HomeCelotehMengapa BIN Jadi Target Peretasan?

Mengapa BIN Jadi Target Peretasan?

Badan Intelijen Negara (BIN) bersama 10 kementerian/lembaga (K/L) lainnya diduga menjadi sasaran peretasan oleh kelompok peretas asal Tiongkok yang bernama Mustang Panda. Mengapa BIN menjadi sasaran peretasan oleh kelompok tersebut?


PinterPolitik.com

MISSION TOO-POSSIBLE: JAKARTA INFILTRATION


2021, Action/Sci-Fi




WHAT TO KNOW

CRITICS CONSENSUS: Alur cerita (plot) dalam film ini dinilai tidak memiliki klimaks yang berdampak (anti-klimaks). Jalan cerita terkesan dibuat terlalu mudah dan cepat tanpa menyertakan konflik yang berarti. Upaya peretasan Mustang Panda, misalnya, berjalan tanpa pencegahan dan perlawanan yang berarti.

MOVIE INFO

Seorang agen Tiongkok (Xi) diberi misi untuk mencari informasi intelijen mengenai posisi Indonesia dalam berbagai aspek kebijakan, termasuk soal sengketa Laut China Selatan (LCS). Untuk mewujudkan misinya, Xi akhirnya bergabung dengan sebuah kelompok peretas yang dikenal sebagai Mustang Panda.

Upaya untuk menggali informasi terkait pemerintah Indonesia itu dilakukan Mustang Panda dengan meretas dan menyebarkan sebuah spyware yang disebut dengan Thanos. Badan Intelijen Negara (BIN) dan sejumlah 10 kementerian/lembaga lainnya menjadi sasaran operasi.

- Advertisement -

Mulanya, Xi menghadapi banyak tantangan. Salah satunya datang dari lembaga pengawas non-pemerintahan yang bernama Insikt Group. Xi pun berusaha agar Thanos tidak mudah ditemukan oleh Insikt Group.

Namun, upaya Xi pun gagal. Insikt Group berhasil melacak keberadaan Thanos dan menghidupkan alarm darurat agar pemerintah di Jakarta sadar akan serangan siber (cyberattack) tersebut.

Meski begitu, Insikt Group merasa tidak diindahkan walaupun sudah memberi alarm sebanyak dua kali. Akibatnya, Xi pun bisa menjalankan misinya dengan tanpa gangguan dari Jakarta.

Di ujung film, Xi akhirnya menyadari bahwa pemerintah Indonesia tidak memiliki regulasi yang pasti mengenai keamanan siber dan data di ruang internet. Thanos akhirnya bisa masuk ke banyak komputer pemerintahan berkat upaya Mustang Panda.

Baca juga :  Ganjar, Mbappe-nya PDIP?
Rating:Dewasa
Genre:Action, Sci-Fi
Original Language:Bahasa Indonesia
Director:Budi Gunawan; Hinsa Siburian
Release Date:(N/A)
DistributorBadan Intelijen Negara (BIN); Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)

CAST & CREW

CRITIC REVIEWS FOR MISSION TOO-POSSIBLE: JAKARTA INFILTRATION

(A43)


Baca Juga: Kenapa BIN Menjadi Terbuka?https://www.youtube.com/embed/l6urq_Rr9iA

- Advertisement -

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_img
Previous articleValentino Rossi Tak Lolos SIM C!
Next articleHereby

#Trending Article

Zulhas Gak Nyambung?

Baru saja dilantik menjadi Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas) langsung sidak ke pasar dan tiba-tiba berikan hadiah umrah kepada pedagang. Kenapa Zulhas melakukan...

Jokowi Gak Butuh Ma’ruf Amin?

Tidak terlihatnya Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada reshuffle kabinet mengundang tanda tanya sebagian orang. Apakah ini bermakna bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah tidak butuh Ma’ruf? PinterPolitik.com Sebagian orang...

Ganjar, Mbappe-nya PDIP?

Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dilirik partai lain untuk dijadikan Capres 2024. Apakah Ganjar semacam "Mbappe"-nya PDIP?

Ma’ruf Ternyata Salah Tangkap?

Anak-anak di Pangkalpinang sebut bercita-cita jadi presiden kepada Wapres Ma'ruf Amin. Apa mungkin Ma'ruf salah tangkap?

SBY-JK Bersatu Untuk 2024?

Pertemuan antara Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Jusuf Kalla (JK) mencuri atensi publik dan melahirkan berbagai spekulasi politik. Lantas, mungkinkah reuni SBY-JK ini dapat membuat...

PKB Merah Cukur Gundul PKS?

Kelompok yang menamakan dirinya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Merah melakukan aksi cukur rambut hingga gundul. Kenapa ritual gundul dapat berubah menjadi instrumen politik? PinterPolitik.com Lagu Gundul-gundul Pacul pastinya...

NasDem-PDIP, Siapa Paling Sombong?

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Nasdem dan PDIP terlihat menjadi ajang saling sindir ketua umum partai soal “partai sombong”. Lantas, apakah Surya Paloh dan Megawati sedang saling...

Puan Ratu Konten?

Konten video Ketua DPR RI Puan Maharani heboh lagi, kali ini dengan aksi nge-vlog dalam ruangan yang memperlihatkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sedang berbicara dengan...

More Stories

Siasat Luhut Tawar-tawar Kuota Haji

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan temui Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS), dan bahas soal kuota haji Indonesia.

Megawati Tidak Rasis ke Papua?

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri analogikan tercampurnya orang Papua dengan etnis Indonesia bagaikan "kopi susu". Apakah Megawati rasis?

Mahathir Bisa Buat Jokowi Terganggu?

Eks-PM Malaysia Mahathir Mohamad sebut Kepulauan Riau harusnya diminta oleh Malaysia. Apa Mahathir ingin ganggu pemerintahan Jokowi?