. (H33)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

#Trending Article

More Stories

Membaca Siapa “Musuh” Jokowi

Dari radikalisme hingga anarko sindikalisme, terlihat bahwa ada banyak paham yang dianggap masyarakat sebagai ancaman bagi pemerintah. Bagi sejumlah pihak, label itu bisa saja...

Untuk Apa Civil Society Watch?

Ade Armando dan kawan-kawan mengumumkan berdirinya kelompok bertajuk Civil Society Watch. Munculnya kelompok ini jadi bahan pembicaraan netizen karena berpotensi jadi ancaman demokrasi. Pinterpolitik Masyarakat sipil...

Tanda Tanya Sikap Gerindra Soal Perkosaan

Kasus perkosaan yang melibatkan anak anggota DPRD Bekasi asal Gerindra membuat geram masyarakat. Gerindra, yang namanya belakangan diseret netizen seharusnya bisa bersikap lebih baik...