HomeCelotehAhok Urus Ibu Kota (Lagi)?

Ahok Urus Ibu Kota (Lagi)?

“Okay, I was gone for a minute but I’m back now” – Logic, penyanyi rap asal Amerika Serikat


PinterPolitik.com

Siapa yang tidak kenal dengan tokoh yang biasa disebut dengan nama panggilan Ahok? Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) itu merupakan sosok yang kontroversial.

Walau beliau dikenal banyak orang sebagai politisi yang bertindak bersih dan berani dalam membasmi korupsi, Pak Ahok ini juga diingat sebagai orang yang dianggap telah menistakan agama. Kasus penistaan agama itu pula lah yang disebut-sebut membuat beliau gagal memenangi Pilkada DKI Jakarta 2017 dan harus mendekam di penjara untuk menjalani sanksi pidana.

Setelah beliau bebas dari hukuman penjara pada Januari 2019 lalu, banyak pihak tampaknya masih mengharapkan kehadiran beliau di pemerintahan. Alhasil, berbagai desas-desus mengenai karier Pak Ahok banyak berseliweran di media massa, lini masa media sosial, dan masyarakat pada umumnya.

Kabar yang menyebutkan bahwa beliau diusulkan menjadi Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) misalnya, sempat ramai pada tahun 2019 lalu karena Pak Ahok dinilai dapat menjadi tokoh yang dibutuhkan bagi dunia persepakbolaan Indonesia yang dianggap penuh dengan tindakan koruptif.

Selain Ketum PSSI, Pak Ahok juga sempat diisukan akan menjadi menteri dalam kabinet periode kedua Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bahkan, citranya yang “bersih” itu juga membuat beliau dirumorkan akan menjadi Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ya, tapi, desas-desus dan rumor itu akhirnya nggak benar-benar kejadian. Pak Ahok malah mendapatkan posisi sebagai Komisaris Utama (Komut) bagi perusahaan minyak dan gas milik negara, Pertamina. Katanya sih, Pak Ahok ini bakal ngebasmi mafia-mafia migas lho.

- Advertisement -

Tapi nih, belum lama menjadi Komut Pertamina, muncul lagi kabar kalau misalnya Pak Ahok ini bakal mengisi peran dan bagian penting dalam visi Pak Jokowi, yakni pemindahan ibu kota negara.

Dari beberapa sumber yang didapatkan oleh media Tempo, Pak Ahok merupakan salah satu nama yang dipertimbangkan oleh Pak Jokowi untuk memimpin Badan Otorita yang akan mengurusi ibu kota baru. Posisi tersebut nantinya bakal jadi jabatan yang setingkat dengan menteri.

Tapi, Pak Ahok bakal punya pesaing nih. Selain mantan Gubernur DKI Jakarta itu, ada beberapa nama lain, seperti Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro dan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Budi Gunadi Sadikin.

Ya, kalau Pak Ahok jadi dipilih beneran, beliau bakal ngurusin ibu kota lagi dong. Kan, sebelumnya udah pernah tuh memimpin ibu kota dulu. Hehe. (A43)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga :  Megawati adalah Raja Terakhir?
spot_img

#Trending Article

Surya Paloh Cuma Coba-coba?

Meskipun Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem telah menghasilkan nama-nama hasil voting Dewan Pimpinan Daerah (DPW), Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyebut Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo yang...

Permainan Surya Paloh Belum Usai?

Meski Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem telah usai, tapi tanya tentang hasil Rakernas masih membayangi pikiran publik. Apa sebenarnya strategi Ketua Umum Surya Paloh di balik...

Ganjar, Mbappe-nya PDIP?

Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dilirik partai lain untuk dijadikan Capres 2024. Apakah Ganjar semacam "Mbappe"-nya PDIP?

Prabowo Tidak Yakin dengan Megawati?

Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) dibentuk oleh Partai Gerindra bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Apakah ini dapat dimaknai sebagai kekhawatiran Prabowo Subianto terhadap Megawati? PinterPolitik.com Partai Gerindra...

Jokowi Gak Butuh Ma’ruf Amin?

Tidak terlihatnya Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada reshuffle kabinet mengundang tanda tanya sebagian orang. Apakah ini bermakna bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah tidak butuh Ma’ruf? PinterPolitik.com Sebagian orang...

Zulhas Gak Nyambung?

Baru saja dilantik menjadi Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas) langsung sidak ke pasar dan tiba-tiba berikan hadiah umrah kepada pedagang. Kenapa Zulhas melakukan...

NasDem-Demokrat Bentuk Koalisi?

Surya Paloh merupakan elite politik pertama yang ditemui secara terbuka oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Apakah Partai NasDem dan Partai Demokrat akan membentuk koalisi? PinterPolitik.com Sambutan...

Cak Imin Jago Gocek?

Lagi lagi Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar yang akrab disapa Cak Imin tampil dan menarik atensi publik melalui gocekan-gocekan politiknya...

More Stories

Megawati Tidak Rasis ke Papua?

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri analogikan tercampurnya orang Papua dengan etnis Indonesia bagaikan "kopi susu". Apakah Megawati rasis?

Mahathir Bisa Buat Jokowi Terganggu?

Eks-PM Malaysia Mahathir Mohamad sebut Kepulauan Riau harusnya diminta oleh Malaysia. Apa Mahathir ingin ganggu pemerintahan Jokowi?

Bukan Jokowi, Tapi Gibran?

Putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, yang kini jabat Wali Kota Solo tarik perhatian para elite politik, seperti Prabowo dan Megawati.