HomeCelotehKetika Amien Rais ‘Ancam’ PKS

Ketika Amien Rais ‘Ancam’ PKS

“Terlalu dini untuk berbicara tentang pembagian kekuasaan secara nyata” – Amien Rais, mantan Ketua Dewan Kehormatan PAN


PinterPolitik.com

Gengs, kalau kalian pernah nonton serial Mahabharata, pasti tahu kalau di situ ada cerita saat satu keluarga harus pecah kongsi karena kepentingan politik antar kelompok kecil. Kurawa di satu pihak melawan Pandawa di pihak lain. Semuanya sebenarnya tuh masih satu keluarga, cuy.

Ini mirip perpecahan yang terjadi di dalam tubuh Partai Amanat Nasional (PAN) di mana satu keluarga terbelah menjadi dua blok, yakni Amien Rais bersama ketiga putrinya vis-a-vis satu anaknya yang setia dengan mertua yang bernama Zulkifli Hasan (Zulhas).

Amien Rais yang merasa sudah nggak dihargai memutuskan untuk keluar dan membuat partai baru bernama Partai Ummat. Dibentuklah segala urusan administrasinya, mulai logo dan asas. Ternyata, setelah jadi, logonya dispekulasikan oleh banyak pihak mirip kayak Partai Masyumi yang dulu pernah eksis lhocuy.

Sementara, asasnya ternyata murni berdasar prinsip Islam, beda dengan PAN. Justru, kalau pakai ilmu cocokologiPartai Ummat ini secara asas mirip dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Kasak-kusuk pun muncul terkait orientasi Partai Ummat ini. Apakah ia lahir sebagai misi politik Amien Rais balas dendam ke PAN ataukah ia sekadar pembelahan dari agenda besar PAN untuk mengeruk massa PKS karena Ummat tuh lebih banyak kemiripan dengan PKS.

Mungkin, asumsi yang pertama sudah nggak perlu diperbincangkan karena kelihatan di permukaan. Namun, asumsi yang kedua tuh sangat penting diobrolkan lho.

Bukan tidak mungkin, kesamaan antara Ummat dengan PKS nih bukan hanya kebetulan. Pasti ada apa-apa dong di balik itu semua.

Baca juga :  Anies-AHY Kawin Paksa?
- Advertisement -

Ini kalau dalam perfilman mirip dengan kisah penyamaran yang dilakukan tokoh utama. Tentu, kalian pernah menonton film Game of Thrones, kan? Coba fokus pada aksi yang diperagakan oleh Arya Stark.

Oleh karena itu, mimin sih agak sepakat kalau dibilang Ummat ini sebenarnya membidik massa PKS. Memang sih, mau nggak mau, massa PAN juga bakal disedot oleh sosok Amien Rais. Namun, tampaknya persoalan serupa akan timbul juga bagi PKS.

Lagian, nggak bakal banyak kok. Sebab di dalam PAN sudah ada sosok Bachir dan Rajasa yang dikenal menjadi simbol PAN di samping Amien Rais (dulu lho ya).

Kalau memang benar Ummat ingin menarik kalangan pemilih Islam kritis yang selama ini menjadi basis PKS, maka mimin harus mengacungi seribu jempol – pinjam jempolnya dong – buat Amien Rais. Secara, modus operasinya smooth banget, cuy.

Coba deh. Selama ini, kita dibuat sibuk membenturkan Amien dengan Zulhas, kan? Padahal, mungkin saja di belakang layar ini jadi strategi untuk menghantam partai lain. Mumpung publik dibuat nggak sadar toh. Siapa tahu kan? Hehe. (F46)

spot_img

#Trending Article

Ma’ruf Amin Apes di Pilkada 2020

"Kami menyatakan permohonan maaf kepada masyarakat Tangsel karena belum dapat memenangkan harapan perubahan. Hasil penghitungan suara kami tidak banyak dibandingkan paslon lain". - Siti...

Janji Surga ala Ma’ruf Amin?

“Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang memeluk Islam terbanyak di dunia. Siapa yang berkata la ilaha illallah dakholal jannah masuk surga. Berarti penduduk surga itu kebanyakan...

Hadi dan Seragam “Militer” ATR/BPN

Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto buat seragam baru bagi ASN dan PNS Kementerian ATR/BPN. Mengapa pergantian seragam ini jadi penting?

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Ceker Ayam, Rahasia Kemajuan Tiongkok?

“Kami berusaha menyerap kenaikan harga komoditas ini, dengan memanfaatkan seluruh bagian ayam. Itu berarti menggunakan setiap bagian ayam, kecuali bulunya, kurasa.” – Joey Wat, CEO...

Surya Paloh Siap Relakan Megawati?

Intrik antara partai yang dipimpin Surya Paloh (Nasdem) dan PDIP yang dipimpin Megawati semakin tajam. Siapkah Paloh relakan Megawati?

Anies Ikuti Jejak Soekarno?

“Perubahan nama Rumah Sakit menjadi Rumah Sehat, dilakukan agar Rumah Sakit ikut ambil peran dalam pencegahan penyakit, sekaligus mempromosikan hidup sehat.” – Anies Baswedan,...

Melacak Arah Petir Brigadir J?

“CCTV harus diuji. Kenapa harus diuji? Pertama CCTV sudah disambar petir. Maka kalau tiba-tiba CCTV ketemu kembali, harus dibikin acara dengan petir, kapan petir...

More Stories

Megawati Sukses “Kontrol” Jokowi?

“Extraordinary claims require extraordinary evidence” – Carl Edward Sagan, astronom asal Amerika Serikat (AS) PinterPolitik.com Gengs, mimin mau berlagak bijak sebentar boleh, ya? Hehe. Kali ini, mimin mau berbagi pencerahan tentang...

Arief Poyuono ‘Tantang’ Erick Thohir?

“Orang hebat tidak dihasilkan dari kemudahan, kesenangan, dan kenyamanan. Mereka dibentuk melalui kesulitan, tantangan, dan air mata” – Dahlan Iskan, mantan Menteri BUMN PinterPolitik.com Gengs, kalian...

Sri Mulyani ‘Tiru’ Soekarno?

“Tulislah tentang aku dengan tinta hitam atau tinta putihmu. Biarlah sejarah membaca dan menjawabnya” – Soekarno, Proklamator Indonesia PinterPolitik.com Tahukah kalian, apa yang menyebabkan Indonesia selalu...