- Advertisement -
Pinter EkbisSelain Xbox-PS, Ini Console Game Dunia

Selain Xbox-PS, Ini Console Game Dunia


PinterPolitik.com

Sejak kemunculannya di pertengahan abad ke-20, konsol game telah menjadi bagian penting dari industri hiburan. Melalui waktu, beberapa produsen telah menciptakan konsol yang ikonik dan berpengaruh. Berikut adalah daftar produsen konsol game terkemuka di dunia dan kontribusi mereka.

1. Nintendo
Didirikan pada tahun 1889 sebagai produsen kartu, Nintendo berevolusi menjadi salah satu perusahaan game terbesar di dunia. Dengan konsol seperti Nintendo Entertainment System (NES), Super Nintendo, Nintendo 64, GameCube, Wii, dan Nintendo Switch, perusahaan ini telah menciptakan sejumlah karakter ikonik seperti Mario, Link, dan Pikachu.

2. Sony Interactive Entertainment
Divisi game dari Sony Corporation, Sony Interactive Entertainment, menciptakan terobosan besar dengan PlayStation pada tahun 1994. Seri PlayStation telah menjadi salah satu lini konsol game paling sukses, dengan PlayStation 2 menjadi konsol terlaris sepanjang masa. PlayStation 3, 4, dan 5 melanjutkan kesuksesan tersebut dengan menawarkan grafis dan gameplay canggih.

3. Microsoft
Dikenal sebagai raksasa teknologi, Microsoft memasuki industri game dengan Xbox pada tahun 2001. Xbox, diikuti oleh Xbox 360, Xbox One, dan Xbox Series X/S, memberikan pengalaman multiplayer online yang hebat melalui Xbox Live dan menyajikan game eksklusif seperti seri Halo dan Forza.

4. Sega
Meskipun kini lebih dikenal sebagai developer game, Sega pernah menjadi pemain besar di industri konsol game dengan produk seperti Sega Master System, Genesis/Mega Drive, Saturn, dan Dreamcast. Meskipun kini tidak lagi memproduksi konsol, kontribusi Sega di era 80-an dan 90-an tidak dapat diabaikan.

5. Atari
Dikenal sebagai salah satu perintis industri game, Atari mempopulerkan konsol rumahan dengan Atari 2600. Meskipun mengalami pasang surut dalam karirnya, Atari memainkan peran kunci dalam sejarah awal industri game.

Baca juga :  Demi Tekan Harga, Indonesia Impor Sapi dari Brasil

6. NEC
Mungkin tidak sepopuler produsen lainnya, tetapi NEC memainkan peran penting di pasar Asia dengan PC Engine (dikenal sebagai TurboGrafx-16 di Amerika). Ini adalah konsol pertama yang menawarkan CD-ROM, mengawali era baru dalam kapasitas penyimpanan game.

7. SNK
Terkenal dengan Neo Geo, SNK menargetkan pasar niche dengan konsol berkualitas arcade yang menawarkan game-game seperti ‘King of Fighters’ dan ‘Metal Slug’.

Sejarah konsol game dipenuhi dengan inovasi dan kompetisi sengit antara produsen. Meskipun beberapa perusahaan telah menghilang atau berubah fokus, jejak mereka tetap abadi dalam industri game. Dengan perkembangan teknologi, kita dapat mengharapkan produsen konsol game untuk terus menghadirkan pengalaman bermain yang semakin menakjubkan. (J61)

Exclusive content

- Advertisement -

Latest article

More article

Uni Eropa Desak Elon Musk Benahi “X”

Tahu Gejrot Khas Cirebon

- Advertisement -