HomeCelotehBila Sri Mulyani Ikut Kuis

Bila Sri Mulyani Ikut Kuis

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebutkan bahwa sulit untuk menjelaskan persoalan teknikal kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1-4 kepada masyarakat. Apa ini cerminan bahwa negara Indonesia ini dikelola bak sebuah acara kuis di televisi (TV)?


PinterPolitik.com

Sore hingga malam hari di akhir pekan memang waktu yang pas untuk bersantai. Seusai menjalani satu minggu yang penuh dengan persoalan kerja, waktu-waktu ini menjadi waktu yang berharga buat beristirahat.

Di waktu senggang itu, biasanya juga ada acara-acara televisi yang menghibur. Tentunya, yang aku maksud bukan sinetron ya, melainkan acara-acara kuis yang dulu populer pada tahun 1990-an hingga 2000-an.

Salah satu acara kuis yang dulu aku tonton pas masih kecil adalah Kata Berkait (1995-2001) yang tayang setiap jam prime time akhir pekan di RCTI. Untuk memenangkan kuis ini, dua kelompok harus berusaha menebak kata-kata baru dari kata yang sebelumnya sudah diberikan hingga menjadi sebuah kaitan kata-kata antara satu sama lain.

Unsur yang membuat acara-acara seperti ini seru untuk diikuti adalah efek kejut setelah jawabannya terungkap. Nggak jarang, kita juga ikutan meneriakkan tebakannya meskipun hanya menonton dari layar kaca. Biasanya, ketika tebakan kita benar, kita jadi ikut ngerasa bangga dan bisa buat jadi peserta.

Namun, meski kita merasa bisa menjawab, para peserta yang ikut acara kuis biasanya adalah para figur publik – seperti selebriti, penyanyi, bintang film, dan sebagainya. Tapi, coba bayangkan kalau misalnya yang ikut adalah politisi dan pejabat. Kira-kira, gimana ya?

Baca Juga: Sri Mulyani Tiru Gaya Jokowi?

Curhat Sri Mulyani
- Advertisement -

Boleh jadi, menjadi peserta kuis adalah tantangan tersendiri bagi Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. Bisa-bisa, Bu Ani (sapaan akrab Sri Mulyani) bingung sendiri waktu mau menyampaikan tebakan dan jawabannya kala tiba gilirannya.

Baca juga :  Melacak Arah Petir Brigadir J?

Gimana nggakWong soal kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1-4 dari pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) aja Bu Ani mengaku kesulitan untuk menjelaskan. Padahal, kan, Bu Ani termasuk bagian dari tim pemerintah.

Apa Bu Ani nggak di-briefing dulu sama tim pemerintahan Jokowi soal “jawaban” akan kebijakan-kebijakan mereka? Kalau gini caranya, Bu Menkeu udah kalah duluan dong di acara kuis “Pandemi Berkait”. Kaitannya ada banyak lho, Bu – mulai dari dimensi kesehatan masyarakat sampai kondisi ekonomi.

Atau mungkin Bu Ani melontarkan self-critic terhadap pemerintah ya? Mungkin, pemerintahan yang sekarang ini mirip lah ya dengan acara kuis, yakni penuh dengan tebak-tebakan soal kebijakan apa yang diambil – mulai dari ada atau tidaknya bantuan sosial (bansos) sampai perpanjangan PPKM Level 1-4. Belum lagi, orang-orang pemerintahnya juga saling bersautan satu sama lain.

Terlepas dari banyaknya tebak-tebakan dalam pengelolaan negara ini, mungkin ada satu perbedaan yang mencolok bila dibandingkan dengan acara-acara kuis. Bila acara kuis memiliki pemandu acara yang jelas, kuis “Pandemi Berkait” justru gonta-ganti nih pemandu kebijakannya. (A43)

Baca Juga: Sri Mulyani, Pajak, Revolusi?


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_img

#Trending Article

Mahfud Sang Menteri Komentator?

“Tersangka belum diumumkan dia udah ngumumkan dulu. Apakah yang begitu itu jadi tugas Menko Polhukam. Koordinator, lo, bukan komentator.” – Bambang “Pacul” Wuryanto, Ketua Komisi...

Misteri Keresahan Gandum Limpo

“Kita impor terus nih. Kalau saya sih nggak setuju jelas. Kita, apapun kita makan singkong saja, sorgum saja, dan makan saja sagu” – Syahrul Yasin...

Tiket Pesawat Naik, Tiket PDIP Naik?

“Kasus mahalnya tiket pesawat ini lebih ke soal politis, mau siapapun menteri atau presidennya enggak akan mampu memaksa perusahaan menjual rugi tiket pesawatnya. Kecuali...

Puan Tidak Cocok Jadi Capres?

Nama Puan Maharani makin ramai dibicarakan menjelang kontestasi Pilpres 2024. Namun, apakah benar Puan punya rekam jejak cukup jadi capres?

Misteri Megawati Dikte Putin

“Putin bilang, ‘welcome, Megawati.’ Datang saya, pulang (ke Indonesia) saya bawa banyak (alutsista),” – Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PDIP PinterPolitik.com Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan...

Luhut Gajah Mada-nya Jokowi?

“Pak Luhut mirip Gajah Mada, lihai hadapi banyak kasus. Kalau turun gunung pasti selesai,” – Adli Bahrun, pengamat sosial Universitas Jakarta (Unija) PinterPolitik.com Beberapa hari lalu, sempat...

TGB, Kunci Perindo Lolos Senayan?

“Dalam waktu dekat akan banyak deklarasi baru. Tokoh-tokoh bangsa akan bergabung dengan Partai Perindo” – Hary Tanoesoedibjo, Ketua Umum Partai Perindo PinterPolitik.com Tidak selamanya logika marketing periklanan...

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

More Stories

Jokowi Khianati Projo dkk?

M. Qodari sebut Jokowi berselancar di antara dua karang, yakni karang partai (PDIP dkk) dan karang relawan (Projo dkk). Benarkah demikian?

Anies: Bukan Soal Arab-Jawa

Persoalan identitas Anies Baswedan dimunculkan Ruhut Sitompul usai putrinya menikah berbudaya Jawa. Mengapa ini bukan soal Arab atau Jawa?

Ma’ruf Amin Dukung Anies 2024?

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin tetap ingin netral di 2024. Namun, beberapa waktu lalu, sambut kunjungan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.