HomeCelotehRidwan Kamil, the Next 'Rudy Hartono'?

Ridwan Kamil, the Next ‘Rudy Hartono’?

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK) memenangkan pertandingan badminton atau bulu tangkis melawan Duta Besar (Dubes) Denmark untuk Indonesia, Lars Bo Larsen. Apakah ini pertanda RK akan menuju “turnamen” selanjutnya?


PinterPolitik.com

Tidak dapat dipungkiri bahwa olahraga sering kali jadi kegemaran banyak orang. Sepak bola, misalnya, kerap menjadi cabang olahraga (cabor) yang digemari banyak orang Indonesia. Biasanya sih, kegiatan-kegiatan olahraga seperti ini kerap menjadi perekat lho di kampung-kampung kala peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia tiba.

Nah, selain sepak bola, ada juga cabor lain yang mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia. Cabor itu adalah bulu tangkis atau badminton.

Gimana nggak mendapatkan tempat di hati masyarakat? Wong olahraga satu ini kerap disebut sebagai olahraga nasional kebanggaan Indonesia. Negara kepulauan terbesar di Asia ini kerap mengirim atlet-atlet perwakilannya yang kondang di cabor satu ini.

Nah, mungkin nih, cabor satu ini juga mendapatkan tempat nih di hati salah satu politikus yang juga menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat (Jabar). Nama beliau adalah Ridwan Kamil (RK).

Lhagimana nggak? Sosok pejabat yang juga biasa disapa sebagai Kang Emil ini tiba-tiba melakukan sparing dengan berbagai perwakilan negara lain lho. Beberapa waktu lalu, misalnya, RK memamerkan kemenangannya atas Duta Besar (Dubes) Denmark untuk Indonesia, Lars Bo Larsen, di unggahan Instagram miliknya lho.

Baca Juga: Beda Gaya Ganjar-RK?

Pembatalan Badminton All England
- Advertisement -

Uniknya nih, Kang Emil juga menantang dubes-dubes lainnya. Beberapa negara yang disebutkan adalah Jepang, Korea Selatan (Korsel), Malaysia, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), dan Inggris.

Wah, bisa-bisa, Kang Emil ini tengah menjalankan diplomasi bulu tangkis nih. Kan, dulu pada era Perang Dingin – tepatnya pada tahun 1970-an, ada tuh istilah diplomasi ping-pong yang dijalankan antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok.

Baca juga :  Tsamara Terlalu Besar untuk PSI?

Hmm, aktifnya diplomasi bulu tangkis ala RK ini sebenarnya bermula dari ramainya polemik soal diminta mundurnya Indonesia dari All England 2021. Kang Emil langsung tuh merasa nggak terima dengan perlakuan yang diterima para atlet bulu tangkis Indonesia.

Ada yang bilang sih diminta mundurnya Indonesia agar piala All England 2021 tidak diborong semua tuh. Kan, kalau kita lihat sejarahnya, atlet badminton Indonesia seperti Rudy Hartono masih memegang gelar juara terbanyak di All England lho.

Wah, apakah mungkin Kang Emil ini bakal menjadi Rudy Hartono yang selanjutnya nih? Barang kali, Kang Emil ini bisa memborong piala-piala dari pertandingan yang dilakukannya dengan para dubes tersebut.

Ya, bagus sih kalau Kang Emil bisa memenangkan “piala” diplomatik melawan para dubes tersebut. Tapi nih, Gubernur Jabar itu tampaknya juga perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi “turnamen” yang lebih besar nihHayo, siapa nih yang udah siap dengan “turnamen” pada tahun 2024 nanti? Hehe. (A43)

Baca Juga: Ridwan Kamil, Diplomat untuk Badminton?


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

- Advertisement -

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_img

#Trending Article

Mampukah Gus Yahya “Jatuhkan” Cak Imin?

Menurut Direktur Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, untuk pertama kalinya dalam sejarah terjadi hubungan yang tidak mesra antara PKB dengan PBNU. Jika ketegangan terus...

Joe Biden Menginspirasi Prabowo?

Cucu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asyari, KH Irfan Yusuf Hakim (Gus Irfan), menyebut KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) pernah berucap bahwa Prabowo...

Jokowi Dijutekin Biden?

Ketika mendarat di Washington DC, Amerika Serikat (AS), tidak ada pejabat tinggi AS yang menyambut Presiden Jokowi. Mungkinkah sang RI-1 tengah tidak dihiraukan atau...

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Mengapa Jokowi Merasa Kesepian?

Rocky Gerung menyebut batin Jokowi kini tengah kesepian kala momen Hari Raya Idulfitri 1443H. Mengapa Jokowi merasa kesepian?

Megawati sang Profesor

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menerima gelar profesor kehormatan dari Seoul Institute of The Arts (SIA), Korea Selatan. Apakah ini menunjukkan Megawati seorang politisi...

Kenapa Megawati Singgung BTS?

Ketika menerima gelar profesor kehormatan dari Seoul Institute of the Arts (SIA) Korea Selatan (Korsel), Megawati Soekarnoputri menyebut tidak ingin kalah dari cucunya yang...

Mencari Capres Ganteng ala Puan

Ketua DPR RI Puan Maharani sindir soal sosok capres potensial yang dapat dukungan karena ganteng. Siapa capres ganteng yang dimaksud Puan?

More Stories

“Permainan Bahasa” Anies Ganggu PDIP?

PDIP dan PSI persoalkan penamaan Jakarta International Stadium (JIS) yang gunakan Bahasa Inggris. Apakah ini permainan bahasa Anies vs PDIP?

Cak Imin Bisa “Tenggelam”?

Politikus PKB Umar Hasibuan sebut soal kemungkinan ancaman pembajakan terhadap PKB. Bila terjadi, mungkinkah Cak Imin bisa makin tenggelam?

Elon Musk: The New “Bill Gates”?

Nama CEO SpaceX dan Tesla Elon Musk disorot media usai beli penuh Twitter. Kini, Musk baru saja bertemu Jokowi. Apakah Musk "Bill Gates" baru?