HomeCelotehTiket Pesawat Naik, Tiket PDIP Naik?

Tiket Pesawat Naik, Tiket PDIP Naik?

“Kasus mahalnya tiket pesawat ini lebih ke soal politis, mau siapapun menteri atau presidennya enggak akan mampu memaksa perusahaan menjual rugi tiket pesawatnya. Kecuali subsidi avtur gratis. Ingat Garuda setiap tahun sudah rugi Rp3 triliun,” – Rudi Valinka, pengguna Transportasi Udara


PinterPolitik.com

Berita duka menghampiri konsumen setia transportasi udara. Sebagaimana diketahui, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan izin maskapai untuk menaikkan harga tiket pesawat.

Kebijakan ini tertuang pada Keputusan Menteri (KM) Nomor 142 Tahun 2022 yang berlaku mulai 4 Agustus 2022. Maskapai dapat menaikkan 15 persen tarif untuk pesawat jet atau 25 persen untuk pesawat jenis propeller atau baling-baling.

Sekadar info, kebijakan ini merupakan revisi dari KM 68 Tahun 2022, yang memperbolehkan biaya tambahan 10 persen untuk pesawat udara jenis jet atau 20 persen untuk pesawat udara jenis propeller.

Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Nur Isnin Istiartono mengatakan peraturan tersebut hanyalah sebuah pedoman yang tidak bersifat mandatory, artinya, penetapan biaya tambahan bersifat pilihan bagi maskapai.

Anyway, bicara soal tiket, jadi teringat tiket dalam konteks politik ya. Dalam politik, istilah tiket juga digunakan untuk menggantikan istilah dukungan suatu partai kepada kandidat tertentu.

Mungkin masih ingat pernyataan politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Masinton Pasaribu, yang mengatakan partai politik (parpol) jangan berubah menjadi pedagang tiket untuk kandidat yang ingin mencalonkan diri.

image 31
Tiket Naik, Healing Makin Mahal?
- Advertisement -

Ungkapan Masinton ini sekaligus menjadi swabukti bahwa realitas tiket parpol itu memang nyata dalam panggung politik Indonesia. Hal ini juga tidak bisa disalahkan, karena semua itu terjadi disebabkan ada supply and demand antara parpol dan kandidat.

Mau nanya sih ke Pak Masinton, PDIP kan punya tiket juga nih? Nah, tiket PDIP kira-kira ikutan naik juga gak ya seperti tiket pesawat? Upss.

Baca juga :  Salmon Ganggu Soliditas TNI-Polri?

Hmm, kenaikan tiket pesawat ataupun tiket parpol membuat kita merenung tentang realitas bisnis penerbangan dan politik kita yang pada dasarnya memang mahal.

Tapi itu bukan masalah sih, soalnya kan nenek moyang kita seorang pelaut bukan pilot. Jadi kalau jalur udara mahal bisa pakai jalur laut yang penuh misteri. Hehehe. (I76)


SBY-JK-Paloh: Triumvirat Tumbangkan Megawati?
spot_img

#Trending Article

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Ketika Anies Jadi Cover Boy

Baru-baru ini, warga Kota Malang, Jawa Timur, diramaikan oleh kemunculan tabloid-tabloid bergambarkan muka Anies. Anies sukses jadi cover boy?

Dewan Kolonel, Gimmick Duet Puan-Prabowo?

“Pokoknya, Dewan Kolonel ini adalah satu-satunya dengan tujuan mendukung Mbak Puan di 2024. Itu sekali lagi, tentu kami masih menunggu keputusan Bu Megawati siapa...

Anies-AHY, Reuni Kuasa SBY-JK?

“Padahal saat itu SBY dan JK adalah menteri Megawati. Toh pertarungan keras antarkan SBY-JK sukses kalahkan Megawati yang adalah Presiden saat itu,” – Muslim...

Ojol Sejahtera, Janji Tinggal Janji?

“Besar harapan kami, aksi yang kami lakukan dapat diakomodir menjadi diskusi yang baik dan konstruktif, dan dapat menghasilkan kebijakan yang bermanfaat bagi rakyat Indonesia yang berprofesi...

Ridwan Kamil Penuhi Syarat Kaesang?

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) komentari studi soal bubur diaduk vs tidak diaduk. Bagaimana dengan di Istana menurut Kaesang?

Gibran Kok Berani Lawan Jokowi?

Jokowi teken Inpres yang syaratkan penggunaan mobil listrik sebagai mobil dinas . Namun, Wali Kota Solo Gibran sebut Pemkot Solo belum ke sana.

Megawati Perlu ke Pesulap Merah?

Soal usulan nomor urut partai yang tetap di setiap Pemilu, Megawati dituding konsultasi ke dukun. Lebih baik ke Pesulap Merah saja sekalian?

More Stories

Cak Imin Jodohkan Puan-Prabowo?

“Jika ingin menang berbasis bekal elektabilitas ia akan bersama Prabowo. Namun jika ingin menang berdasarkan soliditas mesin partai dan dukungan kekuasaan, Cak Imin akan...

Rocky Gerung Belok ke Istana?

“Jadi saya awalnya itu nanya ngapain ketemu saya, di kalangan Istana saya dibenci. Dia merasa dia anak muda yang ingin tidak terlalu terpengaruh dengan...

Prabowo Siap Di-ospek?

“Pertanyaannya adalah, (kampanye) boleh dilakukan di mana saja? Di mana saja sepanjang ada pemilih, itu boleh kampanye pada prinsipnya, termasuk di dalam kampus, di...