HomeCelotehLomba Gelar untuk Jokowi?

Lomba Gelar untuk Jokowi?

Setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan gelar “The King of Lip Service” dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia, giliran BEM Universitas Gadjah Mada (UGM) menyebut Jokowi sebagai “Bapak Presiden Orde (Paling) Baru”. Apakah ini semacam lomba gelar untuk Jokowi?


PinterPolitik.com

Di dunia ini, banyak dari kita yang membuat rumit kehidupan dengan segudang fitur yang melekat pada kehidupan yang fana ini. Status, kekayaan, gelar, hingga nama kerap menjadi corak yang dibangga-banggakan dalam kehidupan.

Status juara lomba pencarian bakat seperti Indonesian Idol (2004-sekarang) dan MasterChef Indonesia (2011-sekarang), misalnya, merupakan suatu gelar yang bisa dibanggakan. Hmm, siapa coba yang nggak bangga kalau udah dikenal sebagai pemenang di seantero Indonesia?

Nggak hanya status juara MasterChef atau Indonesian Idol, pendidikan juga kerap menjadi kunci penting dalam mobilisasi masyarakat menuju kelas sosial yang lebih tinggi. Belum lagi, semakin tinggi tingkat dan kualifikasi pendidikannya, semakin kece dilihat oleh orang-orang.

Nah, mungkin nih, ini mengapa para politisi suka “mencari” gelar dari berbagai perguruan tinggi tuh. Ketua Umum (Ketum) PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin a.k.a. Gus AMI, misalnya, udah mendapatkan gelar doktor honoris causa (Dr. HC) dari Universitas Airlangga (UNAIR) pada tahun 2017 silam.

Baca Juga: Amarah Netizen Bayangi Jokowi?

Heboh Lip Service

Nggak hanya Cak Imin, baru-baru ini juga ada lho ketum lain yang dapat gelar dari kampus, yakni Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Seperti kalian udah ketahui, Bu Mega beberapa waktu lalu kan baru dapat gelar Profesor Kehormatan dari Universitas Pertahanan (Unhan).

- Advertisement -

Nah, boleh jadi nih, sekarang adalah gilirannya Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mendapatkan sejumlah gelar dari kampus. Beberapa waktu lalu, Pak Jokowi mendapatkan gelar “The King of Lip Service” dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI).

Baca juga :  Jokowi Telah "Durhaka" ke Megawati?

Setelah BEM UI, BEM Universitas Gadjah Mada (UGM) baru saja memberikan gelar juga lho buat Pak Jokowi. Mantan Wali Kota Solo tersebut mendapatkan gelar “Bapak Presiden Orde (Paling) Baru” dari adik-adik tingkatnya di UGM.

Wah wah, apa ini lomba di antara kampus-kampus untuk memberikan gelar buat Pak Jokowi atas jasa dan prestasinya ya? Hmm, mungkin, para mahasiswa ini tengah belajar  bagaimana caranya memberikan gelar buat pejabat dan politisi. Bukan begitu, Pak? Hehe.

Ya, sebenarnya status dan gelar belum pasti menjamin kokgengs. Buktinya, nggak semua juara Indonesian Idol dan MasterChef Indonesia sukses di dunia luar buat jadi penyanyi dan koki profesional. Ya kan? (A43)

Baca Juga: The King of Lip Service, Apa Salahnya?


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_img

#Trending Article

Surya Paloh Cuma Coba-coba?

Meskipun Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem telah menghasilkan nama-nama hasil voting Dewan Pimpinan Daerah (DPW), Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyebut Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo yang...

Jokowi Isyaratkan Lawan Megawati?

Tangkapan kamera formasi iringan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama tujuh ketua umum partai politik dianggap merepresentasi terbentuknya poros koalisi menghadapi kontestasi politik 2024. Lantas,...

Cak Imin Jago Gocek?

Lagi lagi Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar yang akrab disapa Cak Imin tampil dan menarik atensi publik melalui gocekan-gocekan politiknya...

NasDem-Demokrat Bentuk Koalisi?

Surya Paloh merupakan elite politik pertama yang ditemui secara terbuka oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Apakah Partai NasDem dan Partai Demokrat akan membentuk koalisi? PinterPolitik.com Sambutan...

Permainan Surya Paloh Belum Usai?

Meski Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem telah usai, tapi tanya tentang hasil Rakernas masih membayangi pikiran publik. Apa sebenarnya strategi Ketua Umum Surya Paloh di balik...

Prabowo Tidak Yakin dengan Megawati?

Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) dibentuk oleh Partai Gerindra bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Apakah ini dapat dimaknai sebagai kekhawatiran Prabowo Subianto terhadap Megawati? PinterPolitik.com Partai Gerindra...

Kok Jokowi Marah-Marah?

Lagi-lagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegur pejabat  kementerian dan pemerintahan daerah soal prioritas belanja. Jokowi menilai belanja produk luar masih lebih tinggi dibandingkan produk...

Jokowi Gak Butuh Ma’ruf Amin?

Tidak terlihatnya Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada reshuffle kabinet mengundang tanda tanya sebagian orang. Apakah ini bermakna bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah tidak butuh Ma’ruf? PinterPolitik.com Sebagian orang...

More Stories

Mahathir Bisa Buat Jokowi Terganggu?

Eks-PM Malaysia Mahathir Mohamad sebut Kepulauan Riau harusnya diminta oleh Malaysia. Apa Mahathir ingin ganggu pemerintahan Jokowi?

Bukan Jokowi, Tapi Gibran?

Putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, yang kini jabat Wali Kota Solo tarik perhatian para elite politik, seperti Prabowo dan Megawati.

Biden Paksa Jokowi Beli Senjata?

Presiden AS Joe Biden sebut siap bela Taiwan bila diserang Tiongkok. Apakah ini bisa jadi cara Biden "paksa" Jokowi beli senjata?