HomeCelotehGenderang Perang Zulhas untuk Gibran

Genderang Perang Zulhas untuk Gibran

“Shinzō o sasageyo!” – Erwin Smith, Attack on Titan (2013-sekarang)


PinterPolitik.com

Kutipan di atas ini mungkin terdengar tidak asing bagi sejumlah orang. Pasalnya, seruan seperti ini kerap diucapkan oleh pahlawan Skotlandia bernama William Wallace dalam sebuah film yang berjudul Braveheart (2015).

Emang sih bisa dibilang kalau keberanian Wallace dalam film tersebut patut diacungi jempol. Berkat seruan semangatnya, pasukan Skotlandia pun akhirnya menjadi berapi-api dan siap untuk pergi berperang.

Hmm, apa yang dilakukan oleh Wallace ini sebenarnya dikenal dengan istilah “battle cry”. Buat para penggemar film dan seri yang bertemakan perang, battle cry seperti ini sering kok terlihat di sejumlah adegan.

Dalam Game of Thrones (2011-2019), misalnya, battle cry seperti ini sering dilakukan sebelum pergi bertempur. Sejumlah battle cry pun mengutip motto yang digunakan oleh masing-masing keluarga bangsawan.

Anime pun nggak ketinggalan juga lho soal battle cry semacam ini. Dalam anime yang berjudul Attack on Titan (2013-sekarang), misalnya, Komandan Erwin Smith sering lho ketika sebelum berperang berseru, “Shinzō o sasageyo!

Ya, kurang lebih hampir semua battle cry bertujuan untuk meningkatkan semangat perjuangan bala tentaranya. Namun, battle cry semacam ini tampaknya nggak cuma ada dalam dunia perang, melainkan juga di dunia politik.

Gimana nggak? Beberapa waktu lalu, Ketua Umum (Ketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) mengeluarkan pernyataan yang intinya meminta para kader PAN untuk berjuang keras secara sungguh-sungguh, mati-matian, hingga habis-habisan untuk memenangkan Calon Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Pilkada Solo 2020.

- Advertisement -

“Meminta mereka di sisa akhir Pilkada ini untuk bekerja keras, sungguh-sungguh, mati-matian, habis-habisan, diminta atau tidak diminta, untuk memenangkan pilihan kita,” seru Ketum PAN tersebut ketika bersilaturahmi dengan kader-kader PAN se-Jawa Tengah di Kota Solo.

Baca juga :  Pak Jokowi Nomor Dua Dunia

Waduh, seruan battle cry ala Pak Zulhas ini kayak-nya benar-benar ingin memberikan totalitas pada medan perang Pilkada ya. Apalagi nih, Pak Ketum PAN ini juga menyerukan secara khusus pada medan perang Pilkada yang ada di Solo lho.

Hmm, kira-kira, kenapa ya Pak Zulhas kok totalitas banget untuk Mas Gibran – putra dari Presiden Joko Widodo (Jokowi)? Bahkan, PAN disebut-sebut menjadi salah satu partai yang paling pertama lho buat mengusung Mas Gibran meskipun calonnya sendiri merupakan kader PDIP.

Apalagi nih, Pak Jokowi udah beberapa kali memberi sinyal akan adanya reshuffle kabinet lho. Barang kali, partai yang dipimpin Pak Zulhas itu punya kesempatanHehe.

Belum lagi, seruan Pak Zulhas ini muncul menyusul sinyal reshuffle kabinet menguat setelah operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terjadi pada salah satu menteri di Kabinet Indonesia Maju. Kan, siapa tahu, kan? Hehe.

Ya, terlepas dari kemungkinan adanya kesempatan itu, hanya Pak Zulhas dan PAN sendiri yang mungkin tahu mengapa genderang perang ini semakin menguat di pengujung pertarungan Pilkada Solo. Menarik nih untuk dilihat dinamika Istana ke depannya. (A43)

spot_img

#Trending Article

Ma’ruf Amin Apes di Pilkada 2020

"Kami menyatakan permohonan maaf kepada masyarakat Tangsel karena belum dapat memenangkan harapan perubahan. Hasil penghitungan suara kami tidak banyak dibandingkan paslon lain". - Siti...

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Ceker Ayam, Rahasia Kemajuan Tiongkok?

“Kami berusaha menyerap kenaikan harga komoditas ini, dengan memanfaatkan seluruh bagian ayam. Itu berarti menggunakan setiap bagian ayam, kecuali bulunya, kurasa.” – Joey Wat, CEO...

Surya Paloh Siap Relakan Megawati?

Intrik antara partai yang dipimpin Surya Paloh (Nasdem) dan PDIP yang dipimpin Megawati semakin tajam. Siapkah Paloh relakan Megawati?

Anies Ikuti Jejak Soekarno?

“Perubahan nama Rumah Sakit menjadi Rumah Sehat, dilakukan agar Rumah Sakit ikut ambil peran dalam pencegahan penyakit, sekaligus mempromosikan hidup sehat.” – Anies Baswedan,...

Melacak Arah Petir Brigadir J?

“CCTV harus diuji. Kenapa harus diuji? Pertama CCTV sudah disambar petir. Maka kalau tiba-tiba CCTV ketemu kembali, harus dibikin acara dengan petir, kapan petir...

Jokowi Kameo Pilpres 2024?

“Yang paling sering kalau ke kondangan. Bahkan saat nyumbang ke Surabaya, ada yang bilang kalau ada tamu Pak Presiden lagi blusukan. Bahkan ada yang rebutan...

Anies-AHY Kawin Paksa?

“Tentu proses membangun chemistry antara satu dan yang lain penting, bukan kawin paksa,” - Willy Aditya, Ketua DPP Partai NasDem PinterPolitik.com Siapa yang tidak kenal dengan Siti...

More Stories

Anies: Bukan Soal Arab-Jawa

Persoalan identitas Anies Baswedan dimunculkan Ruhut Sitompul usai putrinya menikah berbudaya Jawa. Mengapa ini bukan soal Arab atau Jawa?

Ma’ruf Amin Dukung Anies 2024?

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin tetap ingin netral di 2024. Namun, beberapa waktu lalu, sambut kunjungan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Prabowo Pasti Gagal di 2024?

Nama Prabowo Subianto dirumorkan bakal jadi sosok yang didukung Presiden Jokowi di 2024. Mengapa hal itu sebenarnya mustahil?