HomeFokus BUMNMantan Menkeu Chatib Basri Jadi Komut Bank Mandiri

Mantan Menkeu Chatib Basri Jadi Komut Bank Mandiri

Mantan Menteri Keuangan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Chatib Basri ditunjuk menjadi Komisaris Utama (Komut) PT Bank Mandiri Tbk mengantikan Kartika Wirjoatmodjo. Penunjukan dilakukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) bank pelat merah tersebut di Jakarta, Rabu (19/2).


PinterPolitik.com

Chatib Basri yang sebelumnya menjabat sebagai wakil Komut Bank Mandiri, menggantikan Kartika Wirjoatmodjo. Kartika yang juga Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (Wamen BUMN), sehari sebelumnya dipercaya menjadi Komut PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) dalam RUPST bank tersebut, Selasa (18/2).

“Di samping untuk menjawab tantangan industri perbankan, keputusan pemegang saham ini diharapkan akan semakin membawa Bank Mandiri menjadi bank BUMN yang mampu memainkan peran sebagai agen perubahan dan agen pencipta nilai untuk masa depan Indonesia yang lebih baik,” kata Direktur Utama (Dirut) Bank Mandiri, Royke Tumilaar sesuai RUPST.

Dalam hasil RUPST tersebut, pemegang saham yang notabene pemerintah, juga menunjuk Hery Gunardi menjadi Wakil Direktur Utama menggantikan Sulaiman Arif Arianto yang telah habis masa jabatannya. Sedang Aquarius Rudianto diangkat menjadi Direktur Bisnis dan Jaringan.

Selain itu, pemegang saham juga setuju mengangkat Andrinof Chaniago, Nawal Nely, Faried Utomo, Arif Budimanta, Boedi Armanto dan Loeke Larasati Agoestina dalam jajaran Dewan Komisaris Perseroan.

Berikut ini daftar susunan komisaris Bank Mandiri yang baru:

Komisaris Utama: M. Chatib Basri,

Wakil Komisaris Utama: Andrinof Chaniago,

Komisaris Independen: Mohamad Nasir,

Komisaris Independen: Boedi Armanto,

Komisaris Independen: Loeke Larasati Agoestina,

Komisaris: Ardan Adiperdana,

Komisaris: Nawal Nely,

Komisaris: Faried Utomo,

Komisaris: Arif Budimanta,

Komisaris: Rionald Silaban. (R58)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_imgspot_img

#Trending Article

Mengapa Prabowo Semakin Disorot Media Asing? 

Belakangan ini Prabowo Subianto tampak semakin sering menunjukkan diri di media internasional. Mengapa demikian? 

Jebakan di Balik Upaya Prabowo Tambah Kursi Menteri Jadi 40

Narasi revisi Undang-Undang Kementerian Negara jadi salah satu yang dibahas beberapa waktu terakhir.

Rekonsiliasi Terjadi Hanya Bila Megawati Diganti? 

Wacana rekonsiliasi Megawati Soekarnoputri dengan Prabowo Subianto dan Joko Widodo (Jokowi) mulai melempem. Akankah rekonsiliasi terjadi di era Megawati? 

Mengapa TikTok Penting untuk Palestina?

Dari platform media sosial (medsos) yang hanya dikenal sebagai wadah video joget, kini TikTok punya peran krusial terkait konflik Palestina-Israel.

Alasan Sebenarnya Amerika Sulit Ditaklukkan

Sudah hampir seratus tahun Amerika Serikat (AS) menjadi negara terkuat di dunia. Mengapa sangat sulit bagi negara-negara lain untuk saingi AS? 

Rahasia Besar Presidential Club Prabowo?

Presiden ke-8 RI Prabowo Subianto disebut menggagas wadah komunikasi presiden terdahulu dengan tajuk “Presidential Club”. Kendati menuai kontra karena dianggap elitis dan hanya gimik semata, wadah itu disebut sebagai aktualisasi simbol persatuan dan keberlanjutan. Saat ditelaah, kiranya memang terdapat skenario tertentu yang eksis di balik kemunculan wacana tersebut.

Apa Siasat Luhut di Kewarganegaran Ganda?

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengusulkan agar kewarganegaraan ganda untuk diaspora Indonesia diperbolehkan. Apa rugi dan untungnya?

Budi Gunawan Menuju Menteri Prabowo?

Dengarkan artikel ini: Nama Kepala BIN Budi Gunawan disebut-sebut sebagai salah satu kandidat calon menteri yang “dititipkan” Presiden Jokowi kepada Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Hal...

More Stories

Erick Thohir Pastikan 4,7 Juta Masker Telah Didistribusikan

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan 4,7 juta masker yang diproduksi oleh perusahaan pelat merah, PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) telah...

BUMN akan Bangun RS Darurat Corona di Daerah

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memerintahkan jajarannya untuk membangun Rumah Sakit Darurat Corona di sejumlah daerah di Indonesia. Hal itu untuk mengantisipasi lonjakan...

BUMN Back Up Sepenuhnya RS Darurat Covid-19

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN),  Erick Thohir  menjamin RS Darurat Penangan Covid-19 siap beroperasi  pada Senin (23/3). BUMN sepenuhnya siap back up kebutuhan...