HomeBelajar PolitikJK, Musuh Dalam Selimut Jokowi?

JK, Musuh Dalam Selimut Jokowi?

“Aku suka pada mereka yang masuk menemui malam. Malam yang berwangi mimpi, terlucut debu.” ~ Chairil Anwar


PinterPolitik.om

[dropcap]S[/dropcap]udah empat tahun lamanya Wiwi menjabat sebagai Ketua Umum Yayasan Mahasiswa Rajin Menabung, kalau disingkat jadi YUMARI. Diketahui dalam empat tahun Wiwi menjabat menjadi ketua umum, dirinya dikenal sebagai sosok yang penyabar. Bahkan saking sabarnya, dirinya terima-terima saja dipanggil “anak katak” oleh teman dan anggotanya.

Kesabaran Wiwi juga dapat dikatakan berada di atas rata-rata. Hal itu pun sudah teruji saat dirinya menghadapi kampanye pemilihan ketua umum periode berikutnya, doi di-tackling oleh wakilnya sendiri.

Jadi, pada waktu Wiwi menjalani kepengurusannya, ia memiliki program membangun jembatan layang yang memiliki tujuan memudahkan anggota dan masyarakat sekitar saat menyeberangi sungai kecil di depan sekretariatannya. Namun, entah karena kebodohan atau karena kepolosan wakilnya itu, ia malah membuat semua menjadi blunder.

Wakil Wiwi, sebut saja namanya Kalap, dengan tidak berdosa pada masa kampanye sampat bilang akan mendukung tudingan oposisi terhadap dirinya seperti ini:

Kalap: “Itu kenapa lagi bisa bisanya bangun jembatan depan sekretariat yang sebenarnya enggak ada guna! Gimana enggak guna, wong itu kali udah enggak ada airnya, terus juga kalinya cuman berukuran lima jengkal. Weleh-weleh.”

Pernyataan itu pun dibalas oleh Wiwi seperti ini:

Wiwi: “Waduh, Kalap, kok kamu ngomong gitu sih. Kan saya jadi malu sama oposisi kalau kamu ngomong begitu! Wong, kemarin kan kita sudah sepakat jangan bongkar masalah jembatan.”

Kalap: “Uppss keceplosan Wi, lupa saya!” Click To Tweet

Wiwi: “Ya udah, besok jangan diulang ya. Lihat tuh sekarang oposisi jadi pada girang kan karena omongan kamu.”

Baca juga :  Mengapa Peradaban Islam Bisa Runtuh? 

Meskipun Wiwi seorang penyabar. Wiwi ternyata juga memiliki rasa kesal dan rasa menyesal yang pada akhirnya doi ngedumel seperti ini:

Wiwi: “Hmm, ini gimana sih Si Kalap, katanya dewan pengarah pemenangan kampanyenya saya. Tapi kok doi malah kampanyein oposisi ya! Sebenarnya Si Kalap ini dewan pengarah pemenangan siapa sih? Saya atau oposisi?”

***

Mungkin dari cerita fiksi di atas pelajaran yang bisa kita petik itu seperti apa yang diungkapkan oleh Toni Q. yang kataya begini:

“Tak ada musuh abadi, tak punya teman sejati. Yang ada hanya kepentingan. Ada yang menjadi hobi pakai cara tak terpuji. Waspadai politik adu domba yang akan merusak kita.” (G35)

spot_imgspot_img

#Trending Article

Selama Masih Megawati, PDIP Pasti Oposisi?

Sinyal kuat bergabungnya Partai NasDem dan PKB, ditambah keinginan PKS untuk pula merapat ke koalisi Prabowo-Gibran, membuat Megawati Soekarnoputri dan PDIP dinilai akan mengambil sikap teguh nan luhur sebagai penyeimbang pemerintah. Namun, pada praktiknya, itu akan berjalan setengah hati. Benarkah demikian?

Strategi Erick Thohir Menangkan Timnas?

Timnas U-23 lolos ke babak semifinal di Piala Asia U-23 2024. Mungkinkah ini semua berkat Ketum PSSI Erick Thohir? Mengapa ini juga bisa politis?

Iran Punya Koda Troya di Bahrain? 

Iran sering dipandang sebagai negara yang memiliki banyak proksi di kawasan Timur Tengah. Mungkinkah Bahrain jadi salah satunya? 

“Sepelekan” Anies, PKS Pura-Pura Kuat?

Telah dua kali menyatakan enggan mengusung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024, PKS kiranya sedang mempraktikkan strategi politik tertentu agar daya tawarnya meningkat. Namun di sisi lain, strategi itu juga bisa saja menjadi bumerang. Mengapa demikian?

Gibran, Wapres Paling Meme?

Usai MK bacakan putusan sengketa Pilpres 2024, Gibran Rakabuming Raka, unggah fotonya sendiri dengan sound berjudul “Ahhhhhh”.

The Battle of Javanesia 2: Proxy War Jokowi vs Prabowo di Pilkada 2024

Pilkada serentak 2024 akan jadi panggung pertaruhan partai politik dan elite nasional untuk menentukan siapa yang jejaring kekuasaannya mampu merambah hingga ke level terbawah.

Triad, Grup Mafia Penguasa Asia?

Kelompok mafia tidak hanya ada di negara-negara Barat, di Asia, sebuah kelompok yang disebut Triad kerap disamakan dengan mafia-mafia ala Italia. Bagaimana sejarahnya?

Manuver Mardiono, PPP “Degradasi” Selamanya?

Kendati belakangan berusaha tetap membawa PPP eksis di kancah perpolitikan nasional dengan gestur merapat ke koalisi Prabowo-Gibran, Muhamad Mardiono agaknya tetap akan cukup sulit membawa PPP bangkit jika tak membawa perubahan signifikan. Mengapa demikian?

More Stories

Rocky Gerung Seng Ada Lawan?

“Cara mereka menghina saja dungu, apalagi mikir. Segaris lurus dengan sang junjungan.” ~ Rocky Gerung PinterPolitik.com Tanggal 24 Maret 2019 lalu Rocky Gerung hadir di acara kampanye...

Amplop Luhut Hina Kiai?

“Itu istilahnya bisyaroh, atau hadiah buat kiai. Hal yang lumrah itu. Malah aneh, kalau mengundang atau sowan ke kiai gak ngasih bisyaroh.” ~ Dendy...

KPK Menoleh Ke Prabowo?

“Tetapi kenyataannya, APBN kita Rp 2.000 triliun sekian. Jadi hampir separuh lebih mungkin kalau tak ada kebocoran dan bisa dimaksimalkan maka pendapatan Rp 4.000...