HomeCelotehAhok ‘Senggol’ Erick (Lagi)?

Ahok ‘Senggol’ Erick (Lagi)?

“Pelajarilah aturan layaknya seorang profesional sehingga Anda dapat mematahkan mereka seperti seorang seniman” – Pablo Picasso, Seniman asal Spanyol


PinterPolitik.com

Gengs, bagaimana jadinya andai ada orang yang merangkap jabatan? Tentu, ada dua dampak. Pertama, dampak dirinya sendiri, yakni bisa kaya raya karena memang gajinya dari dua lini.

Kedua, dampak untuk perusahaan atau organisasi, yakni perusahaan atau organisasi terkait akan kolaps. Mengapa bisa? Ya, sebab tandanya atmosfer demokratis dan sumber daya manusianya kurang.

Kalau memang demokratis dan cerdas, tentu nggak perlu lah memasang satu orang untuk dua jabatan. Namun, namanya aja manusia, kadang orang yang dobel jabatan tersebut santai dan tenang aja tuh menjalankan semuanya. Kayak nggak ngerasa ada beban.

Eh, jangan salah, cuy. Orang seperti itu sebenarnya punya tekanan yang luar biasa tetapi mungkin ia sudah kepalang tanggung bersedia. Lagian, tentu dompet tebal jadi faktor pendukung juga kan? Hehe.

Mimin mulai berpikir kayaknya Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok sedang merasakan kondisi seperti disebut di atas. Komisaris Utama (Komut) PT Pertamina tersebut bahkan terang-terangan menyebut dirinya sebagai direktur utama nyaru (menyamar) komut saat kolaborasi bareng Butet Kertaradjasa di YouTube.

Cie, Ahok sekarang sering banget ya kolaborasi di depan layar. Padahal, dulu sering sendiri deh. Doi mulai jaga-jaga biar ada yang ngingetin saat omongan mulai dinilai offside kah, cuyUpps.

Lanjut aja deh. Nah, dalam video tersebut, kata Ahok, bukti dirut nyaru komut tuh bisa dilihat dari pekerjaan dan rapat yang ia gelar. Normalnya komisaris tuh rapat nggak lebih dari sekali dalam seminggu tetapi Ahok lebih dari jumlah itu, cuy. Ia rapat bisa empat kali dalam seminggu. Widihngalahin direktur dongcuy.

- Advertisement -

Ya, meski omongan Ahok bernuansa kelakar, dalam antropologi politik tuhnggak ada orang ngomong tanpa punya maksud tertentu. Konyol dong kalau sampai kita menganggap omongan Ahok tanpa tujuan.

Baca juga :  Giring Ingin Balik Nyanyi Lagi?

Minimal tujuannya hendak memberi kode ke Mbak Nicke Widyawati – Dirut sebenarnya – bahwa di Pertamina ada sosok Ahok yang pengaruhnya besar sekali. Atau, jangan-jangan bidikan Ahok nggak cuma internal Pertamina, melainkan langsung menyentil Menteri BUMN Erick Tohir, cuy?

Secara, kan memang dari dulu banyak yang membanding-bandingkan Ahok dengan Erick. Pun Erick sering lho memanggil Ahok ke kantor setiap kali ada sesuatu yang kontroversial muncul – seperti kemarin pertengahan September saat Ahok ngomong soal kebobrokan Pertamina. Widih, kira-kira omongan edisi Oktober ini bakal membuat Erick naik pitam nggak, ya? Semoga nggak deh. Situasi Indonesia udah panas kok masih mau dibikin tambah panas.

Lagian juga, ini ngapain Ahok kelakar di depan publik begitu? Kalau toh benar Ahok kinerjanya ekstra sampai melebihi direktur, ya mending hal begitu disimpan buat dirinya dan tim saja – nggak perlu dikonsumsi publik. Khawatirnya banyak tafsiran yang aneh-aneh.

Ingat lho ya. Indonesia sudah panas karena isu-isu seperti omnibus lawEh, apa jangan-jangan Ahok nih sengaja memproduksi sesuatu yang kontroversial lagi supaya perhatian masyarakat beralih dari isu Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (RUU Ciptaker) menuju statement doi? Hmm. (F46)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

#Trending Article

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

AHY Bukan Jodoh Anies di 2024?

Partai Demokrat telah umumkan dukung Anies Baswedan sebagai capres 2024 tetapi serahkan cawapres ke Anies. Apakah AHY bukan jodoh Anies?

Janji Anies untuk Prabowo Palsu?

Sandiaga Uno menyebutkan bahwa Anies Baswedan punya sebuah perjanjian dengan Prabowo Subianto. Apakah janji itu hanya janji palsu?

Jabatan Kades Mirip One Piece?

Demonstrasi kepala desa (kades) tuntut perpanjangan masa jabatan hingga 9 tahun. Apakah para kades ingin bisa seperti anime One Piece?

Kapal Anies ‘Diserang’ Ular?

Mantan Gubernur Banten Wahidin Halim dikirimi ular ketika akan bertemu Anies Baswedan. Apakah kapal Anies tengah 'diserang' ular?

Sudah Saatnya Prabowo Contoh Megawati?

Partai Gerindra tetap kukuh usung Prabowo Subianto sebagai capres. Apakah seharusnya ini saatnya Prabowo contoh cara Megawati?

Di Balik Usul Imin Hapus Gubernur

Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) usul hapuskan jabatan gubernur karena melelahkan dan hanya jadi penghubung pusat-daerah. Mengapa?

Mungkinkah “The Last of Us” di Dunia Nyata?

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin angkat bicara soal The Last of Us (2023). Apakah Menkes ikut cemas soal wabah zombie?

More Stories

Megawati Sukses “Kontrol” Jokowi?

“Extraordinary claims require extraordinary evidence” – Carl Edward Sagan, astronom asal Amerika Serikat (AS) PinterPolitik.com Gengs, mimin mau berlagak bijak sebentar boleh, ya? Hehe. Kali ini, mimin mau berbagi pencerahan tentang...

Arief Poyuono ‘Tantang’ Erick Thohir?

“Orang hebat tidak dihasilkan dari kemudahan, kesenangan, dan kenyamanan. Mereka dibentuk melalui kesulitan, tantangan, dan air mata” – Dahlan Iskan, mantan Menteri BUMN PinterPolitik.com Gengs, kalian...

Sri Mulyani ‘Tiru’ Soekarno?

“Tulislah tentang aku dengan tinta hitam atau tinta putihmu. Biarlah sejarah membaca dan menjawabnya” – Soekarno, Proklamator Indonesia PinterPolitik.com Tahukah kalian, apa yang menyebabkan Indonesia selalu...