HomeCelotehPDIP Bukan ‘Partai Kafir’!

PDIP Bukan ‘Partai Kafir’!

“Bung Karno selalu menegaskan artinya Islam. Islam yang berkemajuan, Islam Nusantara yang berkemajuan untuk Indonesia raya.” ~ Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.


PinterPolitik.com

[dropcap]P[/dropcap]asti kita sering mendengar anekdot mengenai polarisasi dan dikotomi antara ideologi Islam dan nasionalisme dalam sebuah partai politik yang gak pernah bisa menyatu. Saking terpisahnya, mereka ini udah kayak minyak dengan air yang gak akan mungkin bisa menyatu.

Jadi wajar jika kita temukan pandangan masyarakat yang menganggap Partai Politik yang berideologi Islami, sudah pasti Islamnya. Begitu juga sebaliknya, partai yang gak bawa embel-embel Islam, seperti ideologi nasionalis akan dipandang gak Islami. Mmm, kok terkotak-kotakan gini ya cara pandangnya.

Berhubung masyarakat di Indonesia dominan adalah umat Muslim, maka partai politik yang mengusung ideologi agama, khususnya Islam, akan sangat diuntungkan. Partai yang ideologinya lain gimana? Ya gitu deh, terdiskriminasi dengan sendirinya. Kician banget sih. Cup cup cup, belum kiamat kok, santai bray.

Nah untuk itu, partai yang gak membawa embel-embel agama dalam ideologinya harus gercep niy untuk mengantisipasi sentimen negatif dari masyarakat menjelang Pilkada dan Pilpres kali ini. Yup, seperti yang dilakukan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto bersama pengurus Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) baru-baru ini menemui Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Prof Nasaruddin Umar, Rabu (11/4). Pertemuan ini dimaksudkan untuk bersilaturahim dan bertukar cerita tentang sejarah Istiqlal dan keislaman Presiden Sukarno.

Namun, agenda utama pertemuan ini adalah penyampaian pesan dari Hasto bahwa PDIP merupakan partai yang sejalan dengan ajaran Islam, buktinya proses kaderisasi di internal partai ini yang mengajarkan keislaman serta sejarahnya. Islam Nusantara, Islam Indonesia dengan beragam budaya bangsa.

Baca juga :  Benarkah Ganjar Pemimpin “Overrated”?

Mmm, apa artinya PDIP sedang melancarkan strategi untuk mengembalikan kepercayaan umat Muslim kepada partai ini? Woalah, jadi maksudnya di sini, PDIP mau menyampaikan pesan kepada umat Muslim Indonesia kalau partai banteng ini juga partai yang mengangkat nilai-nilai Islami toh. Ya boleh lah, not bad!

- Advertisement -

Mungkin PDIP ingin mengikuti pesan Din Syamsuddin, dalam bukunya (1993) mengenai paradigma yang menyatakan bahwa antara agama dan negara merupakan suatu yang saling terkait dan berhubungan (simbiotik). Jadi kalau partai mau diterima masyarakat secara penuh, ya harus menjajakan diri dengan nilai-nilai ajaran Islam di dalamnya. (K16)

spot_img

#Trending Article

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Mempersoalkan Checks & Balances Indonesia

Dalam sebuah demokrasi, lembaga-lembaga pemerintahan di Indonesia sudah seharusnya menjalankan fungsi checks & balances. Namun, fungsi tersebut tak dapat jalan bila ada yang mendominasi....

Megawati-Puan Sayang Korea?

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani tampak sangat "sayang" dengan Korea Selatan (Korsel). Mengapa?

Siasat Kartu Nama Erick di G20?

“Erick Thohir mendirikan Mahaka Group, konglomerasi yang fokus pada olahraga dan media hiburan, cetak, radio, dan televisi. Juga memiliki sejumlah klub sepak bola nasional...

NasDem Adalah Partai Main-main?

“Ini bagus juga. Saya hormati itu. Makanya, kalau sudah tahu elektabilitas kecil, ngapain harus dihitung? Anggap saja ini partai main-main.” –  Surya Paloh, Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem PinterPolitik.com Beberapa waktu lalu, panggung...

Macron Bukan Blusukan Tapi KKN?

“Ramah sekali Presiden Prancis ini” –  Warganet  PinterPolitik.com Baru-baru ini, viral di media sosial (medsos) Presiden Prancis Emmanuel Macron yang terlihat menyempatkan diri “blusukan” di Bali usai Konferensi Tingkat Tinggi...

Anies Pelan-pelan “Ngeteng” KIB?

“Mestinya, KIB (Koalisi Indonesia Bersatu) sekarang itu larinya ke Anies. Saya kira akan gabung ke sana,” – Habil Marati, Ketum Forum Ka’bah Membangun PinterPolitik.com Akhir-akhir ini,...

Misteri Pak Bas Jadi Fotografer

“Ya, itu memang hobinya. Ini kan juga event besar yang langka ya,” – Endra Atmawidjaja, Juru Bicara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) PinterPolitik.com Konferensi Tingkat Tinggi...

More Stories

Data IDI Dengan Pemerintah Berbeda?

IDI dilaporkan data kematian Covid-19 yang berbeda dengan pemerintah. Sebut kematian telah sentuh angka 1000 sedangkan data pemerintah belum sentuh angka 600. Dinilai tidak...

MK Kebiri Arogansi DPR

"(Perubahan pasal UU MD3) sudah diputuskan hukum, iya kita sebagai negara hukum, ikut dan taat apa yang telah diputuskan MK yang final dan mengikat,"...

Gerindra ‘Ngemis’ Cari Teman

"Prioritas Gerindra tetap dengan PKS, PAN. Mungkin juga dengan Demokrat yang belum nyatakan sikap. Kita lihat PKB juga.Jadi kita akan merajut koalisi lebih intensif,...