HomeCelotehMaksud Tersembunyi Anies Diserang

Maksud Tersembunyi Anies Diserang

“Dikeluarkan atau tidak IMB, kegiatan reklamasi telah dihentikan. Jadi, IMB dan reklamasi adalah dua hal yang berbeda”. – Anies Baswedan


PinterPolitik.com

Lagi ramai-ramainya bahas soal gugatan Pilpres yang tengah disidangkan di Mahkamah Konstitusi (MK) serta berbagai kontroversi yang terjadi di seputaran kerusuhan 22 Mei 2019, eh malah muncul pemberitaan tentang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di beberapa media.

Urusannya bukan soal sampah di Waduk Pluit yang disindir oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ya – walaupun Pak Anies kudu merhatiin nih kritikannya. Bukan pula soal kualitas udara Jakarta yang digugat oleh beberapa pihak.

Ini ternyata soal reklamasi di teluk Jakarta. Anies kan dulu sempat gagah-gagahan menghentikan proyek reklamasi tersebut. Nah, kabarnya doi sekarang dituduh diam-diam menerbitkan surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di pulau-pulau reklamasi tersebut.

Sontak partai-partai oposisi Anies – misalnya PDIP – bersuara keras dan mengkritiknya. Anies dibilang nggak konsisten lah, melanggar janji kampanye lah, dan lain-lain.

Nah, Anies sendiri sudah membantah tudingan tersebut. Kata Anies, setiap proses pengajuan IMB memang tidak diberitakan. Selain itu, banyak gedung yang berdiri di pulau-pulau reklamasi itu telah punya IMB antara tahun 2015-2017.

Tapi, gara-gara Anies bilang IMB dan reklamasi adalah dua hal yang berbeda, doi jadi dibully oleh banyak orang. Beberapa peneliti bahkan bilang bahwa jika IMB yang dikeluarkan pada periode kekuasaan sebelumnya dengan menggunakan Pergub, maka Anies sebetulnya tinggal mencabut saja Pergub itu.

- Advertisement -

Iya juga sih, apa yang dibilang orang-orang itu emang benar. Soalnya, kalau reklamasi dihentikan, tetapi bangunan-bangunannya sudah punya izin semua, itu kan sama saja.

Baca juga :  Anies Pelan-pelan "Ngeteng" KIB?

Ibaratnya, setelah meriksa kesehatan kita, dokter ngelarang kita makan daging ayam. Terus doi lanjut bilang: “Tapi, kalau makan chicken nugget nggak apa-apa”.

Helloww, chicken nugget kan dari ayam juga, kecuali yang versi untuk vegetarian. Hehe.

Tapi, sebenarnya ada hal yang lebih aneh lagi dari peristiwa yang menimpa Anies ini. Penasaran nggak sih, kenapa ya Anies kok tiba-tiba diserang seperti sekarang?

Soalnya, kalau kita ingat-ingat, berita tentang Anies yang terakhir kali mencuat adalah tentang pernyataannya terkait korban kerusuhan 22 Mei 2019 lalu. Sementara, soal korban kerusuhan inilah yang beberapa hari terakhir menjadi pokok kritik beberapa pihak terhadap kepolisian dan pemerintah yang disebut tidak menjelaskan persoalan tersebut.

Iya sih, kalau dilihat dari pernyataan kepolisian dan pemerintah, nggak ada tuh penjelasan tentang bagaimana korban-korban ini ditembak, atau siapa yang nembak, dan lain-lainnya.

Nah, katanya nih, Anies selaku Gubernur DKI Jakarta punya akses terhadap hampir semua CCTV di ibukota. Apalagi, desas-desusnya, doi mau membeberkan temuan-temuan dari pihaknya terkait peristiwa di seputaran kerusuhan 22 Mei 2019 tersebut.

Waduh, jadi inikah alasan Anies sekarang diserang? Hmm, nggak ada yang tahu pasti juga. Hanya rumput yang bergoyang yang tahu.

- Advertisement -

Tapi, kalau Anies beneran punya bukti-bukti itu, wah bisa ketahuan dong siapa dalang sesungguhnya kerusuhan itu. Upppss. Sudah cocok nih Anies jadi Batman atau Sherlock Holmes. Hehehe. (S13)

spot_img

#Trending Article

Mempersoalkan Checks & Balances Indonesia

Dalam sebuah demokrasi, lembaga-lembaga pemerintahan di Indonesia sudah seharusnya menjalankan fungsi checks & balances. Namun, fungsi tersebut tak dapat jalan bila ada yang mendominasi....

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Mantra “Yakusa” Mahfud Buat Anies?

“Siap hadir ke arena Munas Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI). Yakin usaha sampai (Yakusa) untuk membangun insan cita HMI” –   Mahfud MD,...

PDIP Takut Jokowi “Dijilat”?

“PDI Perjuangan mengimbau kepada ring satu Presiden Jokowi agar tidak bersikap asal bapak senang (ABS) dan benar-benar berjuang keras bahwa kepemimpinan Pak Jokowi yang kaya...

Membaca Pengaruh Jokowi di 2024

Lontaran ciri-ciri pemimpin yang pikirkan rakyat seperti kerutan dan rambut putih dari Jokowi jadi perbincangan. Inikah cara Jokowi relevan di 2024?

Jokowi dan Misteri Rambut Putih

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebut pemimpin yang pikirkan rakyat punya rambut warna putih. Siapa yang dimaksud oleh Jokowi?

Biden Bikin Circle Sendiri?

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menggelar rapat darurat dengan pemimpin-pemimpin negara anggota G7 – seperti Kanada, Italia, Jerman, Prancis, Britania (Inggris) Raya, dan...

Saatnya Jokowi Tinggalkan Relawan “Toxic”?

“Kita gemes, Pak, ingin melawan mereka. Kalau mau tempur lapangan, kita lebih banyak” –  Benny Rhamdani, Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI)  PinterPolitik.com Si vis...

More Stories

Mengapa BBM Bisa Bahayakan Jokowi?

Pemerintah telah menaikkan harga BBM. Pertalite naik hingga 30 persen, dari sebelumnya Rp 7.650 per liter menjadi Rp 10.000 per liter. Kebijakan ini kemudian...

Kasus Sambo Untungkan Jokowi?

Bergulirnya kasus pembunuhan Brigadir J yang melibatkan Irjen Ferdy Sambo memang menarik perhatian masyarakat luas. Isu ini bahkan mengalahkan narasi krisis ekonomi yang kini...

Ini Alasan 2024 Harus Kandidat Militer

Peningkatan kapasitas militer Tiongkok dan manuver yang dilakukan oleh negara tersebut atas Taiwan diprediksi akan memanaskan situasi politik di Asia Timur. Banyak ahli geopolitik...