HomeCelotehUcapan (Telat) Ulang Tahun Ganjar

Ucapan (Telat) Ulang Tahun Ganjar

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo ternyata baru saja berulang tahun yang ke-54 pada 28 Oktober 2022 lalu. Selamat ulang tahun ya, Pak Ganjar. Mohon maaf telat ngucapin-nya. Hehe.


PinterPolitik.com

“It’s your birthday, baby, it’s your birthday. Yeah, who’s gonna love you on your worst day?” – Drake, “Ratchet Happy Birthday” (2018)

Wah, selamat ulang tahun untuk Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, ya, meskipun sudah telat beberapa hari. Hehe. Nggak apa-apa ya, Pak Ganjar?

Ya, kan, lagipula, sebagai Gubernur Jateng – dan politikus yang disebut-sebut berpotensi untuk maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Pak Ganjar pasti udah banyak lah ya yang ngucapin.

Ketika menghadiri Peringatan Sumpah Pemuda ke-94 di Kabupaten Wonosobo, Jateng, misalnya, Pak Ganjar mendapatkan ucapan selamat ulang tahun dari para hadirin. Salah satunya adalah seorang siswa SMP Negeri 1 Wonosobo yang bernama Sahril Maulana.

Kata Sahril sih, ia nge-fans dengan Pak Ganjar. Selain memuji paras Pak Ganjar yang menurutnya ganteng, Sahril juga bilang kalau ia mengikuti konten-konten video dari channel YouTube milik Gubernur Jateng tersebut. Wah, banyak fans-nya juga nih, Pak.

Pak Ganjar pun sempat mendapatkan kejutan (surprise) dari sejumlah kepala daerah lain. Sampai-sampai nih, Pak Ganjar banca’an (makan bersama) bersama kepala-kepala daerah seperti Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK) alias Kang Emil, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, dan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto.

Selain kepala-kepala daerah lain, Pak Ganjar juga dapat video-video ucapan ulang tahun dari sejumlah sahabatnya lho. Sungguh tiada hal yang bisa menggantikan betapa berharganya kehadiran para sahabat dan keluarga di saat-saat hari ulang tahun.

Baca juga :  Jokowi Telah Rendahkan Prabowo?
PDIP Ganjar Diadu Domba
- Advertisement -

Emang sih, biasanya nih, makin banyak yang ngucapin, makin senang hati kita. Dengan stories dan posting-an yang diunggah teman-teman kita, rasanya makin keren dan makin eksis aja gitu

Ya, secara nggak langsung, banyaknya ucapan ulang tahun untuk Pak Ganjar ini menggambarkan bagaimana dirinya juga diperhitungkan di masyarakat. Mengacu pada tulisan Marta Dąbrowska yang berjudul Birthday, Culture, and Social Media, ulang tahun merupakan urusan pribadi yang kini dirayakan di depan dunia (media sosial) dengan tujuannya untuk menunjukkan ketertarikan pada orang yang sedang berulang tahun.

Nah, bukan nggak mungkin, dengan banyaknya ucapan ulang tahun kepada Ganjar, ketertarikan banyak pihak juga muncul kepadanya. Apalagi, kan, Pak Ganjar merupakan salah satu sosok yang dinilai memiliki popularitas dan elektabilitas yang potensial untuk menjadi calon presiden (capres) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Siapa tahu, kan, kalau besarnya ketertarikan kepada Pak Ganjar ini bisa ditransformasikan menjadi modal politik (political capital)? Mengacu pada tulisan Kimberly L. Casey yang berjudul Defining Political Capital, relasi sosial yang merupakan modal sosial (social capital) bisa ditransformasikan menjadi salah satu sumber modal politik.

Mungkin, inilah kenapa Pak Ganjar dulu juga sampai bikin posting-an di Instagram miliknya ketika Ketua DPP PDIP Puan Maharani berulang tahun ke-49 pada 6 September 2022 lalu. Boleh jadi, seperti yang dijelaskan oleh Dąbrowska dalam tulisannya, Pak Ganjar juga ingin menyenangkan Mbak Puan saat beliau berulang tahun.

Eits, tapi nih, Mbak Puan kayak-nya belum membuat posting-an atau story untuk ngucapin selamat ulang tahun untuk Pak Ganjar. Wah, kenapa tuh ya? Apa Pak Ganjar dinilai tidak terlalu berarti ya buat Mbak Puan? Waduh. ☹ (A43)

Baca juga :  NasDem Adalah Partai Main-main?

spot_img

#Trending Article

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Membaca Pengaruh Jokowi di 2024

Lontaran ciri-ciri pemimpin yang pikirkan rakyat seperti kerutan dan rambut putih dari Jokowi jadi perbincangan. Inikah cara Jokowi relevan di 2024?

Zulhas dan Bisnis Jastip Menjanjikan

Nama Mendag Zulkifli Hasan (Zulhas) disebutkan Prof. Karomani soal kasus penitipan mahasiswa baru di Universitas Lampung (Unila).

PDIP Bakal Gabung KIB?

“Jadi warnanya tidak jauh dari yang ada di bola ini (Al Rihla)” – Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Golkar PinterPolitik.com Demam Piala Dunia 2022 Qatar rupanya...

Saatnya Jokowi Tinggalkan Relawan “Toxic”?

“Kita gemes, Pak, ingin melawan mereka. Kalau mau tempur lapangan, kita lebih banyak” –  Benny Rhamdani, Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI)  PinterPolitik.com Si vis...

Saatnya Ganjar Balas Jasa Puan?

“Ganjar itu jadi Gubernur (Jateng) jangan lupa, baik yang pertama dan kedua itu, justru panglima perangnya Puan Maharani,” –   Said Abdullah, Ketua DPP...

PDIP vs Relawan Jokowi, Rebutan GBK?

Usai acara Gerakan Nusantara Bersatu di GBK, PDIP tampak tidak terima relawan Jokowi bisa pakai GBK. Mengapa GBK jadi semacam rebutan?

PDIP Takut Jokowi “Dijilat”?

“PDI Perjuangan mengimbau kepada ring satu Presiden Jokowi agar tidak bersikap asal bapak senang (ABS) dan benar-benar berjuang keras bahwa kepemimpinan Pak Jokowi yang kaya...

More Stories

Zulhas dan Bisnis Jastip Menjanjikan

Nama Mendag Zulkifli Hasan (Zulhas) disebutkan Prof. Karomani soal kasus penitipan mahasiswa baru di Universitas Lampung (Unila).

PDIP vs Relawan Jokowi, Rebutan GBK?

Usai acara Gerakan Nusantara Bersatu di GBK, PDIP tampak tidak terima relawan Jokowi bisa pakai GBK. Mengapa GBK jadi semacam rebutan?

Membaca Pengaruh Jokowi di 2024

Lontaran ciri-ciri pemimpin yang pikirkan rakyat seperti kerutan dan rambut putih dari Jokowi jadi perbincangan. Inikah cara Jokowi relevan di 2024?