HomeCelotehRidwan Kamil, the Next 'Rudy Hartono'?

Ridwan Kamil, the Next ‘Rudy Hartono’?

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK) memenangkan pertandingan badminton atau bulu tangkis melawan Duta Besar (Dubes) Denmark untuk Indonesia, Lars Bo Larsen. Apakah ini pertanda RK akan menuju “turnamen” selanjutnya?


PinterPolitik.com

Tidak dapat dipungkiri bahwa olahraga sering kali jadi kegemaran banyak orang. Sepak bola, misalnya, kerap menjadi cabang olahraga (cabor) yang digemari banyak orang Indonesia. Biasanya sih, kegiatan-kegiatan olahraga seperti ini kerap menjadi perekat lho di kampung-kampung kala peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia tiba.

Nah, selain sepak bola, ada juga cabor lain yang mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia. Cabor itu adalah bulu tangkis atau badminton.

Gimana nggak mendapatkan tempat di hati masyarakat? Wong olahraga satu ini kerap disebut sebagai olahraga nasional kebanggaan Indonesia. Negara kepulauan terbesar di Asia ini kerap mengirim atlet-atlet perwakilannya yang kondang di cabor satu ini.

Nah, mungkin nih, cabor satu ini juga mendapatkan tempat nih di hati salah satu politikus yang juga menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat (Jabar). Nama beliau adalah Ridwan Kamil (RK).

Lhagimana nggak? Sosok pejabat yang juga biasa disapa sebagai Kang Emil ini tiba-tiba melakukan sparing dengan berbagai perwakilan negara lain lho. Beberapa waktu lalu, misalnya, RK memamerkan kemenangannya atas Duta Besar (Dubes) Denmark untuk Indonesia, Lars Bo Larsen, di unggahan Instagram miliknya lho.

Baca Juga: Beda Gaya Ganjar-RK?

Pembatalan Badminton All England
- Advertisement -

Uniknya nih, Kang Emil juga menantang dubes-dubes lainnya. Beberapa negara yang disebutkan adalah Jepang, Korea Selatan (Korsel), Malaysia, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), dan Inggris.

Wah, bisa-bisa, Kang Emil ini tengah menjalankan diplomasi bulu tangkis nih. Kan, dulu pada era Perang Dingin – tepatnya pada tahun 1970-an, ada tuh istilah diplomasi ping-pong yang dijalankan antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok.

Baca juga :  Biden Bikin Circle Sendiri?

Hmm, aktifnya diplomasi bulu tangkis ala RK ini sebenarnya bermula dari ramainya polemik soal diminta mundurnya Indonesia dari All England 2021. Kang Emil langsung tuh merasa nggak terima dengan perlakuan yang diterima para atlet bulu tangkis Indonesia.

Ada yang bilang sih diminta mundurnya Indonesia agar piala All England 2021 tidak diborong semua tuh. Kan, kalau kita lihat sejarahnya, atlet badminton Indonesia seperti Rudy Hartono masih memegang gelar juara terbanyak di All England lho.

Wah, apakah mungkin Kang Emil ini bakal menjadi Rudy Hartono yang selanjutnya nih? Barang kali, Kang Emil ini bisa memborong piala-piala dari pertandingan yang dilakukannya dengan para dubes tersebut.

Ya, bagus sih kalau Kang Emil bisa memenangkan “piala” diplomatik melawan para dubes tersebut. Tapi nih, Gubernur Jabar itu tampaknya juga perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi “turnamen” yang lebih besar nihHayo, siapa nih yang udah siap dengan “turnamen” pada tahun 2024 nanti? Hehe. (A43)

Baca Juga: Ridwan Kamil, Diplomat untuk Badminton?


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

- Advertisement -

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_img

#Trending Article

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

PDIP Takut Jokowi “Dijilat”?

“PDI Perjuangan mengimbau kepada ring satu Presiden Jokowi agar tidak bersikap asal bapak senang (ABS) dan benar-benar berjuang keras bahwa kepemimpinan Pak Jokowi yang kaya...

Membaca Pengaruh Jokowi di 2024

Lontaran ciri-ciri pemimpin yang pikirkan rakyat seperti kerutan dan rambut putih dari Jokowi jadi perbincangan. Inikah cara Jokowi relevan di 2024?

Jokowi dan Misteri Rambut Putih

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebut pemimpin yang pikirkan rakyat punya rambut warna putih. Siapa yang dimaksud oleh Jokowi?

Saatnya Jokowi Tinggalkan Relawan “Toxic”?

“Kita gemes, Pak, ingin melawan mereka. Kalau mau tempur lapangan, kita lebih banyak” –  Benny Rhamdani, Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI)  PinterPolitik.com Si vis...

PDIP Bakal Gabung KIB?

“Jadi warnanya tidak jauh dari yang ada di bola ini (Al Rihla)” – Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Golkar PinterPolitik.com Demam Piala Dunia 2022 Qatar rupanya...

Zulhas dan Bisnis Jastip Menjanjikan

Nama Mendag Zulkifli Hasan (Zulhas) disebutkan Prof. Karomani soal kasus penitipan mahasiswa baru di Universitas Lampung (Unila).

Saatnya Ganjar Balas Jasa Puan?

“Ganjar itu jadi Gubernur (Jateng) jangan lupa, baik yang pertama dan kedua itu, justru panglima perangnya Puan Maharani,” –   Said Abdullah, Ketua DPP...

More Stories

Zulhas dan Bisnis Jastip Menjanjikan

Nama Mendag Zulkifli Hasan (Zulhas) disebutkan Prof. Karomani soal kasus penitipan mahasiswa baru di Universitas Lampung (Unila).

PDIP vs Relawan Jokowi, Rebutan GBK?

Usai acara Gerakan Nusantara Bersatu di GBK, PDIP tampak tidak terima relawan Jokowi bisa pakai GBK. Mengapa GBK jadi semacam rebutan?

Membaca Pengaruh Jokowi di 2024

Lontaran ciri-ciri pemimpin yang pikirkan rakyat seperti kerutan dan rambut putih dari Jokowi jadi perbincangan. Inikah cara Jokowi relevan di 2024?