HomeFokus BUMNErick Thohir Berhentikan Elvyn G Masassya dari Dirut Pelindo II

Erick Thohir Berhentikan Elvyn G Masassya dari Dirut Pelindo II

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merombak jajaran direksi di PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II atau Indonesia Port Corporation (IPC). Salah satunya adalah jabatan Direktur Utama (Dirut) yang semula dijabat oleh Elvyn G Masassya kini digantikan oleh Arif Suhartono.


PinterPolitik.com

Sekretaris Perusahaan IPC, Shanti Puruhita melalui siaran persnya  di Jakarta, Senin (2/3) mengatakan, Menteri BUMN selaku Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pelabuhan Indonesia II mengumumkan perubahan nomenklatur manajemen Pelindo II lewat surat Menteri BUMN bernomor SK-69/MBU/03/2020 tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan, Pengalihan Tugas, dan Pengangkatan Anggota-anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) tertanggal 2 Maret 2020.

Salah satunya adalah SK yang memberhentikan empat direksi Pelindo II secara hormat yakni Elvyn G. Masassya sebagai Direktur Utama Pelindo II, Prasetyadi sebagai Direktur Operasi, Widyaka Nusapati sebagai Direktur Keuangan, dan Rizal Ariansyah sebagai Direktur SDM.

Posisi Elvyn sebagai Dirut Pelindo II digantikan oleh Arif Suhartono yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Komersial. “Juga dilakukan penyerahan SK Menteri BUMN dan pengumuman pengisian empat direksi baru yakni Rima Novianti sebagai Direktur Komersial, Muarip sebagai Direktur Operasi, Yon Irawan Direktur Keuangan, dan Ihsanuddin Usman Direktur SDM dan Umumm,” ujar Shanti dalam siaran pers (2/3).

Dengan demikian formasi lengkap jajaran direksi PT Pelindo II yang baru adalah sebagai berikut:

  1. Direktur Utama: Arif Suhartono
  2. Wakil Direktur Utama: Hambra
  3. Direktur Komersial: Rima Novianti
  4. Direktur Teknik: Dani Rusli Utama
  5. Direktur Operasi: Muarip
  6. Direktur Keuangan: Yon Irawan
  7. Direktur SDM dan Umum: Ihsanuddin Usman
  8. Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis: Ogi Rulino.

Merujuk rekam jejak empat direksi baru, sebelum di Pelindo II, Rima adalah Direktur Pemasaran PT Rumah Sakit Pelabuhan, salah satu anak usaha Pelindo II. Rima juga pernah menjabat sebagai Direktur Komersial PT Pelabuhan Tanjung Priok, Vice President Komersial PT Pelindo II, dan Sekretariat Perusahaan Pelindo II.

Adapun Muarip sebelumnya adalah Chief Specialist Operasi & Sistem Informasi PT Pelindo II. Muarip juga pernah menjabat sebagai Direktur Operasi & Teknik di PT IPC TPK, salah satu anak perusahaan Pelindo II.

Sementara Yon Irawan, sebelumnya adalah Direktur Keuangan PT Pelindo IV. Sebelumnya juga sebagai President Director di PT Terminal Petikemas Surabaya, anak perusahaan PT Pelindo III.

Sedangkan Ihsanuddin sebelum dipilih menjadi Direktur SDM dan Umum Pelindo II menjabat sebagai Direktur Transformasi & Pengembangan Bisnis PT Pelindo I sejak tahun 2018. Ihsanuddin juga pernah menjabat sebagai Senior Vice President Human Capital Development PT Pertamina (Persero). (R58)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_imgspot_img

#Trending Article

Filosofi Avatar Aang ala Prabowo?

Dalam serial Netflix terbaru, Avatar Aang telah kembali dari absennya selama 100 tahun. Apakah filosofi ala Avatar Aang juga diterapkan Prabowo?

Strategi Prabowo Imbangi Pengaruh Jokowi di KIM?

Prabowo terlihat berupaya mengimbangi pengaruh Presiden Jokowi yang kuat terasa di internal Koalisi Indonesia Maju.

Megawati dan Tumbangnya Trah Soekarno 

Kekalahan calon presiden (capres) usungan Megawati Soekarnoputri dan PDIP kerap dipersepsikan juga sebagai kekalahan ‘trah Soekarno’ oleh trah Joko Widodo (Jokowi). Padahal, awalnya ada harapan bahwa kedua trah besar ini bisa menyatukan kekuatan mereka di Pemilihan Presiden 2024 (Pilpres 2024). Mengapa hal ini tidak terjadi? 

Cak Imin Akan Dikudeta dari PKB? 

Isu kudeta posisi Ketua Umum (Ketum) PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mencuat seiring kekalahannya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Namun, melihat kelihaian dan kemampuan Cak Imin dalam mengelola partai, isu itu tampaknya sulit untuk menjadi kenyataan. Benarkah demikian? 

Operasi Rahasia Menarik PKB-PKS ke Koalisi Prabowo?

Isu perpindahan partai-partai ke koalisi Prabowo-Gibran santer dipergunjingkan. Salah dua partai yang digosipkan adalah PKB dan PKS.

Hikmahanto Menhan, Prabowo Ideal Statesman?

Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana dinilai sangat layak untuk menjadi menteri pertahanan (menhan) penerus Prabowo Subianto. Selain karena rekam jejak dan kemampuannya, hal itu secara politik akan menguntungkan bagi pemerintahan Prabowo-Gibran andai benar-benar ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2024. Mengapa demikian?

Menguak Siasat Retno “Rayu” Prabowo?

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi tampak aktif dan tegas bela Palestina. Mungkinkah ini upaya "rayu" presiden selanjutnya, Prabowo Subianto?

Putin-Zelensky dan Adiksi Ultra-Ekstrem Foreign Fighters

Fenomena sub-foreign fighters, yakni “tentara turis” mulai menjadi materi analisis menarik karena eksistensinya yang marak dan dilembagakan oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky melalui Ukrainian Foreign Legion atau Legiun Internasional Ukraina. Lalu, mengapa beberapa warga negara asing rela mati demi peperangan dan perebutan kepentingan negara lain? Serta seperti apa masa depan dan implikasinya, termasuk bagi Indonesia?

More Stories

Erick Thohir Pastikan 4,7 Juta Masker Telah Didistribusikan

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan 4,7 juta masker yang diproduksi oleh perusahaan pelat merah, PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) telah...

BUMN akan Bangun RS Darurat Corona di Daerah

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memerintahkan jajarannya untuk membangun Rumah Sakit Darurat Corona di sejumlah daerah di Indonesia. Hal itu untuk mengantisipasi lonjakan...

BUMN Back Up Sepenuhnya RS Darurat Covid-19

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN),  Erick Thohir  menjamin RS Darurat Penangan Covid-19 siap beroperasi  pada Senin (23/3). BUMN sepenuhnya siap back up kebutuhan...