Support Us

Available for Everyone, funded by readers

Contribute
E-Book
Home > Celoteh > Prabowo Jadi Bapak Online?

Prabowo Jadi Bapak Online?


A43 - Thursday, June 17, 2021 6:00
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto (kanan) berfoto bersama Azka Corbuzier (kiri) – putra Deddy Corbuzier. (Foto: Instagram/@azkacorbuzier)

0 min read

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mulai sering terlihat di berbagai jejaring media sosial (medsos). Apakah ini saatnya Prabowo dijuluki “Bapak Online”?


PinterPolitik.com

Beberapa waktu lalu, mimin baru aja nonton sebuah film yang menarik lho. Judulnya adalah The Mitchells vs. the Machines (2021). Ceritanya kurang lebih didasarkan pada sebuah keluarga yang dipenuhi berbagai persoalan tetapi tetap bisa kompak dan menjadi penyelamat dunia.

Keluarga Mitchell ini terbilang unik karena setiap anggota keluarganya memiliki karakteristik masing-masing. Ada yang suka bikin film, ada yang nerd dinosaurus, ada yang pandai memperbaiki berbagai barang, dan ada juga sosok ibu yang sangat menyayangi anak-anaknya.

Uniknya, film ini juga menggambarkan keadaan sosial di masyarakat, yakni ketergantungan manusia terhadap mesin dan teknologi. Gimana nggak? Di film itu, umat manusia diceritakan sangat bergantung pada jejaring dunia maya (internet) dan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Ketergantungan pada teknologi ini akhirnya membawa malapetaka lho – dengan kebangkitan AI dan mesin untuk menguasai manusia. Untung aja ada keluarga Mitchell yang akhirnya mampu menyelamatkan umat manusia.

Ya, terlepas dari mungkin atau tidaknya terjadi malapetaka tersebut di dunia nyata, gambaran akan ketergantungan teknologi ini sebenarnya cukup tepat lho. Buktinya aja, sekarang, masyarakat Indonesia makin banyak yang bergantung pada ponsel pintar (smartphone).

Apapun, saat ini, bisa diakses melalui segenggam gawai yang terhubung dengan jaringan internet. Selain itu, berbagai informasi kini dengan mudah dibagikan dan didapatkan hanya dengan sejumlah klik atau tap.

Mungkin, inilah mengapa di abad ke-21 dinamika dan diskursus sosial dan politik banyak dipengaruhi dan terjadi di dunia maya. Apalagi, semakin ke sini, semakin banyak pejabat dan politisi yang memanfaatkan media sosial (medsos) untuk berinteraksi dengan publik tanpa mengkhawatirkan jarak dan waktu.

Baca Juga: Ambisi Prabowo Setingkat Steve Jobs?

Anggaran Pertahanan Rp 1,7 kuadriliun Bocor

Salah satunya adalah Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Baru-baru ini, Pak Prabowo yang juga Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra itu hadir di sebuah podcast populer yang dibawakan oleh Deddy Corbuzier.

Nggak hanya hadir di podcast tersebut, Pak Prabowo juga mengadakan giveaway lho melalui akun Twitter milik Partai Gerindra. Pertanyaan yang disajikan pun seputar diskusi Pak Prabowo bersama Om Deddy di podcast tersebut.

Hmm, Pak Prabowo makin ke sini udah nggak jadi pendiam lagi ya? Seingat mimin, sejak beberapa waktu lalu, Pak Menhan lebih banyak diam dan jarang muncul di publik lho. Hmm, mungkin Pak Prabowo adalah seorang ambivert – terkadang introvert dan terkadang extrovert.

Ya, mungkin, Pak Prabowo ini mulai belajar ke Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno yang dulu menjadi pasangannya ketika maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Bang Sandi kan udah dapat julukan sebagai “Papa Online”, kan? Hehe.

Tapi ya, kemunculan Pak Prabowo di podcast­-nya Om Deddy kemarin sepertinya nggak menjawab sepenuhnya polemik dari wacana anggaran pertahanan yang mencapai Rp 1,7 kuadriliun. Hmm, nanti masyarakat makin penasaran lho, Pak?

Ya, terlepas dari ramainya polemik tersebut, mungkin Pak Prabowo udah sadar kalau jadi pendiam bakal susah dikenali publik. Kan, Pak Menhan kabarnya mau maju lagi di Pilpres 2024 nanti. Hehe. Apalagi, calon-calon presiden (capres) potensial lainnya udah aktif banget lho di banyak linimasa medsos.

Hmm, apakah ini saatnya Pak Prabowo mendapatkan julukan “Bapak Online” seperti Bang Sandi? Apa mungkin bakal dijuluki sebagai “Presiden Online”? Kan, barang kali, Pak Prabowo bisa menjadi influencer yang sekaligus bisa jadi presiden suatu hari nanti. Hehe. (A43)

Baca Juga: Akankah Prabowo Khianati PDIP?


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Berita Terkait