BerandaCelotehRizal Ramli Bisa Selamatkan Sri Mulyani?

Rizal Ramli Bisa Selamatkan Sri Mulyani?

“Rizal Ramli ini kan bukan tokoh kaleng-kaleng. Ketika dia mau keluar menentang kabinet tim ekonomi itu harus ada apa yang dipertaruhkan”. – Adhie Massardi, Koordinator Gerakan Indonesia Bersih


PinterPolitik.com

Nama mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli memang jadi salah satu tokoh nasional yang paling banyak mencuri perhatian. Kritikan-kritikan yang ditujukan untuk kabinet pemerintahan Presiden Jokowi misalnya, selalu mengisi lembaran pemberitaan politik nasional.

Kini, di tengah makin banyaknya kritikan yang datang pada pemerintahan Presiden Jokowi akibat ketidakmampuannya mengatasi berbagai persoalan ekonomi di tengah Covid-19, muncul dorongan agar sang presiden “mengajak” Rizal Ramli untuk masuk ke tim ekonominya. Yang artinya, menjadikannya sebagai salah satu menterinya.

Wacana ini makin kuat seiring berhembusnya isu reshuffle dan makin kerasnya badai resesi ekonomi melanda negeri ini.

Dukungan untuk Rizal Ramli misalnya datang dalam bentuk surat terbuka dari seorang doktor lulusan Institut Pertanian Bogor sekaligus dosen di Universitas Katolik Santo Thomas Medan, Henrykus Sihaloho. Dalam surat yang diunggah di Twitter dan dipublish oleh beberapa media tersebut, ia meminta Presiden Jokowi mempertimbangkan track record yang dimiliki oleh Rizal Ramli.

Beberapa di antaranya bahkan cukup mengagumkan – berdasarkan tulisan tersebut – misalnya terkait bagaimana Rizal Ramli disebut pernah menjadi penasihat ekonomi PBB bersama ekonom internasional seperti peraih Nobel Ekonomi, Amartya Sen dari Universitas Harvard dan beberapa peraih hadiah nobel lainnya.

Ia juga menyinggung bagaimana Rizal Ramli menjadi salah satu kunci di era Gus Dur dan berhasil menyeimbangkan keuangan negara kala itu pasca krisis ekonomi 1998. Prestasi Rizal Ramli juga besar ketika ia masuk ke kabinet di periode pertama kekuasaan Jokowi, di mana ia mampu menjadi penyeimbang kekuasaan sang presiden di hadapan elite politik lainnya, terutama ketika mengkritik proyek seperti listrik 35 ribu MW, Pelindo II, dan lain sebagainya.

Baca juga :  Kok Aldi Taher Pede Nyaleg?

Singkatnya, backgorundnya di bidang ekonomi dianggap mampu menjadi kunci bagi Indonesia di tengah situasi yang tak menentu ini.

Menariknya, kalau jadi masuk ke pemerintahan, Rizal Ramli tentu saja akan ada satu tim dengan menteri Keuangan Sri Mulyani yang nota bene sangat sering dikritiknya. Artinya, pilihannya bisa Sri atau Rizal. Opsi Sri dan Rizal – bekerja bersama-sama – besar kemungkinan akan ada benturan-benturan besar yang terjadi nanti yang tentu akan mengganggu stabilitas politik.

Yang jelas, Rizal Ramli bisa saja menjadi sosok seperti Rambo yang menjadi secercah harapan di tengah kalahnya peperangan. Well, we don’t know yet. Mari menunggu apa keputusan Presiden Jokowi. (S13)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

#Trending Article

Sandiaga Akan Kembali ke Prabowo?

Sandiaga Uno telah pamit dari Partai Gerindra. Mungkinkah Sandiaga bertemu Prabowo Subianto kembali di masa depan?

Coldplay ke Indonesia karena Jokowi?

Band ternama asal Inggris, Coldplay, dikabarkan akan konser di Jakarta, Indonesia. Mungkinkah Coldplay akan sampaikan pesan untuk Jokowi?

Safari Politik Prabowo Mulai dari Atas?

Momen Lebaran akhir April lalu rupanya digunakan Prabowo Subianto, Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra, untuk bersilaturahmi ke kediaman berbagai kolega dan temannya. Adapun beberapa tempat yang ia kunjungi adalah kediaman Joko Widodo (Jokowi), Mahfud MD, Wiranto, AM Hendropriyono, dan lainnya. Apakah safari politik Prabowo berbalutkan sowan dimulai dari kunjungan ke para elite?

Mencari Indonesian Dream di Piala Dunia U-20

Publik dihebohkan oleh pembatalan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Bagaimana mimpi pemain timnas U-20 untuk bermain?

Rumor Reshuffle, Anies Akan Hilang Lagi?

April lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menambahkan jabatan Wakil Menteri Kominfo (Wamenkominfo) melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 22 Tahun 2023. Akibatnya, isu reshuffle kabinet pun kembali muncul. Mungkinkah ini jadi sentilan reshuffle selanjutnya pada Partai Nasdem, dan Anies?

Anas Urbaningrum: Anti-villain SBY?

Anas Urbaningrum telah bebas setelah jalani hukuman. Apakah Anas akan menjadi anti-villain setelah akhirnya bergabung ke PKN?

Ganjar Perlu Branding Politik Baru?

Pada 21 April 2023, Ketua Umum (Ketum) PDIP, Megawati Soekarnoputri, resmi menetapkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, sebagai calon presiden (capres) usungan partai. Padahal, baru Maret lalu, Ganjar mengalami blunder hebat akibat pernyataannya mengenai Piala Dunia FIFA U-20 di Indonesia. Karena itu, pantas kita pertanyakan, bisakah PDIP pertahankan titel king maker dengan capres pilihannya?

Pemprov DKI Sakiti Odong-Odong?

“Aku naik odong odong aku naik odong odong aku senang ibupun turut gembira” – Adel, Naik Odong-Odong  PinterPolitik.com Pemprov DKI itu tiada hari tanpa mempercantik Jakarta. Saat ini,...

More Stories

Adam Malik: Wapres Yang Direkrut CIA?

Adam Malik disebut berselisih pendapat dengan Soekarno di tahun 1964, sehingga ia kemudian menemui agen CIA bernama Clyde McAvoy di safe house CIA di...

Mengapa BBM Bisa Bahayakan Jokowi?

Pemerintah telah menaikkan harga BBM. Pertalite naik hingga 30 persen, dari sebelumnya Rp 7.650 per liter menjadi Rp 10.000 per liter. Kebijakan ini kemudian...

Kasus Sambo Untungkan Jokowi?

Bergulirnya kasus pembunuhan Brigadir J yang melibatkan Irjen Ferdy Sambo memang menarik perhatian masyarakat luas. Isu ini bahkan mengalahkan narasi krisis ekonomi yang kini...