HomeCelotehDi Balik Menperin Dorong SNI Masker

Di Balik Menperin Dorong SNI Masker

“Wirausahawan adalah mereka yang memahami tipisnya perbedaan antara peluang dan hambatan serta mampu mengelolanya menjadi keuntungan” – Nicollo Machiavelli, filsuf asal Italia


PinterPolitik.com

Kita semua pasti punya kartun favorit. Ya kan, gengs? Sekarang kalau mimin ditanya kartun favoritnya apa, mimin pasti menjawab: buanyak. Salah satunya ya SpongeBob Squarepants.

Nah, dalam seri kartun yang berlatar belakang di negeri imajinasi bernama Bikini Bottom itu, ada sosok yang paling bikin mimin gemes, yakni Tuan Krab. Bahkan, menurut mimin, Tuan Krab adalah sosok yang lebih sadis dibanding Plankton, cuy, kalau soal usaha cari untung.

Nah, kayaknya nih, watak seperti juga sedikit banyak dimiliki oleh orang-orang Indonesia. Beberapa waktu lalu, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang membuat rumusan Rancangan Standar Nasional Indonesia (RSNI) masker berbahan kain.

Tentu saja mimin pahamlah maksud Pak Agus tuh pengen biar masyarakat benar-benar terjamin perlindungannya. Nggak asal-asalan dalam memakai protokol kesehatan.

Sebenarnya, mimin sedikit lega dan menaruh sepakat dalam hati nurani, sob, ketika ketentuan ini bersifat sukarela. Namun, mimin nih ketar-ketir juga buat produsen yang kesulitan memenuh standar. Hehehe.

Bayangkan saja, dengan adanya peraturan ber-SNI ini, tentu membuat pedagang kecil yang sudah lama menjajakan masker tuh pontang-panting. Bahkan, mimin yakin kerepotan ini juga dirasakan oleh pihak produsen.

Secara, nanti kan pasti pedagang dituntut untuk mengurus izin SNI tohcuy. Dan, kalian tahu nggak sih biaya pengurusan SNI tuh berapa? Mencapai sekitar Rp 14,2 juta lho.

- Advertisement -

Ya, mungkin, maksudnya baik agar penggunaan masker yang berstandar membantu pencegahan penularan virus Corona yang jadi biang di balik Covid-19. Namun, coba tengok nasib produsen kecil dan para pedang yang sudah terlanjur kulakan barang – pasti mereka langsung meradang. Hmm. (F46)

Baca juga :  Menguak Hubungan Mega-Ratu Elizabeth
spot_img

#Trending Article

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Dewan Kolonel, Gimmick Duet Puan-Prabowo?

“Pokoknya, Dewan Kolonel ini adalah satu-satunya dengan tujuan mendukung Mbak Puan di 2024. Itu sekali lagi, tentu kami masih menunggu keputusan Bu Megawati siapa...

Ketika Anies Jadi Cover Boy

Baru-baru ini, warga Kota Malang, Jawa Timur, diramaikan oleh kemunculan tabloid-tabloid bergambarkan muka Anies. Anies sukses jadi cover boy?

Mengapa Mahfud Kebut UU PDP?

Setelah ramai serangan Bjorka pada pejabat, Mahfud MD berjanji agar UU Perlindungan Data Pribadi (PDP) segera disahkan oleh DPR.

Jokowi, Anies, dan Politik Penghargaan

Anies Baswedan mendapatkan penghargaan Lee Kuan Yew Exchange Fellow dari Singapura. Sementara, Jokowi dapat Global Citizen Awards di AS.

Airlangga ”Dijepit” JK dan PKS?

“Pak JK selalu dikaitkan, endorse Anies, kenapa nggak berat ke AH. Kalau kemudian Pak JK dikaitkan dengan endorse AH itu tidak lepas dari upaya upaya mencarikan...

Ojol Sejahtera, Janji Tinggal Janji?

“Besar harapan kami, aksi yang kami lakukan dapat diakomodir menjadi diskusi yang baik dan konstruktif, dan dapat menghasilkan kebijakan yang bermanfaat bagi rakyat Indonesia yang berprofesi...

Misteri Nomor Urut Tiga PDIP

“Jadi dari pihak PDIP, mengusulkan yang namanya tanda gambar itu, nomor itu sebenarnya saya katakan kepada Bapak Presiden dan Ketua KPU dan Bawaslu bahwa...

More Stories

Megawati Sukses “Kontrol” Jokowi?

“Extraordinary claims require extraordinary evidence” – Carl Edward Sagan, astronom asal Amerika Serikat (AS) PinterPolitik.com Gengs, mimin mau berlagak bijak sebentar boleh, ya? Hehe. Kali ini, mimin mau berbagi pencerahan tentang...

Arief Poyuono ‘Tantang’ Erick Thohir?

“Orang hebat tidak dihasilkan dari kemudahan, kesenangan, dan kenyamanan. Mereka dibentuk melalui kesulitan, tantangan, dan air mata” – Dahlan Iskan, mantan Menteri BUMN PinterPolitik.com Gengs, kalian...

Sri Mulyani ‘Tiru’ Soekarno?

“Tulislah tentang aku dengan tinta hitam atau tinta putihmu. Biarlah sejarah membaca dan menjawabnya” – Soekarno, Proklamator Indonesia PinterPolitik.com Tahukah kalian, apa yang menyebabkan Indonesia selalu...