HomeCelotehMenyoal Kartu Prakerja Jokowi

Menyoal Kartu Prakerja Jokowi

“You play your cards, I reverse on you all” – Joyner Lucas, penyanyi rap asal Amerika Serikat


PinterPolitik.com

Menurut kalian, sepanjang sejarah proyek yang berkaitan dengan tetek-bengek multimedia, mana yang paling menghabiskan anggaran? Mungkin, kalian mungkin berpikir kalau Pirates of the Caribean: at World’s End (2007) yang menghisap uang Rp 4 triliun, Spider-Man 3 (2007) yang memakan biaya Rp 3,6 triliun, atau Foxtrot Six(2019) yang mengeluarkan kocek Rp 70,5 miliar bakal menjadi proyek multimedia termahal.

Ketahuilah, kisanak, kalian keliru. Sebab, ternyata, soal multimedia, tidak ada yang bisa menyaingi proyek video-video pelatihan dalam proyek Kartu Prakerja (mencakup semua kerumitannya juga) yang mampu menembus pemborosan di angka Rp 5,6 triliun. Wow banget kan, cuy?

Tapi, sebentar, kok dibilang pemborosan? Bukannya Kartu Prakerja ini bermanfaat buat mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia yang ahli di bidangnya ya?

Jawabannya, ya memang benar sih kalau dibilang Kartu Prakerja ini semata untuk kemanfaatan warga Indonesia juga. Hmm, itu kalau yang ngomong pejabat publik. Lha, kita kan bukan pejabat.

Jadi, menentukan manfaat atau tidaknya ya bukan dari kacamata proses pengambilan kebijakan, melainkan juga melalui kacamata masyarakat. Sekarang, mari cek apakah layak atau tidak proyek Kartu Prakerja ini disebut sebagai oase di tengah padang pasir. Asyeeek, sok puitis.

Pasalnya nih, ada kabar menarik nih. Tentu, teman-teman sebagian sudah dengar dongterkait cerita seorang CEO Gresnews Agustinus Edy Kristianto. Meski doi adalah seorang CEO portal berita, Agustinus ternyata lolos dalam seleksi Kartu Prakerja, cuy.

- Advertisement -

Waduh, terus sebenarnya model seleksinya gimana nih? Gak tepat sasaran banget ya, cuy, ibaratnya. Bahkan, ada lagi nih kabar unik. Walau doi gak menyelesaikan semua video tutorial yang ada, Agustinus ternyata tetap mendapatkan sertifikat pelatihan Kartu Prakerja, cuy.

Hal yang menjadi mengganjal menurut doi adalah yang menandatangani sertifikat itu bukan ahlinya, melainkan CEO Ruangguru, gengs.Hadeuh, ternyata seleksinya gak dipantau oleh ahlinya, cuy. Ibaratnya sih, kalau gini, useless banget ya.

Pantesan ya, gengs, Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Shinta Kamdani bilang bahwa pengusaha belum mau menyerap lulusan sertifikasi Kartu Prakerja karena kondisinya ternyata seperti ini, cuy. Uppsss.

Setelah diamati, kok Kartu Prakerja ini kerap bikin masalah baru ya cuy. Kira-kira ini kelirunya dimana? Coba dievaluasi segera.

Nah, kalau ketidak-beres-an ada di sepanjang garis rantai kebijakan, maka silakan dihilangkan tuh biang keroknya. Bahkan, kalau biang kerok itu bersumber dari mitra yang tidak becus, ya mending segera diputus. Gakpapa kok, bisa cari yang lain, kan? Begitu kira-kira. Hehehe. (F46)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

- Advertisement -

Baca juga :  Jokowi Kalah Taruhan dengan Megawati?
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

#Trending Article

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

AHY Bukan Jodoh Anies di 2024?

Partai Demokrat telah umumkan dukung Anies Baswedan sebagai capres 2024 tetapi serahkan cawapres ke Anies. Apakah AHY bukan jodoh Anies?

Janji Anies untuk Prabowo Palsu?

Sandiaga Uno menyebutkan bahwa Anies Baswedan punya sebuah perjanjian dengan Prabowo Subianto. Apakah janji itu hanya janji palsu?

Jabatan Kades Mirip One Piece?

Demonstrasi kepala desa (kades) tuntut perpanjangan masa jabatan hingga 9 tahun. Apakah para kades ingin bisa seperti anime One Piece?

Kapal Anies ‘Diserang’ Ular?

Mantan Gubernur Banten Wahidin Halim dikirimi ular ketika akan bertemu Anies Baswedan. Apakah kapal Anies tengah 'diserang' ular?

Sudah Saatnya Prabowo Contoh Megawati?

Partai Gerindra tetap kukuh usung Prabowo Subianto sebagai capres. Apakah seharusnya ini saatnya Prabowo contoh cara Megawati?

Di Balik Usul Imin Hapus Gubernur

Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) usul hapuskan jabatan gubernur karena melelahkan dan hanya jadi penghubung pusat-daerah. Mengapa?

Mungkinkah “The Last of Us” di Dunia Nyata?

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin angkat bicara soal The Last of Us (2023). Apakah Menkes ikut cemas soal wabah zombie?

More Stories

Megawati Sukses “Kontrol” Jokowi?

“Extraordinary claims require extraordinary evidence” – Carl Edward Sagan, astronom asal Amerika Serikat (AS) PinterPolitik.com Gengs, mimin mau berlagak bijak sebentar boleh, ya? Hehe. Kali ini, mimin mau berbagi pencerahan tentang...

Arief Poyuono ‘Tantang’ Erick Thohir?

“Orang hebat tidak dihasilkan dari kemudahan, kesenangan, dan kenyamanan. Mereka dibentuk melalui kesulitan, tantangan, dan air mata” – Dahlan Iskan, mantan Menteri BUMN PinterPolitik.com Gengs, kalian...

Sri Mulyani ‘Tiru’ Soekarno?

“Tulislah tentang aku dengan tinta hitam atau tinta putihmu. Biarlah sejarah membaca dan menjawabnya” – Soekarno, Proklamator Indonesia PinterPolitik.com Tahukah kalian, apa yang menyebabkan Indonesia selalu...